Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more ➡
Download
Standard view
Full view
of .
Add note
Save to My Library
Sync to mobile
Look up keyword
Like this
2Activity
×
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Makalah Tanin Stikes Nwu Farmasi

Makalah Tanin Stikes Nwu Farmasi

Ratings: (0)|Views: 749|Likes:

More info:

Published by: Evansdio Handy Dochino Osiris on Nov 15, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, DOCX, TXT or read online from Scribd
See More
See less

12/05/2012

pdf

text

original

 
 
MAKALAH FITOMEDICINE
“TANIN
 Pengampu :
Istianatus Sunah.,S.Farm.,Apt.
Disusun oleh :Estu Sugesti 050110a018Firkiawan Nursi B 050110a020
 
Hendy Prastika H 050110a021I Kadek Santi K 050110a022Erap 050110a023Agnes 050212a001
 
PROGRAM STUDI ILMU FARMASISTIKES NGUDI WALUYOUNGARAN2012
 
 
 
BAB IPENDAHULUAN1. LATAR BELAKANG
Dalam metabolisme sekunder yang terjadi pada tumbuhan akan menghasilkan beberapasenyawa yang tidak digunakan sebagai cadangan energi melainkan untuk menunjangkelangsungan hidupnya seperti untuk pertahanan dari predator. Beberapa senyawa sepertialkaloid, triterpen dan golongan phenol merupakan senyawa-senyawa yang dihasilkan darimetabolisme skunder. Golongan fenol dicirikan oleh adanya cincin aromatik dengan satu ataudua gugus hidroksil. Kelompok fenol terdiri dari ribuan senyawa, meliputi flavonoid,fenilpropanoid, asam fenolat, antosianin, pigmen kuinon, melanin, lignin, dan tanin, yangtersebar luas di berbagai jenis tumbuhan Tanin merupakan salah satu jenis senyawa yngtermasuk ke dalam golongan polifenol. Senyawa tanin ini banyak di jumpai pada tumbuhan.Tanin dahulu digunakan untuk menyamakkan kulit hewan karena sifatnya yang dapat mengikatprotein. Selain itu juga tanin dapat mengikat alkaloid dan glatin.Tanin secara umumdidefinisikan sebagai senyawa polifenol yang memiliki berat molekul cukup tinggi (lebih dari1000) dan dapat membentuk kompleks dengan protein. Berdasarkan strukturnya, tanin dibedakanmenjadi dua kelas yaitu taninterkondensasi (condensed tannins) dan tanin-terhidrolisiskan(hydrolysable tannins) .Tanin memiliki peranan biologis yang kompleks. Hal ini dikarenakansifat tanin yang sangat kompleks mulai dari pengendap protein hingga pengkhelat logam. Makadari itu efek yang disebabkan tanin tidak dapat diprediksi. Tanin juga dapat berfungsi sebagaiantioksidan biologis.
2. KLASIFIKASI TANIN
Senyawa tanin termasuk kedalam senyawa poli fenol yang artinya senyawa yangmemiliki bagian berupa fenolik. Senyawa tanin dibagi menjadi dua yaitu yaitu tanin yangterhidrolisis dan tanin yang terkondensasi. Jenis-jenis senyawa diatas akan dibahas lebih lanjutsebagai berikut :
 
 
1. Tanin Terhidrolisis (hydrolysable tannins).Tanin ini biasanya berikatan dengan karbohidrat dengan membentuk jembatan oksigen,maka dari itu tanin ini dapat dihidrolisis dengan menggunakan asam sulfat atau asam klorida.Salah satu contoh jenis tanin ini adalah gallotanin yang merupakan senyawa gabungan darikarbohidrat dengan asam galat. Selain membentuk gallotanin, dua asam galat akan membentuk tanin terhidrolisis yang bisa disebut Ellagitanins. Ellagitanin sederhana disebut juga ester asamhexahydroxydiphenic (HHDP). Senyawa ini dapat terpecah menjadi asam galic jika dilarutkandalam air.2. Tanin terkondensasi (condensed tannins).Tanin jenis ini biasanya tidak dapat dihidrolisis, tetapi dapat terkondensasi meghasilkanasam klorida. Tanin jenis ini kebanyakan terdiri dari polimer flafonoid yang merupakan senyawafenol. Nama lain dari tanin ini adalah Proanthocyanidin. Proanthocyanidin merupakan polimerdari flavonoid yang dihubungkan melalui C 8 dengan C4. Salah satu contohnya adalah Sorghumprocyanidin, senyawa ini merupakan trimer yang tersusun dari epiccatechin dan catechin.Senyawa ini jika dikondensasi maka akan menghasilkan flavonoid jenis flavan dengan bantuannukleofil berupa floroglusinol.
3. SIFAT UMUM TANIN.
A.
 
Sifat Fisika.Sifat fisika dari tanin adalah sebagai berikut :a. Jika dilarutkan kedalam air akan membentuk koloid dan memiliki rasa asam dan sepat.b. Jika dicampur dengan alkaloid dan glatin akan terjadi endapanc. Tidak dapat mengkristal.d. Mengendapkan protein dari larutannya dan bersenyawa dengan protein tersebutsehingga tidak dipengaruhi oleh enzim protiolitik.B.
 
Sifat kimia.a. Merupakan senyawa kompleks dalam bentuk campuran polifenol yang sukardipisahkan sehingga sukar mengkristal.b. Tanin dapat diidentifikasikan dengan kromotografi.c. Senyawa fenol dari tanin mempunyai aksi adstrigensia, antiseptic dan pemberi warna.

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->