Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Look up keyword
Like this
5Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Nasalis Larvatus

Nasalis Larvatus

Ratings:

4.67

(6)
|Views: 1,335 |Likes:
Published by mu2gammabunta

More info:

Published by: mu2gammabunta on Jan 26, 2009
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC or read online from Scribd
See more
See less

01/13/2013

 
PENDAHULUAN
KEANEKARAGAMAN HAYATI
KONSEP KEANEKARAGAMAN HAYATI
Apabila Anda mendengar kata “Keanekaragaman”, dalam pikiran anda mungkinakan terbayang kumpulan benda yang bermacam-macam, baik ukuran, warna, bentuk,tekstur dan sebagainya. Bayangan tersebut memang tidak salah. Kata keanekaragamanmemang untuk menggambarkan keadaan bermacam-macam suatu benda, yang dapatterjadi akibat adanya perbedaan dalam hal ukuran, bentuk, tekstur ataupun jumlah.Sedangkan kata “Hayati” menunjukkan sesuatu yang hidup. Jadi keanekaragamanhayati menggambarkan bermacam-macam makhluk hidup (organisme) penghuni biosfer.Keanekaragaman hayati disebut juga “Biodiversitas”. Keanekaragaman ataukeberagaman dari makhluk hidup dapat terjadi karena akibat adanya perbedaan warna,ukuran, bentuk, jumlah, tekstur, penampilan dan sifat-sifat lainnya.Sedangkan keanekaragaman dari makhluk hidup dapat terlihat dengan adanya persamaan ciri antara makhluk hidup. Untuk memahami konsep keseragaman dankeberagaman makhluk hidup pergilah Anda ke halaman sekolah. Amati lingkungansekitarnya! Anda akan menjumpai bermacam-macam tumbuhan dan hewan. Jika Anda perhatikan tumbuhan-tumbuhan itu, maka Anda akan menemukan tumbuhan-tumbuhanyang berbatang tinggi, misalnya: palem, mangga, beringin, kelapa. Dan yang berbatangrendah, misalnya: cabe, tomat, melati, mawar dan lain-lainnya. Ada tumbuhan yang berbatang keras, dan berbatang lunak. Ada yang berdaun lebar, tetapi ada pula yang berdaun kecil, serta bunga yang berwarna-warni. Begitu pula Anda akan menemukantumbuhan-tumbuhan yang memiliki kesamaan ciri seperti: tulang daun menyirip atausejajar, sistem perakaran tunggang atau serabut, berbiji tertutup atau terbuka, mahkota bunga berkelipatan 3 atau 5 dan lain-lain. Begitu pula pada hewan-hewan yang Andatemukan, terdapat hewan-hewan yang bertubuh besar seperti kucing, sapi, kerbau, danyang bertubuh kecil seperti semutserta kupu-kupu. Ada hewan berkaki empat, seperti kucing. Berkaki dua seperti ayam.Berkaki banyak seperti lipan dan luwing. Juga akan tampak burung yang memiliki buludan bersayap.Di samping itu, Anda juga akan menemukan hewan yang hidupnya di air seperti:ikan mas, lele, ikan gurame. Dan hewan-hewan yang hidup di darat seperti kucing, burung dan lain-lain. Ada hewan yang tubuhnya ditutupi bulu seperti burung, ayam. Adayang bersisik seperti ikan gurame, ikan mas, dan ada pula yang berambut seperti kucing,kelinci dan lain-lain.Hal itu membuktikan adanya keseragaman dan keberagaman padamahkluk hidup.
 
