Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more ➡
Download
Standard view
Full view
of .
Add note
Save to My Library
Sync to mobile
Look up keyword
Like this
1Activity
×
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Struktur Dan Fungsi Akar

Struktur Dan Fungsi Akar

Ratings: (0)|Views: 355|Likes:

More info:

Published by: Iwan Pangestu Manalu on Nov 15, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, DOCX, TXT or read online from Scribd
See More
See less

11/15/2012

pdf

text

original

 
Maret 26, 2010 · Disimpan dalam Uncategorized 
 
Pendahuluan 
Salam sejahtera semua
. Terima kasih sudah mengunjungi situs kami. Kami, Christy, Evan. Gerry, danJodry dari kelas 8D dari SDH-DM, ingin berbagi ilmu mengenai struktur & fungsi tubuh tumbuhan melaluisitus kami ini. Selain itu, ada juga dari kelompok lain yang membuat blog tentang ilmu biologi lain seputarpelajaran biologi kelas 2 SMP. Selamat membaca.Padatumbuhan terdapat akar, batang, daun, bunga, buah, dan biji.
A. Struktur dan Fungsi Akar
Akar tumbuhan merupakan struktur tumbuhan yang terdapat di dalam tanah. Akar adalah tempatmasuknya mineral atau zat-zat hara. Akar merupakan kelanjutan sumbu tumbuhan. Tumbuhan dikotil danmonokotil ada perbedaan sistem perakaran. Pada akar tumbuhan monokotil terususun sistem akar serabut.
1. Struktur Akar
Struktur akar dapat dilihat secara morfolgi dan anatomi.
a. Morfologi (Struktur Luar)
 
Akar
 
 
 Panjang akar dipengaruhi oleh faktor eksternal seperti porositas tanah, tersedianya air dan mineral, dankelembapan tanah. Morfologi akar terdiri dari rambut akar, batang akar, ujung akar, dan tudungakar. Rambut akar merupakan perluasan permukaan dari sel-sel epidermis akar yang berguna untukmemperluas daerah penyerapan. Rambut akar hanyu tumbuh di dekat ujung akar dan pada umumnyarelatif pendek. Ujung akar tersusun dari jaringan meristem yang sel-selnya berdinding tipis dan aktif membelah diri. Fungsi tudung akar adalah untuk melindungi ujung akar terhadap kerusakan mekanis.
b. Anatomi (Struktur Dalam) Akar
 Anatomi akar terdiri dari epidermis, korteks, endodermis, dan stele.
 
1.
 
Epidermis (kulit/lapisan luar akar)
terdiri dari sel yang trersusun rapat. Dinding sel epidermis tipissehingga dapat dilalui air.2.
 
Korteks/kulit pertama
yang tersusun dari lapisan-lapisan sel yang berdinding tipis. Koteks memilikiruang-ruang antarsel yang berfungsi untuk pertukaran gas. Peran korteks adalah sebagai tempatpenyimpanan cadangan makanan.3.
 
Endodermis akar
yang terbentuk dari selapis sel yang tebal. Sebagian besar sel-sel endodermismemiliki pita kaspari yang mengandung zat suberin atau zat lignin. Fungsi endodermis adalahmengatur jalannya larutan yang diserap ke silinder pusat. Kemudian ada stele (silinder pusat) yangterdiri dari perisikel (perikambium), xilem (pembuluh kayu), dan floem (pembuluh tapis). Perisikeladalah lapisan terluar dari stele yang berperan dalam pertumbuhan sekunder dan pertumbuhan akarke samping. Di dalam perisikel terdapat xilem dan floem yang merupakan berkas pengangkut. Ada juga empulur yang hanya terdapat pada tumbuhan dikotil.
2. Fungsi Akar
Apakah akar itu? Akar adalah organ tumbuhan. Dan mengapa akar itu penting? Karena akar memiliki fungsiyang penting bagi tumbuhan, yaitu, sebagai berikut.1.
 
Untuk menyerap air dan mineral/zat-zat hara dari tanah.2.
 
Menunjang dan memperkokoh berdirinya tumbuhan.3.
 
Pada beberapa jenis tumbuhan berperan, akar berperan sebagai alat respirasi.4.
 
Pada tumbuhan tertentu, akar juga berperan sebagai tempat penyimpanan makanan atau sebagai alatperkembangbiakan vegetatif.
3. Proses Penyerapan Air dan Mineral serta Pengangkutannya
Air dan mineral diserap oleh ujung akar dan rambut-rambut akar (secara osmosis) masuk ke dalam tubuhtumbuhan. Osmosis adalah perpindahan zat dari larutan yang berkonsentrasi rendah (kurang pekat) kelarutan yang berkonsentrasi tinggi (lebih pekat) melalui selaput semipermeabel. Selaput semipermeabeladalah selaput pemisah yang hanya dapat dilalui oleh air dan zat tertentu. Tetapi selain secara osmosis,penyerapan air dan mineral dapat dilakukan dengan transpor aktif, yaitu, sistem transpor ion dan molekulmelalui membran sel dengan menggunakan energi.Lalu, dari rambut-rambut akar, air dan mineral mengalir dengan arah horizontal melalui epidermis, korteksdan endodermis sampai ke xilem. Dari xilem, air dan mineral diangkut ke daun melalui pembuluh kayu(xilem) pada batang cabang, dan daun sebagai bahan fotosintesis. Pengangkutan ini disebut pengangkutan
 
vaskuler.

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->