Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
8Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Laporan Bioper Ikan Tambakan

Laporan Bioper Ikan Tambakan

Ratings: (0)|Views: 413 |Likes:
Published by Arif Hidayat

More info:

Published by: Arif Hidayat on Nov 18, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

03/20/2014

pdf

text

original

 
LAPORAN TETAP PRAKTIKUMBIOLOGI PERIKANANIkan Tambakan (
 Helostoma teminckii
)Oleh :Arif HIdayat05111006021Kelompok IVPROGRAM STUDI BUDIDAYA PERAIRANDAN TEKNOLOGI HASIL PERIKANANFAKULTAS PERTANIANUNVERSITAS SRIWIJAYAINDARLAYA2012
 
I. PENDAHULUANA. Latar Belakang
Biologi perikanan adalah studi mengenai ikan sebagai sumber daya yangdapat dipanen oleh manusia, sedangkan Iktiologi merupakan studi ilmiahmengenai ikan sebagai organisme yang menarik perhatian. Terkadang pengertianistilah biologi ikan ditujukan kepada pengertian fisiologi, reproduksi,pertumbuhan, kebiasaan makanan, tingkah laku dan sebagainya (Effendie, 2002).Biologi Perikanan mencakup biologi ikan, dimana penekanannya terhadapspesies penting bagi sumberdaya. Orang yang mempelajari biologi ikan sebaiknyaberminat terhadap semua aspek biologi ikan. Aspek-aspek biologi ikan yangpaling banyak berhubungan dengan populasi-populasi serta faktor-faktor yangmengontrolnya, membatasi atau mengembangkan populasi. Kecepatanpertumbuhan dan waktu mencapai ukuran rata-rata dari berbagai macam ikan;fekunditas atau jumlah telur yang dihasilkan, dan pola reproduksi, umur padawaktu mencapai kematangan gonad dan nisbah kelamin; kecepatan survival danmortalitas pada tahap-tahap daur hidup; distribusi ekologi, pergerakan dan ruaya;pengaruh penangkapan ikan terhadap jumlah populasi, reproduksi, pertumbuhandan distribusi ukuran; tingkah laku ikan dalam waktu 24 jam atau dari musim kemusim; interaksi-interaksi terhadap spesies lain dan bagaimana spesies lainmempengaruhi produksi spesies yang paling disenangi (Effendie, 2002).Perikanan merupakan suatu bidang ilmu yang terus berubah danberkembang. Sebagai suatu ilmu yang mempelajari segala sesuatu yangberhubungan dengan penangkapan, pemeliharaan dan pembudidayaan ikan, ilmuperikanan sangatlah membantu pencapaian sasaran pembangunan nasional, yaknimasyarakat maritim yang mandiri. Oleh karenanya, ilmu perikanan harussenantiasa dikaji dan dikembangkan terutama oleh para para dosen dan mahasiswaperikanan sebagai ujung tombak dalam pengembangan dan penerapan teknologiperikanan (Fujaya, 2004).
 
Tujuan yang terkandung dalam biologi perikanan diantaranya merupakansuatu usaha agar orang yang mempelajari, mengerti dan memahami sumberdayatersebut secara optimum dan membuat rekomendasi dalam pemanfaatan sertaperbaikannya (Achjar, 1985).Ikan adalah suatu makhluk hidup didalam air dan berdarah dingin, artinyapanas dari badannya cenderung mengikuti panas lingkungannya. Ikan bernapasterutama dengan menghisap hawa dari air dengan menggunakan insangnya, yangterdapat di bagian kiri dan kanan bagian kepala. Selain itu, sewaktu-waktu secaradarurat ikan mengambil hawa dari permukaan air, jika dalam permukaan airterjadi kekurangan hawa (Achjar, 1985).Ikan dapat digolongkan menjadi tiga bagian, yaitu ikan air laut, air tawar,dan air payau atau tambak. Ikan yang hidup di air tawar dan air laut sangatbanyak, sehingga dibedakan menjadi golongan yang dapat dikonsumsi dan ikanhias. Lingkungan hidup ikan air tawar adalah sungai, danau, kolam, sawah, ataurawa. Jenis ikan air tawar yang umum dikonsumsi adalah sidat, belut, gurame,lele, mas, nila merah, tawes, karper, nilem, tembakang, sepat siam, mujair, gabus,toman, betok, jambal, dan jelawat (Achjar, 1985).
B. Tujuan
Tujuan dari praktikum Biologi Perikanan ini adalah :1.
 
dapat melakukan analisis morfometri pada ikan sampel sehingga dapatdiketahui korelasi antara beberapa parameter bagian tubuh dari satu jenis ikan2.
 
dapat melakukan identifikasi individu ikan, serta dapat membedakan ikan jantan dan ikan betina3.
 
mengetahui cara memperoleh indeks kematangan gonad, tingkat kematangangonad, dan menghitung nilai fekunditas dari suatu individu4.
 
dapat menganalisis pola kebiasaan makan dari suatu spesies ikan.5.
 
dapat mengukur diameter telur ikan.

Activity (8)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 thousand reads
1 hundred reads
Tian Putra liked this
Rizkia Aliyah liked this
Titik Fadilah liked this
Izaki liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->