Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
8Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
STANDAR PENGUKURAN BIDANG TANAH

STANDAR PENGUKURAN BIDANG TANAH

Ratings: (0)|Views: 293 |Likes:
Pengukuran Metoda Fotogrametrik ( Identifikasi ) dengan menggunakan Peta Dasar Pendaftaran berupa Peta Foto.
Pengukuran Terrestris dengan menggunakan Peta Garis sebagai Peta Dasar Pendaftaran.
Metoda Pengamatan Satelit.
PBT
Pengukuran Metoda Fotogrametrik ( Identifikasi ) dengan menggunakan Peta Dasar Pendaftaran berupa Peta Foto.
Pengukuran Terrestris dengan menggunakan Peta Garis sebagai Peta Dasar Pendaftaran.
Metoda Pengamatan Satelit.
PBT

More info:

Published by: Yulianto Dwi Prasetyo on Nov 14, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

05/20/2014

pdf

text

original

 
Spesifikasi Teknik Pengukuran Bidang Tanah
LAMPIRAN 1.STANDAR PENGUKURAN BIDANG TANAHA. Pengukuran Metoda Fotogrametrik ( Identifikasi ) dengan menggunakan Peta DasarPendaftaran berupa Peta Foto.
Jika Peta Dasar Pendaftaran yang tersedia di lokasi pekerjaan pengukuran dan pemetaankadastral berupa peta foto digital ( foto udara / citra satelit resolusi tinggi ) maka metodepengukuran bidang tanah dapat dilakukan dengan Metode Fotogrametrik ( Identifikasi ).Pengukuran bidang tanah dengan
Metoda Fotogrametrik ( Identifikasi )
adalahidentifikasi bidang-bidang tanah dengan menggunakan Peta Dasar Pendaftaran berupapeta foto yang merupakan hasil pemetaan fotogrametrik. Metoda ini biasanya dilaksanakanuntuk daerah terbuka ( mudah untuk diidentifikasi ).
Peta Foto
adalah peta yang menggambarkan detail lapangan dari foto udara / citra satelitdengan skala tertentu. Peta foto sudah melalui proses pemetaan fotogrametri oleh karenaitu ukuran-ukuran pada peta foto sudah benar, dengan demikian detail-detail yang ada dipeta foto dan dapat didentifikasi dilapangan mempunyai posisi sudah benar di peta.Contoh Peta Foto :Pengukuran bidang tanah menggunakan peta foto sebagai peta dasar pendaftarandilaksanakan dengan cara identifikasi titik-titik batas bidang tanah yang sudah ditetapkan dilapangan.
PBT - 1
 
Spesifikasi Teknik Pengukuran Bidang Tanah
Identifikasi
adalah melihat detail dilapangan kemudian menandai detail yang posisinyasama pada peta foto. Oleh karena itu sangat efektif untuk daerah terbuka seperti;pesawahan, ladang terbuka dan lain sebagainya.Pengukuran di lapangan pada prinsipnya tidak diperlukan. Salah satu atau beberapa sisibidang tanah dapat diukur dilapangan untuk pengecekan atau memastikan bahwa titikbatas yang diidentifikasi telah benar. Hasil ukuran tersebut dicantumkan pada sisi-sisi yangsesuai di peta foto.Apabila terdapat titik-titik batas yang tidak dapat diidentifikasi misalnya terhalang atautertutup pohon sehingga sulit untuk menentukan posisinya pada peta foto, maka dilakukan
pengukuran tambahan ( suplesi )
dengan cara mengikatkan pada detail-detail terdekatyang kelihatan sehingga titik batas tersebut dapat ditentukan di peta.Contoh :Titik A adalah contoh yang tidak jelas di peta foto ( terhalang ). Untuk itu perlu diadakanpengukuran suplesi dari titik B, C dan F.Pada pelaksanaan pengukuran bidang tanah dengan metode ini, petugas ukur diharuskanmembawa
Lembar Cetak ( Print Out ) Peta Foto
bidang tanah yang akan diukur
atau
 membawa
Laptop / Notebook / PDA
yang telah diisi file bidang tanah yang akan diukur.
Tahapan pengukuran bidang tanah dengan peta foto sebagai peta dasar pendaftarandengan cara identifikasi lapangan :
CA
 
FED
1 4 51 4 6
B
1. Persiapan Teknis.
Persiapan teknis meliputi dua metode, yaitu metode dengan menggunakan lembarcetak ( prin out ) peta foto dan metode dengan menggunakan laptop / notebook / PDA.
1). Menggunakan Lembar Cetak ( Print Out ) Peta Foto.
a. Persiapkan alat tulis berupa pena / ballpoint / spidol dengan mata pena yangruncing untuk menandai titik batas bidang tanah.b. Tentukanlah nomor lembar peta untuk lokasi bidang tanah yang akan diukur.c. Bukalah file peta dengan nomor yang dimaksud pada komputer.d. Amatilah kenampakan visual bidang tanah yang akan diukur dan tentukanlahapakah batas-batas bidang tanah, bangunan ataupun obyek-obyek lainterlihat cukup jelas. Apabila tidak terlalu jelas maka perlu dilakukanpengubahan nilai “brightness, contrass dan intensity” yang dapat dilakukanpada perangkat lunak yang digunakan. Ubahlah ketiga parameter tersebutsampai diperoleh visualisasi yang baik dan tidak menimbulkan persepsi yanglain terhadap obyek yang akan diukur.e. Amati setiap pojok batas bidang tanah yang akan diukur dan tentukanlahapakah seluruh pojok terlihat jelas ataukah tidak. Apabila terdapat satu ataulebih titik pojok yang tidak jelas maka bawalah pita ukur ke lokasi pengukuran.
PBT - 2
 
