Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
1Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Progress Report

Progress Report

Ratings: (0)|Views: 9 |Likes:
Published by Aziz Pilar Syefiaji

More info:

Published by: Aziz Pilar Syefiaji on Nov 21, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

12/29/2013

pdf

text

original

 
 1
A.
 
LATAR BELAKANG MASALAH
Indonesia merupakan Negara hukum yang berarti negara yang berdasarkan hukum, tidak berdasarkan kekuasaan, dan pemerintahanya berdasarkan sistem konstitusi ( hukum dasar )bukan absolitme (kekuasaan yang tidak terbatas ). Perwujudan negara hukum negara Indonesiaadalah Pancasila dan UUD 1945. Dalam rangka menegakkan keadilan serta menyelesaikanmasalah di masyarakat yang menyangkut tentang Tata Usaha Negara maka didirikanlahPengadilan Tata Usaha Negara (PTUN). Peradilan Tata Usaha Negara adalah saah satu pelakukekuasaan kehakiman untuk rakyat yang mencari keadilan terhadap sengketa Tata Usaha Negara.PTUN diciptakan untuk menyelesaikan sengketa antara pemerintah, badan-badan usaha danwarga Negara. Dengan demikian PTUN ditujukan untuk melindungi hak-hak warga Negara yangdilanggar akibat tindakan-tindakan yang dilakukan pemerintah.Dalam kasus yang akan dibahas, Pengadilan Tata Usaha Negara yang berkedudukan diSemarang menyelenggarakan peradilan tentang pemberhentian dengan tidak hormat seorangPegawai Negeri Sipil yang bekerja sebagai Guru di SD Negeri 3 Klinting, Kecamatan Somagede,Kabupaten Banyumas oleh Bupati Banyumas berdasarkan Surat Keputusan Bupati Banyumas.
 
 2
B.
 
PERMASALAHAN
 
Duduk permasalahan yang dihadapi oleh seorang mantan Pegawai Negeri Sipil yangbekerja sabagai Guru di SD Negeri 3 Kliting, Kecamatan Somagede KabupatenBanyumas yang menggugat Bupati Banyumas serta jalannya persidangan.
 
Putusan Pengadilan Tata Usaha Negara Semarang
 
 3
C.PEMBAHASAN MASALAH
a)
 
TENTANG DUDUKNYA PERKARA
Perkara antara Muhammad Taufiq,S.Pd. (penggugat) sebagai mantan guru PNS di SDN03 Klinting Kecamatan Somagede Kabupaten Banyumas dengan Bupati Banyumas, dengan suratgugatan tertanggal 7 Mei 2007 telah didaftarkan pada Kepaniteraan Pengadian Tata UsahaNegara Semarang pada tanggal 8 Mei 2007.
 
Adapun duduk persoalannya yaitu, penggugat adalah seorang PNS yang diberhentikandengan tidak hormat berdasarkan Surat Keputusan Bupati Banyumas Nomor: 888/044/2007tentang Pemberhentian Tidak Dengan Hormat sebagai Pegawai Negeri Sipil A.n.Sdr.Muhammad Taufiq,S.Pd.(penggugat). Surat Keputusan Bupati Banyumas tentang PemberhentianTidak Dengan Hormat atas nama penggugat tersebut, diterima oleh penggugat pada 29 Maret2007 di kantor Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kabupaten Banyumas di Purwokertosehingga masih dalam tenggang waktu 90 hari sebagaimana dimaksud pasal 55 Undang-Undangnomor 5 Tahun 1986. Penggugat merasa keberatan dengan Surat Keputusan Bupati Banyumastentang Pemberhentian Tidak Dengan Hormat atas nama penggugat tersebut sehingga Penggugatmengajukan gugatan kepada Tergugat kepada Pengadilan Tata Usaha Negara di Semarangtentang pembatalan Surat Keputusan Bupati Banyumas Nomor: 888/044/2007 tanggal 24 Maret2007.Sebagai alasan pertama gugatan Penggugat tersebut adalah didasarkan pada Pasal 53Ayat (2) huruf a Undang-Undang Nomor 9 tahun 2004 tentang Peradilan Tata Usaha Negarayakni Keputusan Tata Usaha Negara yang digugat itu bertentangan dengan Perundang-undanganyang berlaku adalah Penggugat sebelum Surat Keputusan Bupati Banyumas tentangPemberhentian Tidak Dengan Hormat sebagai Pegawai Negeri Sipil atas nama Penggugatdikeluarkan, Penggugat tidak pernah dipanggil oleh Badan Kepegawaian Daerah KabupatenBanyumas atau pejabat ain yang berwenang untuk membela diri, sehingga dapat dinilai bahwa

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->