Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
5Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
metode tafsir ijmali

metode tafsir ijmali

Ratings: (0)|Views: 525|Likes:
Published by Tri Wahyudi Ramdhan

More info:

Categories:Types, Resumes & CVs
Published by: Tri Wahyudi Ramdhan on Nov 23, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

07/02/2013

pdf

text

original

 
 
METODE TAFSIR IJMALI DAN TAHLILI
 
Muhammad Zuhirsyan
 
Pendahuluan
Al-Quran datang kehadapan kaum Arab kala itu dengan format dan
uslub
yang tidak pernah mereka kenal sebelumnya serta keindahan gaya bahasa yang tak tertandingi oleh paratokoh dan pakar bahasa waktu itu. Kitab suci ini telah menantang para pujangga dan tokoh-tokoh penyair Arab untuk membuat tandingan bagi Al-Quran, mulai dari terberat/membuatsatu saja (
Q.S. Yunus : 38
), bahkan yang kurang dari satu surah (
Q.S Al Baqarah : 23
).Namun tidak satupun dari tantangan tersebut dapat mereka yakini, malah merekamengatakan,
“ sesungguhnya orang ini (Muhammad) benar 
-benar dalah tukang sihir yang
nyata”
(
Q.S Yunus; 2
). Di lain kesempatan mereka mengatakan bahwa Al-Quran hanyalahmitos belaka. Sebagaimana disebutkan dalam surah Al-
Furqan : 5 “
dan mereka berkata :dongeng-dongeng orang terdahulu, dimintanya supaya dituliskan, maka dibacakanlahkepadanya dongeng itu setiap pagi dan petang
”.
 Bangsa Arab pada waktu Al-Quran diturunkan dapat mengetahui kemukjizatan Al-Quranmelalui
 fitrah
(kemapuan yang dibawa sejak lahir) yang mereka milik i
1
,tanpa melaluipenilitian terlebih dahulu. Hal ini dapt dimaklumi karena nalar bahasa mereka pada masa itutinggi, dan belum banyak berbaur dengan bangsa non Arab. Diantara bukti konkrit yangdicatat sejarah adalah pernyataan Al-Muhgirah (salah seorang tokoh Quraisy), yang sangattakjub setelah mendengar keindahan bahasa Al Qur'an. Bahkan diantara mereka (musyrikin
Quraisy) ada yang langsung sujud setelah mendengar bacaan ayat: “
 Fashda‟ bima tukmar wa„a‟ridh „anil musyrikin”.
Ketika
 
ditanya,”apakah kamu telah masuk Islam ?Orang tersebutmenjawab: “tidak, tapi saya telah mendengar perkataan yang sangat menabjubkan”.
2
 
Al Qur'an sebagai petunjuk bagi seluruh umat manusia, merupakan suatu pedomanyang harus ditegak dan dijalankan. Kandungan isi Al Qur'an memiliki beberapa ajarankehidupan, agar seorang hamba kelak menemukan kebahagian baik di dunia dan terkhusus diakhirat. Al Qur'an laksana samudra yang keajaiban dan keunikannya tidak akn pernah sirnaditelan masa, sehingga muncullah bermacam-macam tafsir dengan metode yang beranekaragam pula. Kitab-kitab tafsri yang memenuhi perpustakaan merupakan suatu bukti yangmenunjukkan betapa tingginya dan besarnya semangat dan perhatian para ulama dalammenggali serta memahami makna-makna, dan juga pesan-pesan yang terkadung di dalam AlQur'an.Perkembangan sejarah Al Qur'an telah mengalami kemajuan pesat, baik pada keberadaan daneksisitensi Al Qur'an itu sendiri, maupun kajian-kajian yang berhubungan dengannya. Lebihdari seratus cabang ilmu pengetahuan yang bersumber dari Al Qur'an, dan salah satunyaadalah tafsir Al Qur'an al Karim.Fungsi dan kedudukan ilmu tafsir sangat tinggi dalam kajian-kajian ulum Al Qur'an. KalamAllah ini sarat mengandung hukum, norma-norma dan ilmu pengetahuan yang banyak, makakegunaan tafsir ini diantaranya adalah untuk memahami dan mengetahui maksud Allahmengenai syariat-Nya, akidah dan petunjuk-petunjuk lainnya.Dalam makalah sederhana ini, akan dikemukakan isnya Allah, salah satu metode penafsiranyang sering kita dengar, yakni metode penafsiran ijmali dan metode penafsiran tahlili, sertaselanjutnya akan dibahas bagaimana penafsiran dengan metode ini serta kelebihan dankekurangan kedua metode ini.B. Pengertian Metode Penafsiran Al Qur'anKata metode dalam kamus besar bahasa Indonesia diadopsi dari kata methodos dalam bahasaYunani. Kata tersebut terdiri dari dua kata yakni metha, yang berarti menuju, melalui,mengikuti, dan kata hodos yang berarti jalan, perjalanan, cara, arah. Kata methodos sendiriberarti penelitian, metode ilmiah, hipotesa ilmiah, uraian ilmiah.
3
 Dalam bahasa Inggris, katatersebut ditulis dengan method dan dalam bahasa Arab diterjemahkan dengan
manhaj
atau
 
thariqah
. Dalam bahasa Indonesia kata tersebut mengandung arti cara yang teratur terpikirbaik-baik untuk mencapai maksud (dalam ilmu pengetahuan dan juga lainnya), cara kerjayang bersistem untuk memudahkan pelaksanaan suatu kegiatan untuk mencapai sesuatu yangditentukan.
4
 Dalam hal ini, metode merupakan salah satu sarana terpenting untuk mencapai tujuan yangtelah ditetapkan. Dengan demikian, studi tafsir Al Qur'an tidak terlepas dari metodepenafsiran, yakni cara sistematis untuk mencapai pemahaman yang benar tentang maksudAllah di dalam Al Qur'an, baik yang didasarkan pada pemakaian sumber-sumberpenafsirannya, sistem penjelasan tafsiran-tafsirannya, keluasan kejelasan tafsiranny maupunyang didasarkan pada sasaran dan sistematika ayat yang ditafsirkannya.Pernyataan segaligus definisi diatas, secara implisit, memberikan indikasi bahwa metodemengandung seperangkat kaedah dan aturan yang harus diperhatikan oleh mufassir agarterhindar dari kesalahan dan penyimpangan dalam menafsirkan Al Qur'an.
5
 Sebelum memulai pembahasan tafsir ijmali dan tahlili, penulis terlebih dahulumengemukakan pengertian tafsir, dan definisi ijmali serta tahlili.Secara etimologi tafsir adalah menjelaskan dan menerangkan serta menyatakan. Dan menurutistilah banyak pendapat ulama dalam mendefinisikannya diantaranya adalah;1.
 
Al Kilbiy dalam at Tashiel menyatakan:
: 
.
6
 Tafsir ialah: Mensyarahkan Al Qur'an, menerangkan maknanya dan menjelaskan apa yangdikehendakinya dengan nashnya atau dengan isyaratnya, atau dengan najuannya.
 
2.
 
Zarkasiy dalam al Burhan mendefinisikan tafsir dengan
: 
.
7
 Tafsir adalah menerangkan makna-makna Al Qur'an dan mengeluarkan hukum-hukumnyadan hikmah-hikmahnya.
 
3.
 
al Jurjaniy berkata:

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->