Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
196Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Rangkuman Ekonomi Mikro Dari Buku N.G.mankiv

Rangkuman Ekonomi Mikro Dari Buku N.G.mankiv

Ratings:

4.78

(63)
|Views: 89,755|Likes:
Published by kasita24
Principles of Economics "Pengantar Ekonomi Mikro"
Principles of Economics "Pengantar Ekonomi Mikro"

More info:

Categories:Business/Law, Finance
Published by: kasita24 on Jan 26, 2009
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF or read online from Scribd
See more
See less

05/10/2014

 
PENGANTAR
 
Hal-hal mendasar mengenai pengambilan keputusan secara individu adalah orang-orangmenghadapi
tradeoff 
antara berbagai pilihan tujuan, bahwa biaya untuk setiap tindakan diukur dalamkesempatan-kesempatan yang terlewatkan, bahwa orang-orang yang rasional mengambil keputusandengan membandingkan biaya marginal dengan keuntungan marginal, dan bahwa orang-orang mengubahperilaku mereka sebagai respons atas perubahan insentif yang mereka hadapi.
 
Hal –hal yang mendasar mengenai interaksi di masyarakat adalah bahwa perdagangan (pertukaran) dapatmenguntungkan kedua belah pihak yang melakukannya, bahwa pasar adalah tempat baikmengoordinasikan perdagangan dalam masyarakat, dan bahwa pemerintah dapat meningkatkan kinerjapasar seandainya terjadi kegagalan pasar atau hasil dari pasar merata.
 
Hal-hal mendasar mengenai perekonomian secara keseluruhan adalah bahwa produktivitas merupakansumber yang utama dari standar hidup, bahwa pertumbuhan jumlah uang adalah penyebab utama inflasi,dan bahwa masyarakat selalu berhadapan dengan tradeoff jangka pendek antara inflasi danpengangugaran.
Rangkuman Bab 2 Pengantar Ekonomi Mikro Berpikir Seperti Seorang Ekonom
 
Para ekonom mencoba mengkelaskan subjek mereka dengan objektivitas seorang ilmuwan. Seperti semuailmuwan, mereka membuat asumsi-asumsi yang tepat dan membangun model-model yang disederhanakandalam rangka memahami dunia sekeliling mereka. Dua model sederhana perekonomian adalah diagramaliran sirkuler dan batas kemungkinan-kemungkinan produksi.
 
Bidang ekonomi dibagi menjadi dua sub bidang, yaitu ekonomi mikro dan makro. Ekonomi mikromempelajari pembuatan keputusan oleh rumah tangga dan perusahaan dan interaksi antara keduanya dipasar. Ekonomi makro mempelajari kekuatan –kekuatan dan kecenderungan-kecenderungan yangmemengaruhi perekonomian secara keseluruhan.
 
Pernyataan positif merupakan pernyataan mengenai bagaimana dunia sebenarnya. Pernyataan normatifmerupakan pernyataan mengenai bagaimana dunia seharusnya. Ketika para ekonom membuat pernyataannormatif, mereka sedang bertindak lebih sebagai penasihat kebijakan dibanding sebagai ilmuwan.
 
Para ekonom sebagai penasihat bagi para pembuat kebijakan memberikan saran-saran yang salingbertentangan, mungkin karena perbedaan-perbedaan nilai. Pada saat saat yang lain, para ekonom bisasepaham dalam saran yang mereka kemukakan. Namun para pembuat kebijakan mungkin memilih untukmengabaikannya
Rangkuman Bab 3 Pengantar Ekonomi Mikro Saling Ketergantungan dan Keuntungan-keuntungan dari Perdagangan.
 
Setiap orang mengkonsumsi barang dan jasa yang dihasilkan oleh banyak orang di negara sendiri dan jugadi seluruh dunia. Saling ketergantungan dan perdagangan dibutuhkan karena keduanya memberikesempatan kepada semua orang untuk menikmati barang dan jasa dengan jumlah dan keragaman yanglebih besar.
 
Ada dua cara untuk membandingkan kemampuan dua orang dalam menghasilkan suatu barang. Orangyang dapat menghasilkan suatu barang dengan jumlah input yang lebih kecil di katakan memilikikeunggulan absolute dalam memproduksi barang tersebut. Orang yang memiliki biaya kesempatan lebih
 
rendah dalam memproduksi barang tersebut dikatakan memiliki keunggulan komparatif. Keuntungan-keuntungan dari perdagangan didasarkan pada keunggulan komparatif, bukan keunggulan absolute.
 