Spesifikasi Teknik Pengukuran Bidang Tanah
f. Cetaklah ( print / plot ) bidang tanah yang akan diukur yang mengikutsertakanbidang tanah – bidang tanah di sekelilingnya dan beberapa obyek yangmudah dikenali di lapangan.
2). Menggunakan Laptop / Notebook / PDA.
a. Tentukanlah nomor lembar peta untuk lokasi bidang tanah yang akan diukur.b. Bukalah file peta dengan nomor yang dimaksud pada komputer.c. Siapkanlah Laptop / Notebook / PDA yang akan dibawa ke lapangan. Pastikansemua fasilitas pada peralatan ( perangkat keras ) tersebut dapat berjalanbaik. Pastikan pula perangkat lunak yang akan digunakan bekerja denganbaik.d. Copylah file peta pada Laptop / Notebook / PDA dan pastikan file tersebutdapat dibuka dengan baik.e. Amatilah kenampakan visual bidang tanah yang akan diukur dan tentukanlahapakah batas-batas bidang tanah, bangunan ataupun obyek-obyek lainterlihat cukup jelas. Apabila tidak terlalu jelas maka perlu dilakukanpengubahan nilai “brightness, contrass dan intensity” yang dapat dilakukanpada perangkat lunak yang digunakan. Ubahlah ketiga parameter tersebutsampai diperoleh visualisasi yang baik dan tidak menimbulkan persepsi yanglain terhadap obyek yang akan diukur.f. Simpan ( save ) hasil perubahan di atas.g. Amati setiap pojok batas bidang tanah yang akan diukur dan tentukanlahapakah seluruh pojok terlihat jelas ataukah tidak. Apabila terdapat satu ataulebih titik pojok yang tidak jelas maka bawalah pita ukur ke lokasi pengukuran.
2. Tahap Pelaksanaan ( Identifikasi Lapangan ).
Pada tahap ini akan dilakukan identifikasi bidang tanah di lapangan. Kegiatan yangdilakukan adalah menentukan titik batas dan garis batas bidang tanah berdasarkanketerangan pemilik dan pihak-pihak yang bersebelahan serta pemerintah daerahsetempat. Pada tahap ini tidak ada perhitungan luas bidang tanah.
1). Menggunakan Lembar Cetak ( Print Out ) Peta Foto.
a. Pastikanlah pemilik bidang tanah yang akan diukur dan pemilik bidang tanahyang bersebelahan serta pejabat pemerintah ( kecamatan / kelurahan )berada di lokasi pada saat akan dilakukan identifikasi batas bidang tanah.b. Tetapkanlah batas bidang tanah yang akan diidentifikasi berdasarkanpersetujuan semua pihak yang hadir.c. Tentukanlah pojok-pojok bidang tanah di lapangan.d. Identifikasi pojok-pojok bidang tanah di peta foto.e. Yakinkan bahwa titik-titik batas bidang tanah yang tertera di peta foto adalahsama dengan titik-titik batas bidang tanah di lapangan dengan memperhatikanobyek-obyek yang berada di sekitar bidang tanah.f. Apabila satu atau semua titik pojok bidang tanah dapat diidentifikasi pada petafoto dengan jelas dan akurat maka berilah titik pada setiap pojok bidang danberilah tanda huruf ( A, B, C, atau D ) untuk setiap titik pojok bidang. Apabilasatu atau seluruh titik pojok bidang tanah tidak jelas, maka tentukan dua buahtitik bantu yang berada di sekitar titik yang akan diidentifikasi. Dua titik bantudigunakan untuk menentukan satu titik pojok batas bidang tanah. Titik bantuyang akan digunakan harus dapat diidentifikasi dengan jelas dan akurat dipeta foto.g. Berilah tanda titik pada kedua titik bantu dan berilah tanda huruf sesuaidengan titik pojok yang diidentifikasi, misal titik yang diidentifikasi adalah titikA, maka tanda titik bantunya adalah A1 untuk titik kesatu dan A2 untuk titikkedua.h. Ukurlah jarak antara kedua titik bantu dengan titik pojok bidang tanah denganpita ukur.
PBT - 3

Activity (8)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 thousand reads
Annie Sri Cahyani added this note
dimanakah saya bisa mendapatkan spesifikasi teknis ini? saya sangat memerlukan. terimakasih.
1 hundred reads
Achmad Zakaria liked this
Farid Hawazi liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->