Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more ➡
Download
Standard view
Full view
of .
Add note
Save to My Library
Sync to mobile
Look up keyword
Like this
2Activity
×
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Sifat-Sifat Bagi Rasul

Sifat-Sifat Bagi Rasul

Ratings: (0)|Views: 174|Likes:
Published by Fitriyanty Sholihat

sifat-sifat para rasul

sifat-sifat para rasul

More info:

Published by: Fitriyanty Sholihat on Nov 21, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, DOC, TXT or read online from Scribd
See More
See less

10/27/2013

pdf

text

original

 
SIFAT NABAWIYYAH
Diajukan Untuk Melengkapi Tugas Mata Kuliah Al-Islam 1Oleh,
FITRIYANTY SHOLIHATHERRY NURFAJARMATYN APRIYUDAWINDY WIDIAWATIWINY NUR AMALINA
UNIVERSITAS ISLAM NUSANTARAFAKULTAS TEKNIK INFORMATIKA2012/2013
1
 
KEWAJIBAN BERIMAN KEPADA RASUL
Setiap orang Islam wajib beriman kepada rukun Iman yang keempat yaitu imankepada rasul. Jika ada yang tidak mempercayai atau tidak beriman kepada rasul, bisamenyebabkan imannya rusak. Orang yang mentaati rasul berarti mentaati Allah SWT.
SIFAT PARA RASUL
Sebagaimana para malaikat, yang selalu patuh kepada perintah Allah, dan tidakpernah sekalipun melanggar larangan Allah, maka para nabi dan rasul Allah juga demikian.Mereka adalah orang-orang yang dijaga Allah dari perbuatan yang dapat mendatangkandosa. Para nabi dan Rasul adalah orang yang selalu melaksanakan perintah Allah danmenjauhi larangannya. Allah telah menjaga para nabi dan rasul dari terjerumus ke dalamperbuatan dosa, sejak mereka baru lahir, begitu pula setelah diangkat menjadi nabi danrasul.Telah diyakini bahwa para rasul yang diutus Allah, mereka adalah laki lakimerdeka yang telah dipilih dengan sempurna dan dilengkapi dengan keistimewaan yangtidak dimiliki makhluk biasa. Begitu pula telah diberikan kepada mereka sifat-sifatkesempurnaan dengan tujuan untuk menguatkan risalah yang dibawa. Maka Allah telahmenganugerahkan kepada mereka empat sifat kesempurnaan, yang wajib dimiliki olehseorang rasul, yaitu Shidiq (benar), Amanah (dipercaya), Tabligh (menyampaikan) danFathanah (cerdas).
SIFAT WAJIB BAGI RASUL
2
 
1.Shidiq (benar)
Shiddiq artinya benar. Bukan hanya perkataannya yang benar, tapi juga perbuatannya juga benar. Sejalan dengan ucapannya. Beda sekali dengan pemimpin sekarang yangkebanyakan hanya kata-katanya yang manis, namun perbuatannya berbeda denganucapannya.Seperti di tuliskan dalam ayat Al-Quran Surah An-Najm (4)
“Ucapannya itu tiada lain hanyalah wahyu yang diwahyukan (kepadanya).” 
2.
Amanah (dipercaya)
Amanah berarti bisa dipercaya baik dhahir atau bathin. Sedangkan yang dimaksud disini bahwa setiap rasul adalah dapat dipercaya dalam setiap ucapan dan perbuatannya.Para rasul akan terjaga secara dhahir atau bathin dari melakukan perbuatan yangdilarang dalam agama, begitu pula hal yang melanggar etika.
“Sesungguhnya aku adalah seorang rasul kepercayaan (yang diutus) kepadamu.” 
(Asy-Syuara’ :143)
3

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->