Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more ➡
Download
Standard view
Full view
of .
Add note
Save to My Library
Sync to mobile
Look up keyword
Like this
1Activity
×
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
PKM Kewirausahaan

PKM Kewirausahaan

Ratings: (0)|Views: 542|Likes:
Sebuah gagasan PKM mengenai pisang yang diolah menjadi tape beraneka rasa.
Sebuah gagasan PKM mengenai pisang yang diolah menjadi tape beraneka rasa.

More info:

Categories:Types, Research
Published by: Qurotul Novida Priyanto on Nov 19, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, DOCX, TXT or read online from Scribd
See More
See less

12/04/2012

pdf

text

original

 
PKM Kewirausahaan
2012
1
“Pemanfaatan Buah Pisang Sebagai Olahan Bahan Pangan Tape” 
 
A.
 
JUDUL PROGRAM
“Pemanfaatan Buah Pisang seba
gai Olahan Bahan Pangan Tape
 
B.
 
LATAR BELAKANG MASALAH
Pangan merupakan kebutuhan pokok yang sangat penting bagi setiap manusia didunia. Bahan pangan yang dibutuhkan setiap manusiapun harus memiliki kandunganyang tidak berbahaya. Setiap negara selalu berusaha untuk menyediakan bahan panganyang cukup untuk memenuhi kebutuhan penduduknya dengan mengawasi keamananserta kandungan gizi produk pangannya. Salah satu upaya untuk memenuhi kebutuhanpangan adalah dengan cara pengolahan bahan pangan yang akan dikonsumsi.Dalam pengolahan bahan pangan sering terjadi kesalahan yang dilakukancontohnya adalah kasus keracunan makanan yang terjadi di masyarakat. Problematikamendasar pengolahan makanan yang dilakukan masyarakat lebih disebabkan budayapengolahan bahan pangan yang kurang berorientasi terhadap kebersihan, nilai gizi, sertaketerbatasan pengetahuan dan desakan ekonomi sehingga masyarakat lebih memikirkankeuntungan untuk membantu masalah perekonomian mereka sehingga masalahpengolahan bahan pangan yang berkualitas terabaikan. Kasus yang sedang hangatmenyeruak adalah semakin maraknya penggunaan formalin dan borak dalam campuranproduk olahan makanan pokok masyarakat dengan berbagai dalih untuk menambah rasadan keawetan makanan tanpa memperdulikan efek bahan berbahaya yang digunakanterhadap kesehatan masyarakat yang mengkonsumsinya.Bahan pangan berupa sayur-sayuran dan buah-buahan merupakan komoditaspertanian yang paling mudah untuk diolah serta dalam memiliki rentan waktu untuk mengkonsumsinya. Dalam proyek ini, akan membahas komoditas pertanian berupa buah-buahan. Sebagian buah bersifat musiman atau dengan kata lain tidak berbuah sepanjangmasa. Hal ini menyebabkan pada musim-musim tertentu produksi buah musimanmenjadi sangat melimpah, sedangkan pada masa yang lain buah ini sangat sulit untuk ditemukan. Kondisi seperti ini menyebabkan naiknya nilai ekonomis pada buah musimandan menurunnya nilai ekonomis pada komoditas buah yang mudah ditemukan sehari-hari.Pisang adalah tanaman buah berupa herba yang berasal dari kawasan asia tenggara(termasuk Indonesia). Rasanya yang manis membuat banyak yang senang mengonsumsibuah ini. Pisang memiliki banyak jenis dengan beberapa kandungan yang berbeda.
 