B E K A N T A N
(
 Nasalis larvatus
)
 Bekantan merupakan salah satu jenis satwa liar yang dilindungi Undang-undang.Penyebaran satwa ini sangat terbatas dan untuk kelangsungan hidupnya memerlukankondisi tertentu. Dibawah ini diuraikan secara singkat mengenai apa dan bagaimanasatwa ini, sehingga kita dapat melangkah untuk menjaga kelestariannya. Nama-Latin:
 Nasalis larvatus
  Nama-Inggris: Proboscis MonkeyStatus : Dilindungi berdasarkan Ordonansi Perlindungan Binatang Liar Tahun 1931 No. 134 dan No. 266 jo UU No. 5 Tahun 1990. Berdasarkan Red Data Book termasuk dalam kategori genting, dimana populasi satwa berada di ambangkepunahan.Di Kalimantan , jenis kera ini dikenal juga denganBentangan, Raseng dan Kahau.
Bekantan(Nasalis larvatus) adalah satwa yang tergolong kedaIam ordo Primata, Famili Cercophithe Cidae,Subfamili Coleginae. Satwa ini hidup endemik diTannan Nasional Gunung Palung dan hutan-hutan dikepulauan Kalmantan. Tidak heran, apabila satwa inidan Orangutan (Pongo pygmaeus) menjadi satwaprimadona Taman Nasional Gunung Palung, sehinggabekantan menjadi logo resmi dan narna buletin BalaiTaman Nasional Gurtung Palung (Nasalis). Bekantandisebut sebagai Kera Belanda, karena memiliki hidung yang menonjol agak lebamenggantung kedepan seperti hidung orang belanda. Selain itu binatang ini disebut jugaBakara, Hakau, Rasung, Pika, Batangan atau dalam bahasa inggris biasa disebut ProboscisMonkey. Selain mempunyai hidung yang panjang, Bekantan juga mempunyai morfologi yangkhas yaitu mempunyai selaput diantara jari kaki dan tangan serta sistem pencenaan yangsama dengan rusa, jerapah. sapi, domba. dan kambing yang disebut Rominansia, dan jugamempunyai sistem sosial yang unik dihabitatnya.
Bekantan (
 Nasalis larvatus
) merupakanspesies primata bukan-manusia yang unik dan dikategorikan dimorfisme seksual. Primatadiurnal ini endemik Borneo (Kalimantan, Sabah, Serawak, Brunei Darussalam). Tubuhnya berwarna coklat kekuningan atau coklat kemerahan; kadang-kadang orang menyebut warnatubuhnya jingga atau oranye. Jantan tidak hanya memiliki tubuh yang ukurannya lebih besar daripada betina tetapi memiliki hidung berbentuk khas yang berbeda dari hidung betina.Hidung si jantan berbentuk seperti umbi menggantung dan berukuran panjang, sedangkanhidung si betina mancung saja, seperti layaknya hidung manusia. Karena warna tubuh dan bentuk hidung demikian, masyarakat sering menyebut bekantan ini kera belanda.Primata inidikenal pandai berenang dan menyelam,bahkan juga sering terlihat sedang berjalan dilumpur.Binatang ini hanya mau makan makanan di atas pohon sehingga pemeliharaan dikebun binatang tergolong tidak mudah.
 
HABITAT
Habitat bekantan sangat terbatas pada tipe hutan rawa gambut,bakau serta sangattergantung pada sungai.Walaupun sebagian kecil ada yang hidup di hutanDipterocarpaceae dan hutan karangas namun masih berada di sekitar sungai
. Hutanyang disukai adalah hutan mangrove (bakau) di dekat muara sungai atau dataran rendah yangdilalui sungai. Mereka biasa hidup berkelompok dengan anggota sampai 20 ekor. Merekamemakan pucuk-pucuk daun dan buah tertentu. Yang paling disukai adalah buah pedada dihutan mangrove.
 
GAMBAR 1.1 GAMBAR 1.2
Kebutuhan hutan ditepi sungai bagi bekantan adalah untuk tempat bermalam dan untuktempat berkomuikasi. Makanan yang dikonsumsi oleh bekantan terdiri dari buah?buahan,bunga, jenis paku-pakuan, cendawan, larva insecta, dan rayap. Sedangkan makanan yangpaling disukai olehnya dan dijadikan sebagai makanan utamanya adalah Gauna Motleyanadan Eugenia Spp. Jenis ini banyak tersebar dipinggiran sungai hingga jauh kedarat. Bekantanmemang pernilih dalam pencarian makanan yang di sukai terutama buah dan daun mudapedada (Sonneratia lanceolata) yang tumuh di hutan bakau sepanjang sungai dekat pantai.Selain itu mereka juga mengkonsunasi pucuk-pucuk dari pohon bakau tempat merekaberistirat dan bermain.

Activity (5)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
Yahya Lee liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->