Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Look up keyword
Like this
86Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Metode Transportasi 2003

Metode Transportasi 2003

Ratings:

4.94

(17)
|Views: 7,608 |Likes:
Published by refael fateeh
metode transportasi.
metode transportasi.

More info:

Published by: refael fateeh on Jan 25, 2009
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC or read online from Scribd
See more
See less

01/06/2014

 
11
BAB IMETODE TRANSPORTASI
A.PENDAHULUAN
Metode Transportasi juga bisa digunakan untuk menyelesaikan permasalahan Linearamming.Tujuan dari metode transportasi adalah menentukan pola pengiriman yang paling baik dari beberapasumber (supply) ke beberapa tujuan (demand) sehingga meminimalkan total biaya produksi dantransportasi.Salah satu fungsi dalam dunia usaha adalah guna tempat. Panen padi yang melimpah di PulauBuru kehilangan nilai ekonomisnya karena kapal jarang merapat di Pulau Buru untuk mengangkuthasil bumi ke Ambon dan sekitarnya yang membutuhkan. Bawang merah yang melimpah di Brebes juga perlu diangkut ke kota-kota lain agar lebih bermanfaat. Dalam hal ini alat transportasimerupakan fungsi yang menambah nilai pada hasil bumi tersebut.Manajemen Operasi bertugas untuk memilih sarana dan sistem transportasi yang palingefisien. Cara penyelesaian kasus semacam ini dikenal dengan metode transportasi.
Metode transportasi dapat digunakan untuk menyelesaikan beberapa persoalan optimasi.Persoalan transportasi berkenaan dengan pemilihan route (jalur) pengangkutan yangmengakibatkan biaya total dari pengangkutan itu minimum.Perumusan persoalan pertama kali dikemukakan oleh F.L. Hitchock pada tahun 1941,kemudian diperluas oleh T.C. Koopmans. Pada tahun 1953, W.W. Cooper dan A. Charnesmengembangkan metode STEPPING-STONE, dan selanjutnya pada tahun 1955, sebagaimodifikasi dari metode Stepping-Stone, dikembangkan metode MODI (MODIFIEDDISTRIBUTION).
B.
PERSOALAN METODE TRANSPORTASI
I.
Persoalan Transportasi I (Permintaan
=
Penawaran)
Sebuah perusahaan (FR.Co) menerima suatu kontrak untuk menyediakan batu kerikiluntuk tiga proyek pembuatan jalan di kota-kota Greenville (A), Fountain (B) dan Ayden (C).Kebutuhan batu kerikil di kota-kota tersebut adalah:
 
11
Perusahaan FR.Co mempunyai tiga pabrik batu kerikil yang terletak di kota-kota Kinston (W),Wilson (X) dan Bethel (Y). Masing-masing pabrik dapat menyediakan batu kerikil sebanyak:Dari kedua tabel di atas, dapat dilihat bahwa total kapasitas dari ketiga pabrik (W,X danY) tepat sama dengan kebutuhan di tiga proyek (A,B dan C). Kasus semacam ini dalam dunianyata sangat kecil kemungkinan terjadinya, namun sebagai cara untuk belajar metodetransportasi, contoh ini akan membuat belajar menjadi lebih mudah.Perusahaan FR.Co telah menghitung biaya pengangkutan dari ketiga pabrik ke ketiga proyek. Biaya-biaya itu adalah:Perbedaan biaya dari tiap-tiap pabrik ke masing-masing proyek itulah yang sebenarnya menjadimasalah, sebab harus dicari kombinasi yang menyebabkan biaya angkut total menjadi minimum
Seandainya, biaya angkut dari tiap-tiap pabrik ke masing-masing proyek per muatan-truadalah sama, maka tidak menjadi masalah, sebab muatan dari pabrik manapun diangkut ke proyek manapun akan menyebabkan pengeluaran biaya yang sama.
 
11
a.
Menyelesaikan Persoalan Dengan Metode Stepping-Stone
Langkah 1, Menyusun Tabel TransportasiTabel transportasi disusun seperti di atas:
Kebutuhan/permintaan (proyek) diletakkan pada kolom
Kapasitas/penawaran (pabrik) diletakkan pada baris
Kolom paling kanan berisi total kapasitas pabrik (sesuai baris pabriknya)
Baris paling bawah berisi total kebutuhan proyek (sesuai kolom proyeknya)
Biaya, diletakkan di sudut kanan atas pada setiap sel (kotak) yang bersesuaian antara baris (pabrik) dengan kolom (proyek)Langkah 2, Menyelesaikan Pemecahan I (Awal)Metode STEPPING-STONE, menuntun pemecahan persoalan trasnportasi denganmemulai membuat alokasi material dimulai dari sel kiri atas menuju sel kanan bawah. Dasar alokasi metode ini adalah memenuhi dulu kebutuhan proyek pada kolom paling kiri, barukemudian mulai memenuhi kebutuhan proyek pada kolom sebelah kanannya, dst. Atau denganlain kata, habiskan dahulu kapasitas pabrik pada baris paling atas, kemudian mulai menggunakankapasitas pabrik pada baris di bawahnya. Ingat sekali lagi, dimulai dari kiri atas, ke kanan bawah.

Activity (86)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 thousand reads
1 hundred reads
Cahaya Putrii Fadillah added this note
minta softcopy nya dong buat tugas, kirim ke moedhz_dilla@yahoo.com thx yaa :-))
Putry Azza liked this
MassYh Musliatun liked this
Aries Prayoga liked this
Aries Prayoga liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->