Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more ➡
Download
Standard view
Full view
of .
Add note
Save to My Library
Sync to mobile
Look up keyword
Like this
1Activity
×
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
MAKALAH PSIKOLOGI PENDIDIKAN

MAKALAH PSIKOLOGI PENDIDIKAN

Ratings: (0)|Views: 228|Likes:
Published by almoon2

More info:

Published by: almoon2 on Nov 16, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, DOCX, TXT or read online from Scribd
See More
See less

11/07/2013

pdf

text

original

 
 MAKALAH PSIKOLOGI PENDIDIKAN
MAKALAH
 
BIMBINGAN BELAJAR
 
 Disusun Untuk Memenuhi Tugas Mata Kuliah Psikologi Pendidikan
 
DOSEN PENGAMPU:
 
DEWI NOFRITA, S.Pd.I, M.Pd
 
OLEH:
 
ABD.KARMAN
 
ARTAJI
 
MARYATI
 
SUSI SUSANTI
 
ZUKRY AS TOMY
 
PROGRAM STUDI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
 
JURUSAN TARBIYAH
 
SEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM NEGERI (STAIN) AL-FATAH JAYAPURA
 2010
 
 
BAB I
 
PENDAHULUAN
 Psikologi pendidikan dapat diartikan sebagai salah satu cabang psikologi yang secarakhusus mengkaji perilaku individu dalam konteks situasi pendidikan dengan tujuan untuk menemukan berbagai fakta, generalisasi dan teori-teori psikologi berkaitan dengan pendidikan,yang diperoleh melalui metode ilmiah tertentu, dalam rangka pencapaian efektivitas prosespendidikan.Pendidikan memang tidak bisa dilepaskan dari psikologi. Sumbangsih psikologi terhadappendidikan sangatlah besar. Kegiatan pendidikan, khususnya pada pendidikan formal, sepertipengembangan kurikulum, Proses Belajar Mengajar, sistem evaluasi, dan layanan Bimbingandan Konseling merupakan beberapa kegiatan utama dalam pendidikan yang di dalamnya tidak bisa dilepaskan dari psikologi.Masalah belajar adalah merupakan inti dari kegiatan disekolah. Sebab semua disekolahdiperuntukkan bagi berhasilnya proses belajar bagi setiap siswa yang sedang studi disekolahtersebut.Oleh karena itu memberikan pelayanan, bimbingan disekolah berarti pula memberikanpelayanan belajar bagi setiap siswa.Dan masalah bimbingan belajar adalah merupakan bagian yang tidak bisa dipisahkan dalampsikologi pendidikan karena merupakan suatu proses bantuan kepada anak didik yang dilakukansecara terus menerus supaya anak didik dapat memahami dirinya sendiri, sehingga mengarahkandiri dan bertingkah laku yang wajar, sesuai tuntutan dan keadaan lingkungan sekolah, keluargadan masyarakat.
 
BAB II
 
PEMBAHASAN
 
1. Bimbingan Dalam Belajar
 Masalah belajar adalah merupakan initi dari kegiatan disekolah. Sebab semua disekolahdiperuntukkan bagi berhasilnya proses belajar bagi siswa yang sedang studi di sekolah tersebut.Adapun pembagian dalam bimbingan belajar meliputi:
a.
Tujuan dalam belajar
 Dengan rumusan tujuan bimbingan belajar disekolah yaitu suatu proses bantuan kepada anak didik yang dilakukan secara terus menerus supaya anak didik dapat memahami dirinya sendiridan bertingkah laku yang wajar, sesuai tuntutan dan keadaan lingkungan sekolah, keluarga danmasyarakat, jelaslah bahwa yang ingin dicapai dalam bimbingan adalah:Kebahagiaan hidup pribadiKehidupan yang efektif dan produktif Kesanggupan hidup bersama dengan orang lain.Keserasian antara cita-cita siswa dengan kemampuan yang dimilikinya.Keempat hal tersebut adalah merupakan tujuan yang pertama dan utama yaitu tertuju kepadasiswa-siswa sebagai individu yang diberikan bantuan. Tetapi sebenarnya tujuan pada bimbingandisekolah bukan hanya terbatas pada siswa-siswa disekolah saja, tetapi juga bagi sekolah secarakeseluruhan dan masyarakat.
b.
Tujuan Pelayanan Bimbingan bagi Murid 
 Tujuan bimbingan dan penyuluhan bagi murid adalah untuk:a. Membantu dalam memahami tingkah laku orang lain.b. Membantu murid-murid supaya hidup dalam kehidupan yang seimbang antara aspek fisik,mental dan sosial.c. Membantu proses sosialiasi dan sikap sensitive terhadap kebutuhan orang lain.

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->