PKM Kewirausahaan
2012
2
“Pemanfaatan Buah Pisang Sebagai Olahan Bahan Pangan Tape” 
 
Misalnya pisang ambon, raja, kepok, susu, dan lain sebagainya. Klasifikasi botanitanaman pisang adalah sebagai berikut:Divisi : SpermatophytaSub divisi : AngiospermaeKelas : MonocotyledonaeKeluarga : MusaceaeGenus : MusaSpesies : Musa spp.Pisang memiliki banyak gizi yang merupakan sumber vitamin, mineral, dan jugakarbohidrat. Dalam tanaman pisang berbagai bagiannya dapat dimanfaatkan. Daunpisang dipakai sebagi pembungkus berbagai macam makanan trandisional Indonesia.Batang pisang abaca diolah menjadi serat untuk pakaian, kertas dsb. Batang pisang yangtelah dipotong kecil dan daun pisang dapat dijadikan makanan ternak ruminansia(domba, kambing) pada saat musim kemarau dimana rumput tidak/kurang tersedia.Secara tradisional, air umbi batang pisang kepok dimanfaatkan sebagai obat disentri danpendarahan usus besar sedangkan air batang pisang digunakan sebagai obat sakit kencingdan penawar racun.Buah pisang sangat prospektif sebagai bahan baku industri. Hal tersebut karenakemudahan dalam mendapatkan bahan baku, serta berbagai produk dapat diolah daribuah pisang sehingga dapat meningkatkan nilai tambah. Pengolahan berbagai produk olahan dapat meningkatkan penganekaragaman pangan serta memberikan alternatif dalam memasarkan produk baik dalam bentuk buah segar maupun dalam bentuk olahan.Bentuk-bentuk olahan buah pisang antara lain tepung pisang, sale pisang, sari buahpisang, keripik pisang, selai pisang, sambal pisang, ice cream pisang, buah pisang dalamsirup, dan dodol pisang. Melalui program ini, kami mengajukan bentuk olahan baruberupa tape pisang.
C.
 
PERUMUSAN MASALAH
Berdasarkan latar belakang masalah di atas, maka permasalahan yang akan dibahasdalam program ini adalah sebagai berikut :a.
 
Bagaimanakah memanfaatkan buah pisang sebagai olahan bahan pangan tape yangdapat dikonsumsi oleh masyarakat dengan biaya yang terjangkau ?b.
 
Bagaimanakah prospek bisnis tape pisang ?
 
PKM Kewirausahaan
2012
3
“Pemanfaatan Buah Pisang Sebagai Olahan Bahan Pangan Tape” 
 
D.
 
TUJUAN PROGRAM
Tujuan yang hendak dicapai dengan adanya program kewirausahaan ini diantarannyayaitu :a.
 
Menyosialisasikan manfaat dari buah pisang sebagai olahan bahan panganpembuatan tape.b.
 
Mengoptimalkan potensi buah pisang di daerah sasaran agar tidak tersia-siakan.c.
 
Memberikan alternatif kepada masyarakat tentang olahan bahan pembuatan tape,yang tidak hanya terbatas pada ketela pohon.d.
 
Berorientasi pada profit, sebagaimana layaknya wirausahawan.e.
 
Dapat menumbuhkembangkan budaya berwirausaha di kalangan mahasiswa sebagailangkah awal terciptanya wirausaha baru.
E.
 
LUARAN YANG DIHARAPKAN
Adapun luaran yang diharapkan dari program ini adalah sebagai berikut :a.
 
Tersosialisasikannya manfaat buah pisang sebagai olahan bahan pangan pembuatantape.b.
 
Masyarakat dapat memanfaatkan potensi buah pisang sehingga tidak terbuang begitusaja.c.
 
Terciptanya olahan produk tape pisang sebagai alternatif makanan tape yang dapatdipasarkan dan dikonsumsi oleh masyarakat.d.
 
Masyarakat dapat membuat olahan produk pangan dari buah pisang berupa tapepisang sebagai bahan pangan alternatif.e.
 
Meningkatkan karya kreativitas inovatif dalam terciptanya peluang usaha baru bagimahasiswa yang bermanfaat dan tepat guna bagi masyarakat.
F.
 
KEGUNAAN PROGRAM
Adapun kegunaan program kreativitas ini adalah sebagai berikut :
 
Untuk Diri SendiriProgram ini akan melatih dan meningkatkan kemampuan mahasiswa dalamberkomunikasi dengan masyarakat serta meningkatkan peran dan kepedulianmahasiswa dalam mengatasi permasalahan pangan di masyarakat denganmemberikan solusinya serta meningkatkan kreativitas inovatif mahasiswa dalammenemukan hasil karya yang dapat dimanfaatkan sebagai peluang usaha.

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->