Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
2Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
LAPORAN MANAJERIAL

LAPORAN MANAJERIAL

Ratings: (0)|Views: 407 |Likes:
Published by Indah Ferryanty

More info:

Published by: Indah Ferryanty on Nov 14, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

05/31/2014

pdf

text

original

 
LAPORAN MANAJERIAL1.
 
PENGERTIAN
Menurut pengertian yang umum, laporan adalah suatu dokumen sebagai hasilserangkaian kegiatan mencari dan menyajikan informasi mengenai suatu hal tertentu.Sedangkan laporan manajerial adalah sejenis laporan yang bertalian dengan urusan tertentudalam lingkungan suatu organisasi formal yang dibuat untuk keperluan pimpinan organisasiuntuk membuat keputusan dan selanjutnya melakukan tindakan
2.
 
PERANAN LAPORAN MANAJERIAL
Secara terperinci laporan manajerial mempunyai peranan sebagai berikut :1.
 
Bagi organisasi laporan manajerial memberikan gambaran menyeluruh bagiperkembangan organisasi serta kelebihan dan kekurangannya.2.
 
Bagi pelaksanaan tugas, laporan manajerial dapat menunjukkan sesuatu yang perludisempurnakan untuk kegiatan organisasi.3.
 
Bagi manajer, laporan manajerial dapat menyediakan berbagai data untuk membuatkeputusan dan tindakan selanjutnya yang jitu4.
 
Bagi petugas organisasi sbg pelaksana, laporan manajerial dapat menjadi sarana untuk menyampaikan ksimpulan penting dan menyampaikan gagasan baru kepada atasannya.
 
3.
 
JENIS LAPORAN MANAJERIAL
Menurut Littlefield laporan manajerial dapat dibedakan menjadi :Menurut tujuannya:a. Laporan Perencanaanb. Laporan PengendalianMenurut waktunya :a. Laporan berkalab. Laporan khususMenurut gaya tulis:a. Laporan resmib. Laporan tak resmi
4.
 
SYARAT LAPORAN MANJERIAL
Laporan Manajerial yang baik hendaknya memenuhi syarat-syarat mengenai mutu sebagaiberikut :1.
 
Kecermatan2.
 
Ketepatan waktu3.
 
Kemadaian4.
 
Kesederhanaan5.
 
Kejelasan
 
5.
 
PRINSIP DASAR LAPORAN MANAJERIAL
Terdapat lima prinsip dasar yang harus diikuti dalam menyusun laporanmanajerialagar dapat bermanfaat bagi manajemen.1.
 
Laporan harus menerapkan konseppertanggung jawaban (responsibilityconcept). Dengan demikian laporan dengan konsep ini merupakan pencerminan pertanggung jawabandari pihak yang diserahi tugas kepadayang memberi tugas.2.
 
Sedapat mungkin laporan harus menggunakan prinsip eksepsi. Prinsipinimenekankan bahwa laporan harus menonjolkan hal-hal yangdianggapmenyimpang dari standar yang telah ditetapkan. Bentuk lazim darilaporandengan konsep ini adalah laporan pembandingan antara hasil kegiatandengan anggaran.3.
 
Angkapada laporan hendaknya dibuat komparatif. Hal ini memberi penekanan pada pembandingan hal-hal yang dianggap penting antararealisasi dengan anggaran, denganrealisasi tahun atau periode yang lalu,dengan keadaan industri pada umumnya.4.
 
Semakin tinggi jenjang manajemen yang menggunakan,harus semakinringkas pula laporan itu dibuat.5.
 
Agar suatu laporan dapat komunikatif, laporan tersebut hendaknyadisertaidengan komentar-komentar interpretative, yang menjelaskan mengapasituasi yang dilaporkanitu dapat terjadi, termasuk dengan berbagaialternatif pemecahan atautidakan yang dapat dilakukan.

Activity (2)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 thousand reads
1 hundred reads

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->