Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
2Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Model Pembelajaran Inkuiri

Model Pembelajaran Inkuiri

Ratings: (0)|Views: 67 |Likes:
Published by Riyan Stsetia

More info:

Published by: Riyan Stsetia on Nov 21, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

07/14/2013

pdf

text

original

 
Pembelajaran Inkuiri
Pembelajaran inkuiri merupakan kegiatan pembelajaran yang melibatkan secaramaksimal seluruh kemampuan siswa untuk mencari dan menyelidiki sesuatu(benda, manusia atau peristiwa) secara sistematis, kritis, logis, analitis sehinggamereka dapat merumuskan sendiri penemuannya dengan penuh percaya diri.Pembelajaran inkuirimenekankan kepada proses mencari dan menemukan. Materipelajaran tidak diberikan secara langsung. Peran siswa dalam pembekajaran iniadalah mencari dan menemukan sendiri materi pelajaran, sedangkan guruberperan sebagai fasilitator dan pembimbing siswa untuk belajar. Pembelajaraninkuiri merupakan rangkaian kegiatan pembelajaran yang menekankan padaproses berpikir kritis dan analitis untuk mencari dan menemukan sendiri jawabandari suatu masalah yang dipertanyakan. Proses berpikir itu sendiri biasanyadilakukan melalui tanya jawab antara guru dan siswa. Pembelajaran ini sering juga dinamakan pembelajaran
heuristic,
yang berasal dari bahasa Yunani, yaitu
heuriskein
yang berarti “
saya menemukan:
.Joyce (Gulo, 2005) mengemukakan kondisi-kondisi umum yang merupakansyarat bagi timbulnya kegiatan inkuiri bagi siswa, yaitu : (1) aspek sosial di dalamkelas dan suasana bebas-terbuka dan permisif yang mengundang siswa berdiskusi;(2) berfokus pada hipotesis yang perlu diuji kebenarannya; dan (3) penggunaanfakta sebagai evidensi dan di dalam proses pembelajaran dibicarakan validitas danreliabilitas tentang fakta, sebagaimana lazimnya dalam pengujian hipotesis.
B. Ciri-ciri Pembelajaran Inkuiri
Pembelajaran inkuirimemiliki beberapa ciri, di antaranya:
Pertama
, pembelajaran inkuiri menekankan kepada aktivitas siswa secaramaksimal untuk mencari dan menemukan. Artinya, pada pembelajaran inkuirimenempatkan siswa sebagai subjek belajar. Dalam proses pembelajaran, siswatidak hanya berperan sebagai penerima materi pelajaran melalui penjelasan gurusecara verbal, tetapi mereka berperan untuk menemukan sendiri inti dari materipelajaran itu sendiri.
Kedua
, seluruh aktivitas yang dilakukan siswa diarahkan untuk mencari danmenemukan jawaban sendiri dari sesuatu yang dipertanyakan, sehinggadiharapkan dapat menumbuhkan sikap percaya diri
(self belief).
Dengan demikian,pada pembelajaran inkuiri menempatkan guru bukan sebagai satu-satunya sumberbelajar, tetapi lebih diposisikan sebagai fasilitator dan motivator belajar siswa.Aktivitas pembelajaran biasanya dilakukan melalui proses tanya jawab antaraguru dan siswa. Karena itu kemampuan guru dalam menggunakan teknik bertanyamerupakan syarat utama dalam melakukan inkuiri. Guru dalam mengembangkansikap inkuiri di kelas mempunyai peranan sebagai konselor, konsultan, teman
 
yang kritis dan fasilitator. Ia harus dapat membimbing dan merefleksikanpengalaman kelompok, serta memberi kemudahan bagi kerja kelompok.
Ketiga
, tujuan dari pembelajaran inkuiri adalah mengembangkan kemampuanberpikir secara sistematis, logis, dan kritis, atau mengembangkan kemampuanintelektual sebagai bagian dari proses mental. Dengan demikian, dalampembelajaran pembelajaran inkuiri siswa tidak hanya dituntut untuk menguasaimateri pelajaran, akan tetapi bagaimana mereka dapat menggunakan potensi yangdimilikinya. Manusia yang hanya menguasai pelajaran belum tentu dapatmengembangkan kemampuan berpikir secara optimal. Sebaliknya, siswa akandapat mengembangkan kemampuan berpikirnya manakala ia bisa menguasaimateri pelajaran.
C. Prinsip-Prinsip Pembelajaran Inkuiri
 Pembelajaran inkuiri mengacu pada prinsip-prinsip berikut ini:1.
 
Berorientasi pada Pengembangan Intelektual.
Tujuan utama daripembelajaran inkuiri adalah pengembangan kemampuan berpikir. Dengandemikian, pembelajaran ini selain berorientasi kepada hasil belajar jugaberorientasi pada proses belajar.2.
 
