Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
1Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Isi Laporan

Isi Laporan

Ratings: (0)|Views: 99 |Likes:
Published by gangsta_rasta19

More info:

Published by: gangsta_rasta19 on Nov 15, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as RTF, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

11/15/2012

pdf

text

original

 
BAB IPENDAHULUAN
A.DASAR PEMIKIRAN
Undang-undang Perbankan No. 7 Tahun 1992 membawa era barudalam sejarah perkembangan hukum ekonomi di Indonesia. Undang-undangtersebut memperkenalkan “sistem bagi hasilyang tidak dikenal dalamUndang-undang tentang Pokok Perbankan No. 14 Tahun 1967. Denganadanya sistem bagi hasil itu maka Perbankan dapat melepaskan diri dariusaha-usaha yang mempergunakan sistem “bunga”. Pada tahun 1998eksistensi Bank Islam lebih dikukuhkan dengan dikeluarkannya Undang-undang No. 10 Tahun 1998 tentang Perubahan Atas Undang-undang No. 7Tahun 1992 tentang Perbankan. Dalam Undang-undang tersebut, sebagaimanaditetapkan dalam angka 3 jo. angka 13 Pasal 1 Undang-undang No. 10 Tahun1998, penyebutan terhadap entitas perbankan Islam secara tegas diberikandengan istilah Bank Syari’ah atau Bank Berdasarkan Prinsip Syari’ah.Dengan ditunjang oleh kondisi mayoritas penduduk yang beragamaIslam, memberikan sebuah indikasi ladang yang subur bagi perbankansyari’ah untuk berkembang dan menerapkan prinsip-prinsip syari’ahnyadalam dunia perbankan. Sektor usaha perbankan Islam sekarang telahmengalami perkembangan sedimikian rupa, hal tersebut dapat terlihat denganadanya sektor usaha Bank Muamalat dan juga masih ada beberapa bank-bank lain yang menggunakan prinsip syari’ah.Sebagai sebuah bentuk respon yang positif terhadap pertumbuhan perbankan syari’ah, maka Fakultas Syari’ah IAIN Sunan Ampel membuka program studi Perbankan Syari’ah pada Jurusan Muamalah dan EkonomiIslam. Sebagai konsekuensi kurikulernya maka harus ada sebuah bentuk realisasi antara ilmu teoritis dengan ilmu praktis tentang Perbankan Syari’ah.
1
 
Dalam kerangka itulah maka program kuliah praktikum di bank-bank Syari’ahdiselenggarakan.
B.TUJUAN DAN KEGUNAAN
Selaras dengan dasar pemikiran di atas, maka tujuan diadakannya praktikum perbankan syari’ah adalah:1.Menyediakan fasilitas bagi mahasiswa-mahasiswa untuk mengenal danmendalami sepenuhnya bagian operasional perbankan Syari’ah secara praktisi.2.Mengasah kemampuan, bakat, dan minat mahasiswa-mahasiswi dibidang perbankan syari’ah.3.Memberikan kesempatan kepada mahasiswa-mahasiswi untuk melakukanstudi komparatif antara bank konvensional dengan bank syari’ah, sehingga para mahasiswa-mahasiswi mampu menggunakan pisau analisis hukumIslam.4.Mendorong mahasiswa-mahasiswi melakukan analisis dalam persepektif hokum islam terhadap aplikasi produk-produk perbankan syariah serta berupaya menemukan kendala-kendala yang dihadapinya.Praktikum perbankan syariah memiliki kegunaan baik bagi mahasiswa-mahasiswi, bagi fakultas, maupun bagi bank syariah sendiri, diantaranyaadalah:
1.
Bagi mahasiswa-mahasiswi, praktikum perbankan Syariah ini bergunauntuk memperkaya wawasan keilmuan dalam kerangka pembentukankeahlian akademik dibidang hukum islam.
2.
Bagi fakultas berguna sebagai salah satu media penyerapan informasiyang bermanfaat untuk penyelarasan kurikulum dengan perkembangankebutuhan di lapangan.
3.
Bagi bank Syariah berguna sebagai media sosialisasi karena perguruan
 
tinggi memiliki akses yang memadai untuk menyebarluaskan informasikepada masyarakat.
C.WAKTU DAN TEMPAT PRAKTIK 
Praktikum perbankan syariah ini di laksanakan mulai tanggal 10 -21September 2012. Adapun waktu yang diberikan kepada kami untumelaksanakan praktek perbankan syariah selama 10 hari mulai pada pukul08.00 sampai 17.00 WIB. Praktek ini dilaksanakan di Bank Muamalat yang berlokasi di Jl. Mayjen Sungkono No. 70 D Surabaya.
D.NAMA-NAMA PESERTA
1.DONA RUDIANTOC022090432.ENDAH MASRUROHC022090443.USWATUN HASANAH C022090904.ATIK KUSTIANINGSIH C022091225.FEDRIK AINAN NIAMC02209128
BAB II
3

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->