Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more ➡
Download
Standard view
Full view
of .
Add note
Save to My Library
Sync to mobile
Look up keyword
Like this
1Activity
×
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
DAMPAK TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI TERHADAP PERILAKU SOSIAL MASYARAKAT

DAMPAK TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI TERHADAP PERILAKU SOSIAL MASYARAKAT

Ratings: (0)|Views: 437|Likes:
Published by Siti Cholisoh
Makalah Ilmu Sosial Dasar
Makalah Ilmu Sosial Dasar

More info:

Published by: Siti Cholisoh on Nov 16, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, DOC, TXT or read online from Scribd
See More
See less

12/04/2012

pdf

text

original

 
BAB IPENDAHULUAN
1.Latar Belakang
Keunggulan dan kecanggihan teknologi informasi saat ini secara langsung mampu menggeser  bahkan merubah sistem pola hidup manusia. Dalam perkembangannya teknologi informasi mampumemicu gejala-gejala sosial yang dapat dikatakan baru. Gejala tersebut antara lain, jarak dan waktu bukan lagi kendala yang utama, munculnya sistem pembelian dengan cara on-line, dan gejala yangsering terjadi adalah perubahan dalam bidang hukum, perundangan dan nilai-nilai budaya. EraInformasi yang ditandai dengan kemajuan teknologi berkembang dengan cepat serta arus informasi berjalan dan menyebar dengan kecepatan tinggi seolah-olah tanpa batas. Setiap informasi pentingdari negara manapun akan dapat tersebar dan diketahui oleh penduduk di seluruh dunia yang sudahdapat mengakses informasi. Segala macam informasi akan berlalu lalang dihadapan manusia.Menghadapi hal semacam ini setiap orang harus dapat menentukan sikap dan mengambil keputusanagar dapat memilih informasi yang tepat bagi dirinya.Pada dasarnya informasi yang ada baik atau buruk, benar atau salah pada hakekatnya bersifatnetral. Artinya akibat dan efek informasi bagi seseorang atau masyarakat tergantung padakepandaian dan kepiawaian seseorang atau masyarakat untuk menggunakan informasi tersebut. Padasaat ini sumber informasi sangat banyak, beragam dan tersebar dimana-mana. Sangat sulit untuk membatasi atau membentengi suatu informasi untuk tidak samapai kepada suatu masyarakattertentu. Langkah yang terbaik bukannya menghalangi kehadiran informasi karena hal itu tidak mungkin, yang tepat adalah menyiapkan masyarakat untuk bisa menangani, menerima, menilai,memutuskan dan memilih informasi yang tersedia. Persiapan kondisi psikologis bagi masyarakatuntuk menerima, menilai, memutuskan dan memilih informasi bagi diri mereka sendiri akan lebihefektif dan mendewasakan masyarakat untuk bisa mengelola informasi dengan baik. Dengan adanya perkembangan teknologi yang semakin maju ini membuat seolah-olah dunia ini ibarat ruang tanpa batas. Masyarakat dari berbagai negara di dunia dapat melakukan komunikasi dan berbagi informasitanpa melihat ruang dan waktu.
2.Tujuan
Adapun tujuan saya mengangkat tema “Dampak Teknologi Informasi dan Komunikasi TerhadapPerilaku Sosial Masyarakat” :
a.
Memberikan informasi atau penjelasan dampak dari kemajuan teknologi dan informasiitu sendiri. b.Mengelolahkan pembaca agar dapat memilih atau mengambil keputusan dalam memilihinformasi yang terbaik untuk dirinya sendiri.
c.
Melatih pembaca agar dapat menyeimbangkan antara IPTEK dan akhlak (norma – normadalam lingkungan sosial).
3.Sasaran
Seluruh lapisan masyarakat dan pihak pemerintahan agar dapat menangani, menerima, menilai,dan memutuskan dari dampak perkembangan teknologi informs saat ini.
1
 
