Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Look up keyword
Like this
0Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
HIPOSPADIA

HIPOSPADIA

Ratings: (0)|Views: 1|Likes:
Published by Prog B Stibeth I

More info:

Published by: Prog B Stibeth I on Nov 19, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

12/04/2012

pdf

text

original

 
HIPOSPADIAKonsep MedisA.
 
DEFINISI
Istilah hipospadia berasal dari bahasa Yunani, yaitu Hypo(below) dan spaden (opening).Hipospadia menyebabkan terjadinya berbagai tingkatan defisiensi uretra.Hipospadia adalah kelainan kongenital berupa muara uretra yang terletak di sebelah ventralpenis dan sebelah proksimal ujung penis. Hipospadia terjadi pada 1 sampai 3 per 1.000kelahiran dan merupakan anomali penis yang paling sering. (Mutaqqin 2011).
Hipospadia adalah suatu kelainan bawaan berupa lubang uretra yang terletak dibagian bawah dekat pangkal penis. (Ngastiyah, 2005 : 288).
B.
 
KLASIFIKASI
Hipospadia dibagi menjadi beberapa tipe menurut letak orifisium uretra eksternum yaitusebagai berikut :1.
 
Tipe sederhana / Tipe AnteriorPada tipe ini, meatus terletak pada pangkal glands penis. Secara klinis, kelainan inibersifat asimtomatik dan tidak memerlukan suatu tindakan. Bila meatus agak sempitdapat dilakukan dilatasi atau meatotomi.2.
 
Tipe penil / Tipe MiddleMiddle yang terdiri dari distal penile, proksimal penile, dan pene-escrotal.Pada tipe ini, meatus terletak antara glands penis dan skrotum. Biasanya disertai dengankelainan penyerta, yaitu tidak adanya kulit prepusium bagian ventral, sehingga penisterlihat melengkung ke bawah atau glands penis menjadi pipih3.
 
Tipe penoskrotal dan tipe perineal / Tipe posteriorPada tipe ini, umumnya pertumbuhan penis akan terganggu, kadang disertai denganskrotum bifida, meatus uretra terbuka lebar dan umumnya testis tidak turun
 
C.
 
ANATOM FISIOLOGI
 
1.
 
URETRA
Uretra merupakan saluran sempit yang berpangkal pada kandung kemih yang berfungsimenyalurkan air kemih keluar.Uretra PriaPada laki-laki uretra berjalan berkelok-kelok melalui tengah-tengah protastat kemudiamenembus lapisan fibrosa yang menembus tulang pubis ke bagian penis panjangnya ± 20cm. Uretra pada laki-laki terdiri dari :
 
Uretra Prostatia
 
Uretra membranosa
 
Uretra kavernosaLapisan uretra laki-laki terdiri dari lapisan mukosa (lapisan paling dalam), dan lapisansubmukosa. Uretra pria mulai dari orifisium uretra interna di dalam vesika urinariasampai orifisium uretra eksterna. Pada penis panjangnya 17,5-20 cm yang terdiri daribagian-bagian berikut :
Uretra prostatika,
merupakan saluran terlebar, panjangnya 3 cm, berjalan hampirvertikulum melalui glandula prostat, mulai dari basis sampai ke apeks dan lebih dekat kepermukaan anterior. Bentuk salurannya seperti kumparan yang bagian tengahnya lebihluas dan makin ke bawah makin dangkal kemudian bergabung dengan pars membran.Potongan tranversal saluran ini menghadap ke depan.Pada dinding posterior terdapat krista uretralis yang berbentuk kulit yang dibentuk olehpenonjolan membran mukosa dan jaringan dibawahnya dengan panjang 15-17 cm tinggi3 cm.
Uretra pars membranasea
, merupakan saluran yang paling pendek dan paling dangkal,berjalan mengarah ke bawah dan ke depan di antara apeks glandula prostata dan bulbusuretra. Pars membranasea menembus diafragma urogenitalis, panjangnya kira-kira 2,5cm, di bawah belakang simfisis pubis diliputi oleh jaringan sfingter uretra membranasea.
Uretra pars kavernous,
merupakan saluran terpanjang dari uretra dan terdapat di dalamkorpus kavernosus uretra, panjangnya kira-kira 15 cm, mulai dari pars membranaseasampai ke orifisium dari diafragma urogentalis. Pada keadan penis berkontraksi, parskarvenosus akan membelok ke bawah dan kedepan. Pars kavernosus ini dangkal sesuaidengan korpus penis 6mm dan berdilatasi ke belakang. Bagian depan berdilatasi di dalamgland penis yang akan membentuk fossa navikularis uretra.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->