Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more ➡
Download
Standard view
Full view
of .
Add note
Save to My Library
Sync to mobile
Look up keyword or section
Like this
1Activity
×
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Manual Book SIMKA

Manual Book SIMKA

Ratings: (0)|Views: 737|Likes:
Published by Lisa Wulandari

More info:

Published by: Lisa Wulandari on Nov 14, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See More
See less

12/04/2012

pdf

text

original

 
  Biro Kepegawaian Kementerian Kesehatan RI http://www.ropeg-kemenkes.or.id Sistem Informasi Kepegawaian Berbasis Web (SIMKA WEB) Petenjuk Penggunaan hal:
1
 
BAB IPENDAHULUAN
Pada tahun 2010 SIMKA lebih dititik beratkan untuk diintegrasikan dengan SistemInformasi Layanan Kepegawaian (SILK). Validitas data SIMKA tahun 2009 dianggap sudahdiatas 95%. Artinya data SIMKA sudah dianggap benar. Hal ini dapat terjadi karena adanyaintervensi melalui updating data tahun 2009 dan konversi NIP.Hal yang menggembirakan dengan adanya konversi NIP adalah secara tidak langsunguntuk modul Kenaikan Pangkat pada Oktober 2006 dan pengangkatan dokter/dokter gigi PTTpada Maret s.d April 2007. Hasilnya cukup signifikan untuk mendorong percepatan prosesadministrasi kepegawaian, kinerja Biro Kepegawaian menjadi meningkat. Disamping itu,kesalahan-kesalahan klasik dalam pengetikan SK untuk 2 modul tersebut seprti NIP, tgl lahir,pendidikan dapat ditekan hingga 1%. Kedepan, data SIMKA ini akan lebih banyak dimanfaatkan untuk proses administrasi kepegawaian untuk berbagai produk kepegawaianlainnya.Penyempurnaan SIMKA tahun 2009 dititik beratkan pada peningkatan kinerja sistemdengan merubah tata kerja sistem (bisnis prosesnya) terutama pada query laporan-laporanyang dihasilkan. Sebelumnya, untuk menampilkan field tertentu query akan mencari di tableriwayat, kemudian akan memilih riwayat yang terakhir. Setelah itu baru dapatmenampilkanya. Saat itu semua field riwayat pegawai yang terakhir akan dikirim ke fieldyang sama yang ada di Tabel Riwayat Data Utama (RDU), sehingga semua query laporandapat langsung mengambil dan menampilkan field yang dikehendaki dalam laporan hanya kesatu table dan tidak perlu adanya sortir lagi.Hal ini terbukti dapat meningkatkan kerja sistem saat akan menarik laporan, sekalipundilakukan secara on line dari daerah. Hal ini yang dibenahi untuk meningkatkan kinerjasistem antara lain dengan mengganti Operating Sistem server yang semula menggunakanwindows menjadi Linuk. Hal ini dilakukan disamping untuk meningkatkan kinerja server jugauntuk menghindari server dari pencemaran virus. Dan yang lebih penting adalah unsurkeamanan. Dengan Operating Sistem
Linuk mempersempit bahkan meniadakan ”back door”
bagi yang mencoba masuk ke dalam server untuk mengganggu atau merusak data yang adadalam sistem dari jarak jauh/melalui internet (remote). Sistem keamanan juga diperkuatdengan pemisahan server data base dan server aplikasi. Server database memiliki backup data
 
  Biro Kepegawaian Kementerian Kesehatan RI http://www.ropeg-kemenkes.or.id Sistem Informasi Kepegawaian Berbasis Web (SIMKA WEB) Petenjuk Penggunaan hal:
2
 
