Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
1Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
PANGGUL WANITA

PANGGUL WANITA

Ratings: (0)|Views: 375|Likes:

More info:

Categories:Types, Resumes & CVs
Published by: Restu Permata Janing Kusniaharsinta on Nov 21, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

12/03/2012

pdf

text

original

 
PANGGUL WANITA (BIDANG -UKURANNYA) 21.16 Diposkan oleh Bidan Febri
 A. Panggul terdiri atas
1. Bagian keras yang dibentuk oleh tulang2. Bagian yang lunak dibentuk oleh otot
 – 
otot dan ligamentum
 B. Bagian Keras Panggul 
 
Tulang panggul terdiri atas empat tulang :
 1. 2 tulang pangkal paha (ossa coxae)2. 1 tulang kelangkang (os sacrum)3. 1 tulang tungging (os coccygis)
C. Tulang pangkal paha (ossa coxae) terdiri dari
 
 a. Tulang usus (os ilium)
 1. Merupakan tulang terbesar dari panggul dan membentuk bagian atas dan belakang daripanggul.2. Bagian atas merupakan pinggir tulang yang tebal yang disebut crista iliaca.3. Ujung depan maupun belakang dari crista iliaca menonjol disebut spina iliaca anteriorsuperior dan spina iliaca posterior superior.4. Sedikit dibawah spina iliaca anterior superior terdapat tonjolan tulang lagi ialah spina iliacaanterior inferior, sedangkan sebelah bawah spina iliaca posterior superior terdapat spina iliacaposterior inferior.5. Dibawah spina iliaca posterior inferior terdapat tekik (lekuk) yang disebut incisuraischiadica mayor.6. Pada os ilium terdapat lajur ialah linea innominata (linea terminalis) yang menjadi batasantara panggul besar dan panggul kecil.
 b. Tulang duduk (os ischium)
 1. Terdapat sebelah bawah dari tulang usus2. Pinggir belakang berduri disebut Spina Ischiadica3. Dibawah spina ischiadica terdapat incisura ischiadica minor. Pinggir bawah tulang duduk sangat tebal, bagian inilah yang mendukung berat badan kalau kita duduk dan disebut tuberischiadicum.
 c. Tulang kemaluan (os pubis)
 1. Terdapat sebelah bawah dan depan dari tulang usus. Dengan tulang duduk, tulang ini
 
membatasi sebuah lubang dalam tulang panggul yang disebut foramen obturatorium.2. Tangkai tulang kemaluan yang berhubungan dengan tulang usus disebut rasmus superiorossis pubis.3. Sedangkan yang berhubungan dengan tulang duduk disebut rasmus inferior ossis pubis.4. Rasmus inferior kiri dan kanan membentuk arcus pubis.
 D. Tulang kelangkang (os sacrum)
 1. Berbentuk segitiga2. Melebar diatas dan meruncing kebawah3. Terletak sebelah belakang antara kedua pangkal paha4. Terdiri dari 5 ruas tulang bersenyawa5. Permukaan depannya cekung dari atas kebawah maupun dari samping ke samping6. Kiri dan kanan dari garis tengah nampak lima buah lobang disebut foramina sacraliaanteriora.7. Lubang ini dilalui urat
 – 
urat syaraf yang akan membentuk flexus dan pembuluh darah kecil8. Flexus sacralis ini melayani tungkai, oleh karena itu kadang-kadang penderita merasa nyeriatau kejang di kaki, kalau flexus sacralis ini tertekan pada waktu kepala turun ke dalamrongga panggul.9. Permukaan belakang tulang kelangkang gembung dan kasar. Di garis tengahnya terdapatderetan duri disebut crista sacralis10. Ke atas tulang kelangkang berhubungan dengan ruas ke 5 tulang pinggang11. Bagian atas dari sacrum yang mengadakan perhubungan ini menonjol ke depan disebutpromontorium.
 E. Tulang tungging (os coxigis)
 1. Berbentuk segitiga dan terdiri atas 3-5 ruas bersatu2. Pada persalinan ujung tulang tungging dapat ditolak sedikit ke belakang, hingga ukuranpintu bawah panggul bertambah besar
 F. Ruang Panggul (Pelvis Cavity)
 (1) Pelvis major (false pelvis)(2) Pelvis minor (true pelvis)Pevis major terletak di atas linea terminalis yang di bawah disebut pelvis minor.
G. Pintu Panggul 
 (1) Pintu atas panggul (PAP) = Disebut Inlet dibatasi oleh promontorium, linea inominata dan
 
pinggir atas symphisis.(2) Ruang tengah panggul (RTP) kira-kira pada spina ischiadica, disebut midlet(3) Pintu Bawah Panggul (PBP) dibatasi simfisis dan arkus pubis, disebut outlet(4) Ruang panggul yang sebenarnya (pelvis cavity) berada antara inlet dan outlet.
 H. Inklinasi panggul / miring panggul 
 yaitu sudut antara pintu atas panggul dengan bidang sejajar tanah, pada wanita yang berdirisudut ini 55 derajad.
 I. Menentukan ukuran panggul Ukuran panggul dapat ditentukan secara:
 1. Klinik (pelvimetri klinik)2. Rontgen pelvimetri
1. Pelvimetri Klinik Pintu atas panggul 
 Ukuran terpenting dari pintu atas panggul adalah konjugata vera yang dapat diukur secaratidak langsung yaitu dengan mengukur konjugata diagonalis dengan pemeriksaan dalam:1,5
 – 
2 cm (CV = CD
 – 
1,5)Pada panggul yang normal promontorium tidak dapat diraba dengan pemeriksaan dalamkarena konjugata diagonalis cukup panjang. Sedangkan pada panggul yang sempitpromotorium dapat diraba.
 Pintu atas panggul dianggap normal bila:
 a. CD > 11,5 cmb. Multigravida dengan riwayat obstetric yang baik c. Pada primigravida setelah kehamilan 36 minggu, kepala sudah masuk pintu atas panggul
Ukuran terbesar kepala sudah melewati pintu atas panggul 
 1. Pemeriksaan luar: Leopold IV divergen2. Pemeriksaan dalam:Jarak bidang pintu atas panggul sampai spina iskhiadika adalah 5 cm, jarak bidang biparietaladalah 3-4 cm. Maka jika bagian terendah kepala sudah mencapai spina iskhiadika atau lebihrendah, berarti ukuran terbesar kepala sudah melewati pintu atas panggul.

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->