Perdagangan membuat semua orang mencapai kondisi yang lebih baik karena memberi merekakesempatan untuk mengkhususkan diri melakukan kegiatan yang keunggulan komparatifnya merekamemiliki.
 
Prinsip keunggulan komparatif berlaku untuk suatu negara sama seperti untuk seseorang. Para ekonommenggunakan prinsip keunggulan komparatif tersebut untuk mendukung berlangsungnya perdaganganbebas antar negara.
MEKANISME PASAR
Rangkuman Bab 4 Pengantar Ekonomi Mikro Kekuatan Penawaran dan Permintaan
 
Para ekonom menggunakan
model penawaran dan permintaan untuk menganalisis pasar-pasar yangkompititif
, terdapat banyak penjual dan pembeli, masing-masing hanya berpengaruh kecil terhadap hargapasar.
 
Kurva permintaan menunjukan
bagaimana jumlah suatu barang yang diminta bergantung pada harganya.Menurut hukum permintaan, jika harga barang turun, maka jumlah permintaannya naik. Oleh karena itu,kurva permintaaan semakin ke kanan semakin turun.
 
Sebagai tambahan, diluar harga terdapat
hal-hal yang menentukan seberapa banyak barang yang ingindi beli konsumen
, anta lain
pendapatan, harga barang barang subsitusi dan komplementer, selera,harapan, dan jumlah pembeli
. Jika salah satu dari factor-faktor tersebut berubah, maka kurvapermintaanya akan bergeser.
 
Kurva penawaran menunjukan
bagaimana jumlah suatu barang yang ditawarkan bergantung padaharganya. Menurut hukum penawaran. Jika harga barang naik, maka jumlah permintaanya juga naik (ed?).Oleh karena itu, kurva permintaanya (ed?) semakin kekanan semakin naik.
 
Sebagai tambahan, di luar harga, terdapat pula
hal-hal lain yang menentukan seberapa banyak barangyang produsen ingin jual
, antara lain
harga barang barang input, teknologi, harapan, dan jumlahpenjual
. Jika salah satu dari factor-faktor tersebut berubah, maka kurva penawarannya akan bergeser.
 
Perpotongan kurva penawaran dan kurva permintan di sebut titik keseimbangan
. Jumlah yangdiingikan sama dengan jumlah yang di tawarkan.
 
Perilaku pembeli dan penjual secara alamiah akan membawa pasar berada pada titikkeseimbangannya
. Ketika harga pasar di atas harga keseimbangan, terdapat surplus barang, sehinggaharga akan turun. Ketika harga pasar berada di bawah harga keseimbangan, terdapat kekurangan barang,sehinggaa harga akan naik.
 
Untuk menganalisis bagaimana suatu peristiwa memengaruhi pasar, kita menggunakan diagrampenawaran-permintaan
untuk menelaah bagaimana pengaruh peristiwa tesebut terhadap hargakeseimbangan dan jumlah keseimbangan. untuk mengetahuinya, kita harus melakukan metode tigalangkah. Pertama kita tentukan apakah peristiwa tersebut menggeser kurva penawaran atau kurvapermintaan. Kedua, kita tentukan arah mana kurva yang bersangkutan itu bergeser. Ketiga, kita bandingkantitik keseimbangan yang baru dengan yang lama.
 
Dalam perekonomian pasar, harga adalah tanda dan dengan demikian mengalokasikan sumberdalam perekonomian
, harga barang itu memastikan penawaran dan permintaan berada pada kondisiseimbang. Harga keseimbangan akan menentukan seberapa banyak barang yang dibeli dan seberapabanyak yang dijual.
 
Rangkuman Bab 5 Pengantar Ekonomi Mikro Elastisitas dan Aplikasinya
 
Elastisitas harga permintaan
 
mengukur
seberapa besar jumlah yang diminta merespons perubahanharga. Permintaan cenderung menjadi lebih elastis jika tersedia barang-barang substitusi terdekatnya, jikabarangnya adalah suatu kemewahan dan bukan kebutuhan, jika pasarnya didefinisikan secara sempit, atau jika para pembeli membutuhkan waktu yang lama untuk bereaksi terhadap perubahan.
 
