Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
2Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
makalah koperasi

makalah koperasi

Ratings: (0)|Views: 63 |Likes:

More info:

Published by: Aindaruw Bernebeu Part II on Nov 14, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

09/26/2013

pdf

text

original

 
KOPERASI
I.
 
PENGERTIAN KOPERASI
Secara harfiah, koperasi yang berasal dari bahasa Inggris, yaitu
Coperation
,terdiri dari dua suku kata :-
Co
yang berarti bersama-
Operation
= bekerjaSecara umum, koperasi dipahami sebagai perkumpulan orang yang secarasukarela mempersatukan diri untuk berjuang meningkatkan kesejahteraan ekonomimereka melalui pembentukan sebuah badan usaha yang dikelola secara demokratis. 
 
Pokok Pikiran mengenai Pengertian Koperasi :
1.
 
Merupakan perkumpulan orang orang termasuk badan hukum yang mempunyaikepentingan dan tujuan yang sama.2.
 
Menggabungkan diri secara sukarela menjadi anggota dan mempunyai hak dankewajiban yang sama sebagai pencerminan demokrasi dalam ekonomi.3.
 
Kerugian dan keuntungan ditanggung dan dinikmati bersama secara adil.4.
 
Pengawasan dilakukan oleh anggota.5.
 
Mempunyai sifat saling tolong menolong.6.
 
Membayar sejumlah uang sebagai simpanan pokok dan simpanan wajib sebagaisyarat menjadi anggota.
 
UU No. 25 Tahun 1992 (Perkoperasian Indonesia)
Menurut pasal 1 UU No.25 Tahun 1992, yang dimaksud dengan Koperasi diIndonesia adalah Badan usaha yang beranggotakan orang seorang atau badan hukumkoperasi dengan melandaskan kegiatannya berdasarkan prinsip koperasi sekaligussebagai gerakan ekonomi rakyat yang beradasarkan atas dasar asas kekeluargaan.
II.
 
KARAKTERISTIK KOPERASI
Berbeda dengan badan usaha komersial pada umumnya, koperasi memilikikarakteristik tersendiri ,yaitu :1.
 
Koperasi dimiliki oleh anggota yang bergabung atas dasar sedikitnya satukepentingan ekonomi yang sama.
 
 
2.
 
Koperasi didirikan dan dikembangkan berdasarkan nilai-nilai percaya diriuntuk menolong serta bertanggung jawab kepada diri sendiri, kesetiakawanan,keadilan, persamaan, dan demokrasi.
 
3.
 
Koperasi didirikan, dimodali,dibiayai, dan diawasi, serta dimanfaatkan sendirioleh anggota.
 
4.
 
Tugas pokok badn usaha koperasi adalah menunjang kepentingan ekonomianggotanya dalam rangka memajukan kesejahteraan anggota.
 
5.
 
Jika terdapat kelebihan kemampuan pelayanan koperasi kepada anggotanya,maka kelebihan tersebut dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhanmasyarakat yang bukan anggota koperasi.
III.
 
PRINSIP KOPERASI
Sebagaimana dinyatakan dalam pasal 5 ayat 1 UU No. 25 tahun 1992,Koperasi Indonesia melaksanakan prinsip-prinsip sebagai berikut :1.
 
Keanggotaanya sukarela dan terbuka.yaitu keanggotaanya bersifat sukarela terbuka bagi semua orang yang bersediamengunakan jasa jasanya, dan bersedia menerima tanggung jawabkeanggotaan tanpa membedakan gender.2.
 
Pengawasan dan pengelolaan dilakukan secara demokratis.Anggota yang secara aktif menetapkan kebijakan dan membuat keputusan.Laki laki dan perempuan yang dipilih sebagai pengurus atau pengawasbertanggung jawab kepada rapat anggota. Dalam koperasi primer, anggotamemiliki hak suara yang sama (satu anggota satu suara). Pada tingkatan lainkoperasi juga dikelola secara demokratis.3.
 
Pembagian Sisa Hasil Usaha dilakukan secara adil dan sebanding denganbesarnya masing-masing anggota.SHU adalah sisa setelah dikurangi dengan biaya-biaya tertentu yang akandibagikan ke para anggota sesuai dengan perimbangan jasanya masing-masing. Jasa para anggota diukur berdasarkan jumlah kontribusi masing-masing terhadap pembentukan SHU Ini.4.
 
Pemberian balas jasa yang terbatas pada modal.Pembatasan bunga atas modal merupakan cerminan bahwa selain menaruhperhatian terhadap pemberian imbalan yang wajar atas partisipasi para
 
anggotanya, koperasi juga mendorong dan menumbuhkan rasa kesetiakawananantar sesame anggota koperasi.5.
 
KemandirianAgar dapat mandiri, koperasi harus mengakar kuat dalam kehidupanmasyarakat agar dapat mengakar kuat, sehinga dapat diterima olehmasyarakat. Dan, agar diterima oleh masyarakat, koperasi harusmemperjuangkan kepentingan serta peningkatan kesejahteraan ekonomimasyarakat.
IV.
 
TUJUAN KOPERASI
Tujuan koperasi sebagaimana dicantumkan dalam pasal 3 UU No.25 tahun 1992sebagai berikut:Koperasi bertujuan memajukan kesejahteraan anggota pada khususnya danmasyarakat pada umumnya, serta ikut membangun tatanan perekonomian nasionaldalam rangka mewujudkan masyarakat yang maju, adil, dan makmurberlandaskan Pancasila serta Undang-Undang Dasar 1945.Berdasarkan pasal 3 UU No.25 tahun 1992 tersebut, secara garis besarnya, tujuankoperasi adalah:1.
 
Untuk memajukan kesejahteraan anggotanya.2.
 
Untuk memajukan kesejahteraan masyarakat.3.
 
Turut serta membangun tatanan perekonomian nasional.
V.
 
EKUITAS KOPERASI1.
 
Modal Anggota
Istilah Modal dalam pengertian ini lebih memiliki arti sebagai sumberpembelanjaan usaha yang berasal dari setoran para anggota. Dapatdikelompokkan, sebagai berikut:a.
 
Simpanan Pokok
, adalah jumlah nilai uang tertentu yang samabanyaknya yang harus disetorkan oleh setiap anggota padawaktu masuk menjadi anggota. Jenis simpanan ini tidak dapatdiambil kembali selama oaring tersebut masih menjado anggotakoperasi.

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->