Prinsip Interaksi.
Proses pembelajaran pada dasarnya adalah prosesinteraksi, baik interaksi antara siswa maupun interaksi siswa dengan guru,bahkan interaksi antara siswa dengan lingkungan. Pembelajaran sebagaiproses interaksi berarti menempatkan guru bukan sebagai sumber belajar,tetapi sebagai pengatur lingkungan atau pengatur interaksi itu sendiri.3.
 
Prinsip Bertanya.
Peran guru yang harus dilakukan dalam menggunakanpembelajaran ini adalah guru sebagai penanya. Sebab, kemampuan siswauntuk menjawab setiap pertanyaan pada dasarnya sudah merupakansebagian dari proses berpikir. Dalam hal ini, kemampuan guru untuk bertanya dalam setiap langkah inkuiri sangat diperlukan. Di samping itu,pada pembelajaran ini juga perlu dikembangkan sikap kritis siswa denganselalu bertanya dan mempertanyakan berbagai fenomena yang sedangdipelajarinya.4.
 
Prinsip Belajar untuk Berpikir.
Belajar bukan hanya mengingatsejumlah fakta, akan tetapi belajar adalah proses berpikir
(learning how tothink),
yakni proses mengembangkan potensi seluruh otak. Pembelajaranberpikir adalah pemanfaatan dan penggunaan otak secara maksimal.5.
 
Prinsip Keterbukaan.
Pembelajaran yang bermakna adalah pembelajaranyang menyediakan berbagai kemungkinan sebagai hipotesis yang harusdibuktikan kebenarannya. Tugas guru adalah menyediakan ruang untuk memberikan kesempatan kepada siswa mengembangkan hipotesis dansecara terbuka membuktikan kebenaran hipotesis yang diajukannya.
 
D. Langkah-Langkah Pelaksanaan Pembelajaran Inkuiri
 Proses pembelajaran inkuiri dilakukan melalui tahapan-tahapan sebagai berikut:1.
 
 Merumuskan masalah
; kemampuan yang dituntut adalah : (a) kesadaranterhadap masalah; (b) melihat pentingnya masalah dan (c) merumuskanmasalah.2.
 
 Mengembangkan hipotesis
; kemampuan yang dituntut dalammengembangkan hipotesis ini adalah : (a) menguji dan menggolongkandata yang dapat diperoleh; (b) melihat dan merumuskan hubungan yangada secara logis; dan merumuskan hipotesis.3.
 
 Menguji jawaban tentatif;
kemampuan yang dituntut adalah : (a) merakitperistiwa, terdiri dari : mengidentifikasi peristiwa yang dibutuhkan,mengumpulkan data, dan mengevaluasi data; (b) menyusun data, terdiridari : mentranslasikan data, menginterpretasikan data danmengkasifikasikan data.; (c) analisis data, terdiri dari : melihat hubungan,mencatat persamaan dan perbedaan, dan mengidentifikasikan trend,sekuensi, dan keteraturan.4.
 
 Menarik kesimpulan;
kemampuan yang dituntut adalah: (a) mencari poladan makna hubungan; dan (b) merumuskan kesimpulan5.
 
 Menerapkan kesimpulan dan generalisasi
 
E, Keunggulan dan Kelemahan Pembelajaran Inkuiri
 Pembelajaran inkuiri merupakan pembelajaran yang banyak dianjurkan, karenamemiliki beberapa keunggulan, di antaranya:1.
 
Pembelajaran ini merupakan pembelajaran yang menekankan kepadapengembangan aspek kognitif, afektif, dan psikomotor secara seimbang,sehingga pembelajaran melalui pembelajaran ini dianggap jauh lebihbermakna.2.
 
Pembelajaran ini dapat memberikan ruang kepada siswa untuk belajarsesuai dengan gaya belajar mereka.3.
 
Pembelajaran ini merupakan strategi yang dianggap sesuai denganperkembangan psikologi belajar modern yang menganggap belajar adalahproses perubahan tingkah laku berkat adanya pengalaman.4.
 
Keuntungan lain adalah dapat melayani kebutuhan siswa yang memilikikemampuan di atas rata-rata. Artinya, siswa yang memiliki kemampuanbelajar bagus tidak akan terhambat oleh siswa yang lemah dalam belajar.Di samping memiliki keunggulan, pembelajaran ini juga mempunyai kelemahan,di antaranya:1.
 
Sulit mengontrol kegiatan dan keberhasilan siswa.2.
 
Sulit dalam merencanakan pembelajaran oleh karena terbentur dengankebiasaan siswa dalam belajar.

Activity (2)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 hundred reads

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->