BAB IIPERMASALAHAN
Analisis
permasalahan
 
dampak teknologi informasi terhadap
 perilaku
sosial masyarakat 
dengan memperhatikan dan mempertimbangkan kondisi lingkungan internal maupun eksternaldilihat dari aspek :
1.
Kekuatan (Strength)
a.
Pengaruh dari luar negeri serta globlisasi.
b.
Penigkatan mutu pendidikan.
c.
Kemudahan serta biaya yang terjangkau.
d.
Persaingan yang tinggi dalam dunia bisnis (khususnya).
2.
Kelemahan (Weakness)
a.
Minimnya perhatian pemerintah terhadap pengaksesan atau penggunaan teknologiinformasi (internet).
b.
Kemajuan teknologi tidak beriringan dengan pengetahuan masyarakat mengenai teknologiinformasi.
c.
Sikap ketergantungan terhadap dunia teknologi informasi.
d.
Meresahkan para orang tua terhadap pribadi anaknya.
3.
Peluang (Opportunity)
a.
Berkembangnya dunia pendidikan, bisnis, hiburan dll.
b.
Pembunuhan karakter serta timbulnya kriminalitas siber.
c.
Tingkat kebutuhan akan dunia informasi yang semakin tinggi.
d.
Tingginya jumlah inovator dalam peningkatan kualitas serta kemajuan teknologi informasi .
4.
Tantangan/Hambatan (Threats)
a.
Tingkat kewaspadaan masyarakat yang tinggi dalam penggunaan teknologi informasi. b.
Minimnya pemahaman masyarakat dibidang teknologi informasi.
c.
Persaingan yang ketat.
d.
Munculnya para hacker.
2
 
BAB IIIKESIMPULAN DAN REKOMENDASI
1.Kesimpulan
a.
Kemajuan teknologi informasi merupakan akibat dari pengaruh budaya dari luar negeriserta globalisasi.
b.
Akan tetapi atas kemajuan teknologi informasi memberikan 2 sisi yitu sisi negative dansisi positif. Secara positif semuanya mendukung kehidupan manusia, membuat jarak komunikasiyang jauh menjadi dekat. Memberikan dukungan moril konsultatif kepada pelakunya meskisecara nyata jarak tersebut tidak berubah. Semakin banyak layanan yang berbasis internetsehingga masyarakat secara lansung harus dapat mempelajari cara mengakses internet ataumedia informasi lainnya dan mau tidak mau kita juga berkenalan dengan bahsa inggris sebagai bahasa Internasional. Selain itu teknologi memberi kemudahan dalam dunia pendidikan danhiburan. Serta dapat membuat kita bebas berexpresi, menyalurkan bakat sampai berbisnis danmenghasilkan uang
.
Bila kita lihat keunggulan atau dampak positif dari kemajuan teknologiinformasi sangat besar manfaatnya. Tetapi, tidak dapat dielakkan juga bahwa dampak negatif yang dihasilkan oleh teknologi informasi ini juga muncul.Seperti
 
ketergantungan pada teknologisemakin merajai kehidupan masyarakat kita, rasanya kiamat jika jauh atau tak memiliki alatcanggih yang mampu membuat masyarakat kita benar-benar mendewakannya, akibat derasnyainformasi yang masuk mengakibatkan masyarakat kita khususnya para remaja semakin sedikitrentang perhatiannya terhadap apa yang terjadi di sekelilingnya, kurang fokus, mengalamikecendrungan perubahan emosi jiwa. Belum lagi adanya kasus pelecehan sex, narkoba, hamildiluar nikah, kemerosotan prestasi anak, KDRT,perselingkuhan, bahkan perceraian pada rumahtangga.
c.
Dari beberapa segi positif dan negatif yang ada, bukan berarti kita harus menunda perubahan dikarenakan dampak negatif yang mungkin dan pasti terjadi. Tidak ada waktu untuk menunda perubahan itu apalagi menolaknya. Lagi pula perubahan itu tidak hanya dalam satuatau dua fase kehidupan melainkan menyeluruh (bersifat global). Menghadapi perubahan masadepan, perlu antisipasi secara ketat. Antisipasi yang dimaksudkan agar masyarakat masa depandapat menyesuaikan diri dengan perubahan-perubahan yang terjadi. Sehingga dapat menghindaridampak negatif dari perubahan, bahkan menciptakan perubahan secara konstruktif bagi diri danlingkungannya. Karena Seperti pertebal iman, pupuk terus rasa empati, dan tingginya pengetahuan mengenai media informasi agar segala sesuatu yang didapat dapat ditelaah terlebihdahulu sebelum diterima bagi diri kita sendiri.
d.
Peran pemerintah serta masyarakat dalam perkembangan dalam media informasi. Peran pemerintah dapat dinilai dari upaya-upaya yang telah ditetapkan, baik regulasi pemerintah darisegi peraturan atau perangkat hukum, maupun regulasi dari segi penyediaan sarana dan prasarana ICT. Pemerintah harus jeli menangkap peluang dan bersinergi dengan masyarakat berpengetahuan. Dan untuk masyarakat upaya yang dapat dilakukan dengan mengontrol dalam penggunaan media informasi serta memfilter segala sesuatu yang didapat dari media informasitersebut.
2. Rekomendasi
3

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->