otomatis dan hanya bisa diakses oleh admin secara fisik ( LAN card tersendiri). Melaluiupaya-upaya tersebut, sejak satu tahun terakhir tidak dijumpai masalah yang berarti apalagisetelah pengadaan server yang lebih besar kapasitasnya terealisir. Tercatat server belumpernah mati akibat sistem didalamnya, kecuali beberapa kali mati akibat pemadaman listrik oleh PLN.Penyempurnaan pada tabel-tabel database pada tahun 2009 kemungkinan tidak adasama sekali, hal ini menunjukan bahwa SIMKA berbasis WEB sudah aplikabel untuk digunakan setelah mulai dikembangkan pada tahun 2002 (berarti dibutukan waktu 4 tahununtuk penyempurnaan sistem ini). Penyempurnaan tabel database dilakukan hanya padariwayat jabatan dengan penambahan lokasi kerja yaitu field Provinsi dan Kabupaten. Hal iniberguna untuk menghasilkan output/laporan UPT berdasarkan wilayah tersebut.Saat ini penyempurnaan dilakukan pada output/laporan yang dihasilkan. Sebagaicontoh laporan pendidikan sudah dapat merekap sekaligus menampilkan daftar nama danmelihat row data masing-masing nama yang ada dalam daftar tersebut dalam bentuk DRH(Daftar Riwayat Hidup). Penambahan laporan akan terus dilakukan semaksimal mungkin.Salah satu yang sedang dirancang adalah laporan rekap data pendidikan berdasarkan UPTperwilayah (Provinsi).Aplikasi SIMKA sejak tahun 2004 sudah diuji cobakan berbasis ineternet; artinyaprogram ditempatkan di website Biro Kepegawaian, sedangkan unit kerja dapat mengaksesprogram ini sebagai klient melalui internet tamap ahrus menginstall di PC masing-masing.Kebijakan ini ditempuh karena berbagai alasan; seperti mudahnya memaintenance programbila ada kesalahan, updating data tanpa harus mengirim hard copy/soft copy, unit kerja tidak harus menyediakan sarana terutama PC dengan spesifikasi yang terlalu tinggi (yang sulitdiperoleh didaerah), dan yang terpenting adalah output yang dihasilkan menjadisama/seragam.Dengan system jaringan (internet) ini beberapa kendala yang harus diperhatikan baik dari sisi provider (Biro Kepegawaian) maupun klient (unit kerja) adalah sebagai berikut:1.
 
Program aplikasi itu sendiri (tanggung jawab provider)2.
 
Spesifikasi server yang digunakan (tanggung jawab provider)3.
 
Koneksi internet (bandwidth) yang tersedia bagi website (tanggung jawab provider)4.
 
Koneksi internet klient (tanggung jawab klient)5.
 
Spesifikasi PC yang digunakan sebagai klient (tanggung jawab klient)
 
  Biro Kepegawaian Kementerian Kesehatan RI http://www.ropeg-kemenkes.or.id Sistem Informasi Kepegawaian Berbasis Web (SIMKA WEB) Petenjuk Penggunaan hal:
3
 
Dari uraian diatas, kendala dari sisi klient sebagai akibat masalah tadi adalah aksesyang lambat dalam menjalankan program aplikasi tersebut baik waktu mengentry dataataupun menarik laporanBiro Kepegawaian sebagai provider terus berusaha untuk meminimalisir tiga dari limamasalah yang menjadi tanggung jawabnya. Pada tahun 2005 server Biro Kepegawaian telahditingkatkan spesifikasinya, dan dari uji coba yang sesungguhnya dengan klient yangmengakses sekitar 3.000 orang secara bersamaan pada sekitar bulan April 2005 (waktu itupengumuman penerimaan PTT), dari garfik terlihat normal. Demikian pula dengan bandwidthyang disediakan pada tahun 2008 sebesar 11 Mbps (10 Mbps lokal dan 1 Mbps Internasional)rata-rata pemakaian hanya 5 Mbps, kecuali pada fix season penerimaan CPNS bisa mencapai16 Mbps. Untuk mengatasi kekurangan, setiap ada event CPNS provider menyediakantambahan bandwidth sesuai kebutuhan. Sedangkan untuk kendala program aplikasi sudahdibicarakan di awal pendahuluan ini.Dua masalah yang berkaitan dengan tanggung jawab klient sering terabaikan, sehinggabila terjadi kesulitan mengakses dari unit kerja seolah-olah masalahnya ada di provider.Program aplikasi SIMKA baru dapat berjalan normal bila bandwidth yang tersedia di klientminimal 30 Kbps, bila kurang kemungkinan kecil untuk bisa login. Oleh karena itu, kepadaunit kerja agar dapat mengaplikasikan SIMKA hendaknya menyediakan bandwidth yangadekwat. Saat ini di banyak UPT Depkes di daerah, sudah banyak yang menyediakanbandwidth cukup besar sehingga aplikasi SIMKA dapat berjalan normal.

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->