Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
1Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Pengaruh Pembelajaran Bahasa Inggris Terhadap Karakter Anak Usia Dini(1)

Pengaruh Pembelajaran Bahasa Inggris Terhadap Karakter Anak Usia Dini(1)

Ratings: (0)|Views: 78 |Likes:

More info:

Published by: Ditha Cutegirl'z D'angeLiey on Nov 21, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

11/02/2013

pdf

text

original

 
75
PENGARUH PEMBELAJARAN BAHASA INGGRISTERHADAP KARAKTER ANAK USIA DINI
Oleh: Melinda Roza.
1
Abstract
Foreign language teaching in Indonesia isstill not optimal since most of the application of the teaching concerns much on the language,not the use of the langauge. Thus, the studentsare only get the theory about the language andlack of practicing the language itself.Foreign language, especially English, for children may influence their attitude towardIndonesian as their second language and their first language or their mother tongue. It alsoinfluences their character since foriegnlanguage brings its culture and the children canabsorb and imitate it easily .
Kata Kunci
:
Bahasa Asing, Karakter. Anak UsiaDini
Pendahuluan
Pengajaran bahasa asing di Indonesia, dalam tulisanini adalah bahasa Inggris ternyata dirasakan masih kurangoptimal. Hal ini terlihat dari hasil pembelajaran bahasaasing yang tidak bisa menunjukkan hasil yang cukup bisadibanggakan. Dalam pembelajaran bahasa Inggris, anakcenderung hanya diberi pengetahuan tentang struktur
1
Lektor bidang Language Teaching Method pada IAINRaden Intan Lampung.
 
82
Bersab Vol. 1 No. 1 Januari 2012
bahasa asing saja, tapi kurang diterapkan dalamkomunikasi sehari-hari. Akhirnya, anak hanya menerimateori tanpa dibarengi dengan praktik yang mendukung.Selain itu, pembelajaran bahasa Inggris di negara kitaternyata juga membawa pengaruh yang cukup signifikanterhadap rasa cinta tanah air dan nasionalisme, sertakebanggaan terhadap budaya dan bahasa Indonesiasendiri. Ini menjadi ironis karena bahasa Indonesiamenjadi asing di negerinya.Berdasarkan hal tersebut, perlu perhatian baik daripihak sekolah, khususnya guru, orang tua, dan kesadarandari diri anak agar rasa nasionalisme dan kebanggaanterhadap bahasa Indonesia tetap terjaga. Yang menjadi permasalahan adalah Bagaimanakahpengaruh pengajaran bahasa Inggris terhadappemerolehan bahasa anak?; Bagaimana pengaruhpengajaran bahasa Inggris bagi anak terhadap karakterdan kebanggaan pada bahasa Indonesia?Opeeh karena itu penelitian ini ditujukan untuk:Mendeskripsikan pengaruh pengajaran bahasa Inggristerhadap kemampuan bahasa anak; dan Mendeskripsikanpengaruh pengajaran bahasa Inggris terhadap karakterdan kebanggaan pada bahasa daerah dan nasional, jikabahasa Inggris diajarkan sejak usia kanak-kanak.A.
Pemerolehan Bahasa Asing
Istilah bahasa asing atau second language digunakanuntuk menggambarkan bahasa-bahasa yangpemerolehannya atau penguasaannya dimulai setelahmasa anak-anak awal (early childhood), termasuk bahasaketiga atau bahasa-bahasa lain yang dipelajari kemudian.Dalam istilah lain, bahasa-bahasa yang dipelajari ini jugadikenal dengan istilah bahasa target (target language).
 
81
Pengaruh Pembelajaran Bahassa Inggris terhadapKarakter Anak Usia Dini/ Melinda Roza.
Mempelajari bahasa asing kemudian dianggapsebagai kebutuhan karena adanya saling ketergantunganyang terjadi antara berbagai negara karena adanyaglobalisasi. Bahasa asing dipelajari untuk memenuhikeperluan di bidang ekonomi, pendidikan, pariwisata, danpolitik.Proses pemerolehan bahasa asing tidak samadengan pemerolehan bahasa asing. Jika dalam bahasapertama, siswa belum menguasai bahasa apapun danbahasa pertama berkembang sesuai denganperkembangan fisik dan psikisnya. Maka, padapemerolehan bahasa asing siswa sudah mampumenguasai bahasa pertama dengan baik dan bahasakedua berkembang tidak seiring dengan perkembanganfisik dan psikisnya. Bahasa pertama dipelajari secarainformal dengan sadar dan motivasi tinggi karena siswamembutuhkannya untuk berkomunikasi dan berinteraksidengan masyarakat yang ada dalam kelompoknya.Sedangkan, bahasa asing dipelajari secara formal danmotivasi yang umumnya tidak terlalu tinggi karenabahasa ini tidak digunakan secara intens untukberkomunikasi dengan masyarakat sekitarnya. Hal inilahyang menjadi alasan mengapa siswa cenderung lamauntuk menguasai bahasa asing, seperti bahasa Inggris.Beberapa hal yang menjadi aspek pembelajaranbahasa asing antara lain adalah:1.Kemampuan bahasaUmumnya, saat seseorang ingin mempelajari bahasaasing, ia akan mengambil pendidikan formal dan melaluites kemampuan berbahasa yang dilakukan oleh lembagakursus bahasa untuk menilai seberapa tinggi bakatbahasa yang dimilikinya. Ujian yang seperti ini biasadigunakan untuk memprediksi kemampuan para siswa.

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->