Elastisitas harga permintaan
 
didefinisikan
sebagai perubahan persentase jumlah permintaan dibagiperubahan persentase harga. Apabila elastisitas kurang dari 1, maka pergerakan jumlah permintan lebihkecil dibandingkan pergerakan harga, dan pemintaan dikatakan elastis.
 
Pendapat total jumlah
, jumlah yang harus dibayar untuk sebuah barang, sama dengan barang dikalikan jumlah yang terjual. Untuk kurva permintaan inelastis, pendapatan total meningkat jika harga naik, untukkurva permintaan elastis, pendapatan total menurun jika harga naik.
 
Elastisitas pendapatan dari permintaan mengukur
seberapa besar jumlah permintaan meresponperubahan pendapatan konsumen. Elastisitas harga silang dari permintaan mengukur seberapa besar jumlah permintaan suatu barang merespons perubahan harga barang lainnya.
 
Elastisitas harga penawaran mengukur
seberapa besar jumlah penawaran merespons perubahan harga.Elastisitas ini sering kali bergantung pada jangka waktu yang digunakan. Dalam kebanyakan pasar,penawaran lebih elastis untuk janga panjang dari pada untuk jangka pendek.
 
Elastisitas harga penawaran didefinisikan
sebagai perubahan persentase jumlah penawaran dibagikurang dari 1, maka pergerakan jumlah penawaran lebih kecil dibandingkan pergerakan harga, danpenawaran dikatakan inelastis. Apabila elastisitas kurang lebih dari 1, maka pergerakan jumlah penawaranlebih besar dibandingkan pergerakan harga dan penawaran dikatakan elastis.
 
Perangkat penawaran dan permintaan dapat diaplikasikan dalam berbagai macam pasar yangberbeda
, bab ini menggunakan perangkat-perangkat tersebut untuk menganalisis pasar gandum, pasarminyak, dan pasar obat-obatan terlarang.
Rangkuman Bab 6 Pengantar Ekonomi Mikro Penawaran, Permintaan, dan Kebijakan Pemerintah
 
Batas harga tertinggi adalah harga maksimum sesuai hukum dari suatu barang atau jasa. Contohnya adalahpengendalian sewa. Jika batas harga tertinggi berada di bawah harga keseimbangan, jumlah pemintaanmelebihi jumlah penawaran, karena mengakibatkan kekurangan, penjual harus menjatahkan barang atau jasa diantara pembeli pembelinya, dengan berbagai cara.
 
Harga dasar adalah harga minimum sesuai hukum dari suatu barang atau jasa. Contohnya adalah upahminimum. Jika harga dasar berada di atasa harga keseimbangan, jumlah penawaran melebihi jumlahpermintaan. Karena mengakibatkan surplus, permintaan pembeli harus dijatahkan di antara banyakpenjualnya.
 
Ketika pemerntah menerapkan pajak atas suatu barang, jumlah keseimbangan suatu barang tersebut akanturun. Artinya, pajak mengurangi besarnya pasar dimana ia berada.
 
Pajak atas suatu barang menghasilkan suatu irisan antara harga yang harus dibayar pembeli dengan hargayang diterima penjual. Ketika pasar bergerak menuju keseimbangan baru, pembeli membayar lebih mahaluntuk mendapatkan barang dan penjual menerima lebih sedikit dari penjualan barang tersebut. Dalam halini, baik pembeli maupun penjual sama –sama mengaggung beban pajak. Pembagian beban pajak tidaklahbergantung pada pihak yang dikenai pajak, apakah pembeli atau penjual.
 
Pembagian beban pajak bergantung pada elastisitas harga penawaran dan permintaan. Beban pajakcenderung jatuh lebih banyak dari pada sisi pasar kurang elastis karena sisi pasar tersebut tidak mudahmenanggapi pajak dengan cara menyesuaikan jumlah barang yang dibeli atau dijual.

Activity (196)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
Ishaq Jayabrata added this note
knp kok gak bisa berbagi?????
Jonas Santoso liked this
Marcia Tilman added this note
kenapa ngak bisa download ??? ....
Sayyiedach Jamielach added this note
kok g bsa d download y??
Silviana Apple liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->