Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
4Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Bahan Khotbah Ibadah Pemuda Jumat 9 Nov 2012

Bahan Khotbah Ibadah Pemuda Jumat 9 Nov 2012

Ratings: (0)|Views: 1,101 |Likes:
Published by Rain Noel Sualang

More info:

Published by: Rain Noel Sualang on Nov 21, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

06/22/2013

pdf

text

original

 
Bahan khotbah Ibadah Pemuda Tingkat Jemaat GMIM BethesdaRanotana.9 November 2012Roma 12:1-2112:1Karena itu, saudara-saudara, demi kemurahan Allah akumenasihatkan kamu, supaya kamu mempersembahkantubuhmu sebagai persembahan yang hidup, yang kudus danyang berkenan kepada Allah: itu adalah ibadahmu yangsejati.12:2 Janganlah kamu menjadi serupa dengan dunia ini, tetapiberubahlah oleh pembaharuan budimu, sehingga kamudapat membedakan manakah kehendak Allah: apa yangbaik, yang berkenan kepada Allah dan yang sempurna.12:3Berdasarkan kasih karunia yang dianugerahkan kepadaku,aku berkata kepada setiap orang di antara kamu: Janganlahkamu memikirkan hal-hal yang lebih tinggi dari pada yangpatut kamu pikirkan, tetapi hendaklah kamu berpikir begiturupa, sehingga kamu menguasai diri menurut ukuran iman,yang dikaruniakan Allah kepada kamu masing-masing.12:4Sebab sama seperti pada satu tubuh kita mempunyaibanyak anggota, tetapi tidak semua anggota itu mempunyaitugas yang sama,12:5demikian juga kita, walaupun banyak, adalah satu tubuh didalam Kristus; tetapi kita masing-masing adalah anggotayang seorang terhadap yang lain.12:6Demikianlah kita mempunyai karunia yang berlain-lainanmenurut kasih karunia yang dianugerahkan kepada kita: Jikakarunia itu adalah untuk bernubuat baiklah kitamelakukannya sesuai dengan iman kita.12:7 Jika karunia untuk melayani, baiklah kita melayani; jikakarunia untuk mengajar, baiklah kita mengajar;12:8 jika karunia untuk menasihati, baiklah kita menasihati. Siapayang membagi-bagikan sesuatu, hendaklah ia
 
melakukannya dengan hati yang ikhlas; siapa yang memberipimpinan, hendaklah ia melakukannya dengan rajin; siapayang menunjukkan kemurahan, hendaklah ia melakukannyadengan sukacita.12:9Hendaklah kasih itu jangan pura-pura! Jauhilah yang jahatdan lakukanlah yang baik.12:10Hendaklah kamu saling mengasihi sebagai saudara dansaling mendahului dalam memberi hormat.12:11 Janganlah hendaknya kerajinanmu kendor, biarlah rohmumenyala-nyala dan layanilah Tuhan.12:12Bersukacitalah dalam pengharapan, sabarlah dalamkesesakan, dan bertekunlah dalam doa!12:13Bantulah dalam kekurangan orang-orang kudus danusahakanlah dirimu untuk selalu memberikan tumpangan!12:14Berkatilah siapa yang menganiaya kamu, berkatilah dan jangan mengutuk!12:15Bersukacitalah dengan orang yang bersukacita, danmenangislah dengan orang yang menangis!12:16Hendaklah kamu sehati sepikir dalam hidupmu bersama; janganlah kamu memikirkan perkara-perkara yang tinggi,tetapi arahkanlah dirimu kepada perkara-perkara yangsederhana. Janganlah menganggap dirimu pandai!12:17 Janganlah membalas kejahatan dengan kejahatan;lakukanlah apa yang baik bagi semua orang!12:18Sedapat-dapatnya, kalau hal itu bergantung padamu,hiduplah dalam perdamaian dengan semua orang!12:19Saudara-saudaraku yang kekasih, janganlah kamu sendirimenuntut pembalasan, tetapi berilah tempat kepada murkaAllah, sebab ada tertulis: Pembalasan itu adalah hak-Ku.Akulah yang akan menuntut pembalasan, firman Tuhan.12:20 Tetapi, jika seterumu lapar, berilah dia makan; jika ia haus,berilah dia minum! Dengan berbuat demikian kamumenumpukkan bara api di atas kepalanya.12:21 Janganlah kamu kalah terhadap kejahatan, tetapikalahkanlah kejahatan dengan kebaikan!
 
Latar belakang kitab Roma.
Surat Roma ini merupakan surat Paulus yang paling panjang,paling teologis, dan paling berpengaruh. Mungkin karena alasan-alasan itulah surat ini diletakkan di depan ketiga belas suratnyayang lain. Paulus menulis surat ini dalam rangka pelayananrasulinya kepada dunia bukan Yahudi. Bertentangan dengantradisi gereja Katolik-Roma, jemaat di Roma tidak didirikan olehPetrus atau rasul yang lain. Jemaat di Roma ini mungkin didirikanoleh orang dari Makedonia dan Asia yang bertobat di bawahpelayanan Paulus, mungkin juga oleh orang-orang Yahudi yangbertobat pada hari Pentakosta (Kis 2:10). Paulus tidakmemandang Roma sebagai wilayah khusus dari rasul lain (Rom 15:20).Roma 12:2 Janganlah kamu menjadi serupa dengan dunia ini,tetapi berubahlah oleh pembaharuan budimu, sehingga kamudapat membedakan manakah kehendak Allah: apa yang baik,yang berkenan kepada Allah dan yang sempurna.
Tema khotbah: Jangan menjadi serupa dgn dunia ini
Pdt. DR. George Barna – pendiri The Barnas Research Group diAmerika Serikat pernah mengatakan: “Setiap hari, gerejamenjadi seperti dunia”. Keadaan ini sungguh memprihatinkan.Sebab banyak gereja yang gaya hidup berjemaat_nya sudahmenjadi serupa dengan dunia. Padahal seharusnya gerejalahyang mengubah dunia.
Begitu byk anak muda skrg menjadi serupa dengan dunia

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->