Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
1Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
pengamalan pancasila

pengamalan pancasila

Ratings: (0)|Views: 102 |Likes:

More info:

Published by: Ajeng Dewi Wulandari on Nov 15, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

08/21/2013

pdf

text

original

 
Makalah
Pengamalan Nilai-Nilai Pancasila Dalam KehidupanMasyarakat
Makalah Ini Disusun Untuk Memenuhi Tugas Mata KuliahPendidikan PancasilaDisusun Oleh;Genta Putra (11.11.4895)
Jurusan Teknik InformatikaSTMIK AMIKOM YOGYAKARTAYOGYAKARTA2011
 
BAB IPENDAHULUAN
 
I.
 
LATAR BELAKANG MASALAH
Untuk mewujudkan ketahanan nasional Indonesia dalam kehidupan berbangsa danbernegara, tidak terlepas adanya ketahanan di bidang Ideologi. Ketahanan di bidangideologi bangsa Indonesia ditujukan untuk mengatasi segala tantangan, ancaman,hambatan serta gangguan, baik yang datang dari dalam maupun dari luar, baik secaralangsung maupun tidak langsung yang membayakan kelangsungan kehidupanPancasila sebagai dasar dan ideologi Negara.Keampuhan Pancasila sebagai ideologi Negara tergantung kepada nilai-nilai yangdikandungnya yang dapat memenuhi serta menjamin segala aspirasi hidup dankehidupan manusia, baik secara pribadi, sebagai makhluk social maupun sebagaiwarga Negara sebagai kodrat dan irodat Tuhan Yang Maha Esa. Rangkaian nilaitersebut tidak identik dengan agama, tetapi mempunyai keterkaitan yang erat, bahkantidak dapat dipisahkan dalam kehidupan sehari-hari. Rangkaian nilai tersebut adalahkongkretisasi dari ajaran semua agama dan berfungsi sebagai pemersatu kehidupanantarumat beragama yang menciptakan kekuatan keagamaan, baik secara mentalmaupun spiritual di dalam Ketahanan Nasional.Nilai tertinggi tersebut menjiwai dan meliputi nilai-nilai sila berikutnya dalamPancasila. Di dalam nilai kemanusiaan misalnya, tersimpul cita-cita kemanusiaan yangmemandang manusia sebagai makhluk Tuhan yang harus menjamin adanya toleransi,tolong menolong, hormat-menghormati yang dilandasi jiwa gotong royong.Nilai Persatuan Indonesia merupakan faktor pengikat yang menjamin persatuanIndonesia yang terutama bersifat persatuan spiritual dan merupakan paduan hasratuntuk hidup bersama di dalam kesukaan, penderitaan dan sepenanggungan. Persatuannasional, intelegensi dan dinamik merupakan anasir utama bagi bangsa yangmenginginkan kemajuan, sedangkan nilai kerakyatan dijelmakan oleh persatuan yangriil dan wajar, sedangkan kedaulatan berada di tangan rakyat atas dasar musyawarahuntuk mufakat. Demokrasi tanpa pimpinan dapat menjelma menjadi anarki danpimpinan tanpa demokrasiakan mengarah ke diktator.
 
II.
 
RUMUSAN MASALAH
Jika melihat pada nilai-nilai pancasila yang telah diuraikan diatas, tentanggambaran umum nilai-nilai yang terkandung dalam pancasila, maka dapat dilihatbahwa pencasila merupakan ideology atau landasan yang sesuai dengan karakterbangsa Indonesia yang beragam, namun pada kenyataannya dalam praktik kehidupansehari-hari kita dapat melihat masyarakat tidak lagi menjadikan pancasila sebagaipedoman untuk hidup berbangsa dan bernegara, jangankan untuk menjalankan nilai-nilai yang terkandung dalam pancasila, bahkan segelintir masyarakat cenderungmengabaikan ataupun melanggar nilai-nilai pancasila. Dalam hal ini penulis mencobauntuk merumuskan beberapa permasalahan yang dituangkan dalam bentuk beberapapertanyaan, diantaranya:1.
 
Masih adakah rasa cinta terhadap bangsa dan tanah air?2.
 
Masih adakah rasa persatuan dan kesatuan dalam masyarakat saat ini?3.
 
Masih adakah ingatkah masyarakat terhadap nilai-nilai yang terkandung dalampancasila?4.
 
Masih adakah semanat gotong royong dalam kehidupan masyarakat?5.
 
Bagaimana menumbuhkan nilai-nilai pancasila dalam kehidupan masyarakat?
III.
 
Maksud dan tujuan
Makalah ini disusun untuk mengetahui apa yang terjadi dalam masyarakatsaat ini sehingga nilai-nilai pancasila yang menjadi palsafah cenderung mulaimemudar, selain itu juga perlu diketahui apa yang menjadi penyebab terjadinyakondisi tersebut dan bagaimana mengatasinya.

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->