Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
7Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
BUKTI EVOLUSI FOSIL

BUKTI EVOLUSI FOSIL

Ratings: (0)|Views: 652 |Likes:
Published by Lya Vita Ferdana
Evolusi merupakan proses yang terjadi selama pembentukan dan berlangsungnya kehidupan di alam semesta. Bukti tentang terjadinya evolusi banyak yang berserakan di sekitar kita untuk kita pelajari bersama.
Evolusi merupakan proses yang terjadi selama pembentukan dan berlangsungnya kehidupan di alam semesta. Bukti tentang terjadinya evolusi banyak yang berserakan di sekitar kita untuk kita pelajari bersama.

More info:

Categories:Types, Research
Published by: Lya Vita Ferdana on Nov 14, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

09/12/2013

pdf

text

original

 
1
PENDAHULUAN
Evolusi merupakan proses perubahan struktur tubuh makhluk hidup yangberlangsung sangat lambat dan dalam kurun waktu yang sangat lama. Evolusiberjalan terus sepanjang masa. Evolusi menyebabkan adanya keanekaragamanmakhluk hidup. Teori-teori ilmiah terbaru sering mendorong banyak kontroversi.Kontroversi ini mempunyai pengaruh bermanfaat pada kemajuan ilmiah,karenanya para ilmuan dengan pandangan-pandangan yang berbeda bekerja secaraintensif untuk menemukan bukti-bukti yang dapat mendukung ide-ide mereka.Teori evolusi organik dan teori seleksi alam (
natural selection
) Darwin melandasisetiap aktivitas mereka. Sebagai ilmuan, mereka berusaha mencari data-data yangdapat mendukung ataupun dapat membuktikan bahwa teori-teori terdahulu itumungkin saja tidak benar. Bukti-bukti ilmiah tertentu yang lebih dari 100 tahunterakhir mendukung pemikiran Darwin, dan merupakan bagian-bagian khusus dariilmu biologi antara lain: (1) bukti biogeografi, (2) bukti paleontologi, (3) buktianatomi perbandingan, (4) bukti perbandingan embriologi, dan (5) buktimolekuler. Beberapa prinsip yang digunakan Darwin yang dianggap dapatmemberikan petunjuk adanya evolusi antara lain adanya variasi di antara individu-individu dalam satu keturunan, adanya pengaruh penyebaran geografi,ditemukannya fosil-fosil diberbagai lapisan batuan bumi yang menunjukkanadanya perubahan secara berangsur-angsur, adanya homology antara organ systempada makhluk hidup, adanya data sebagai hasil studi mengenai komparatif perkembangan embrio.
A.
 
Bukti Anatomi Perbandingan
Pendekatan untuk menginterpretasi bukti-bukti paleontologi adalah
anatomi perbandingan.
Para ahli anatomi perbandingan mencoba menemukanpersamaan-persamaan dan perbedaan-perbedaan antara struktur dasar(
 fundamental structure
) organisme hidup. Mereka mempelajari bentuk-bentuk struktur dasar setiap kelompok organisme. Sebagai contoh, semua hewanvertebrata memiliki struktur dasar yang sama, yakni: suatu kerangka utamapenyanggah tengkorak dan tulang belakang; tulang rusuk yang melindungi jantung dan paru-paru, tertancap pada tulang belakang; sepasang organ tambahan;
1
 
2
dan sistem peredaran darah, pernafasan atau respirasi, pencernaan, pengeluaranyang sama. Menurut Widodo, Lestari, U., Amin, M., (2003), semua kesamaantersebut menunjukkan bahwa organ tersebut berasal dari struktur yang sama yangdikenal dengan istilah
homolog
. Sedangkan apabila suatu organ memilikiKesamaan fungsi namun berbeda asalnya disebut dengan
analog.
 Homologi adalah struktur dasar sama yang diturunkan secara genetik darinenek moyang yang umum tetapi kemudian memiliki fungsi yang berbeda. Suatucontoh homologi yang baik adalah tulang lengan depan vertebrata (Gambar 2.5).Semua vertebrata seperti burung, ikan paus, dan manusia mempunyai strukturdasar tulang lengan depan yang sama kemudian melewati proses perubahan(evolusi) dari nenek moyang yang umum, kemudian menampilkan fungsi yangberbeda (Frida, 2006).
Gambar Struktur Homologi pada beberapa vertebrata. Semua tetrapod moderen mempunyai pentadactyl dasar(lima digit) struktur lengannya. Misalnya,
 forelimb
pada burung, manusia, ikan paus, dan kelelawar,semuanya mempunyai struktur dasar yang sama, tetapi mempunyai fungsi yang berbeda (Ridley,1996).
Analogi adalah menunjukkan fungsi yang sama, tetapi mempunyaistruktur dasar yang berbeda. Misalnya sayap burung dengan sayap seranggamempunyai fungsi yang sama tetapi struktur dasarnya berbeda. Burungmempunyai kerangka tulang sayap sedangkan serangga mempunyai sayap yangtersusun dari lapisan kitin yang keras, tetapi keduanya berfungsi untuk terbang(Frida, 2006).
 
3
Anatomi perbandingan yang juga diidentifikasi yakni
struktur vestigial
.Struktur vestigial adalah struktur-struktur tertentu yang tidak berkembang teruspada beberapa organsime, tetapi dalam perkembangan selanjutnya berfungsi lain.Gagasan organ vestigial kali pertama dikemukakan sekitar seabad yanglalu. Menurut para evolusionis, di dalam tubuh sebagian makhluk hidup, terdapatsejumlah organ yang tak berfungsi. Organ-organ ini telah diwarisi dari moyangdan secara bertahap menjadi vestigial (kehilangan manfaat) karena jarang dipakai.Ketika adaptasi terjadi melalui modifikasi perlahan pada stuktur yang telah ada,struktur dengan organisasi internal dapat memiliki fungsi yang sangat berbedapada organisme terkait. Ini merupakan akibat daristuktur leluhuryangdiadaptasikan untuk berfungsi dengan cara yang berbeda. Ciri-ciri anatomiidiosinkratik lainnya adalahtulang pada pergelanganpandayang terbentuk  menjadi "ibu jari" palsu, mengindikasikan bahwa garis keturunan evolusi suatuorganisme dapat membatasi adaptasi apa yang memungkinkan (Gonzaga, 2009).
Selama adaptasi, beberapa struktur dapat kehilangan fungsi awalnya dan menjadistruktur vestigial.Struktur tersebut dapat memiliki fungsi yang kecil atau sama sekalitidak berfungsi pada spesies sekarang, namun memiliki fungsi yang jelas pada spesiesleluhur atau spesies lainnya yang berkerabat dekat.
Struktur vestigial termasuk rudimentasi, sayap pada mutan vestigial (
 Drosophila melanogaster 
) kekuranganpenglihatan pada hewan-hewan penghuni gua, gigi geraham manusia, tulang ekorpada manusia (pada mamalia yang lain ekornya tumbuh memanjang) (Anonim,2009).
Gambar Organ vestigial pada manusia yang berupa umbai cacing (
apendiks vermiformis
) (Anonim,2010)

Activity (7)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 thousand reads
1 hundred reads
Achmad Cahyo liked this
Sagita Jojoba liked this
rusdibio liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->