Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more ➡
Download
Standard view
Full view
of .
Add note
Save to My Library
Sync to mobile
Look up keyword
Like this
7Activity
×
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
ASPEK EKONOMI & SOSIAL (studi kelayakan bisnis)

ASPEK EKONOMI & SOSIAL (studi kelayakan bisnis)

Ratings: (0)|Views: 2,847|Likes:
Published by Agustina Dwi

More info:

Published by: Agustina Dwi on Nov 23, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, DOCX, TXT or read online from Scribd
See More
See less

07/05/2013

pdf

text

original

 
BAB 7. ASPEK EKONOMI & SOSIAL
A.
 
PENGERTIAN ASPEK EKONOMI & SOSIAL
 Setiap usaha yang dijalankan, tentunya akan memberikan dampak positif dan negative. Dampakposittif dan negative ini akan dapat dirasakan oleh berbagai pihak, baik bagi perusahaan itusendiri, pemerintah, ataupun masyarakat luas. Dalam aspek ekonomi dan social dampak positif yang diberikan dengan adanya investasi lebih ditekankan kepada masyarakat khususnya danpemerintah umumnya.Bagi masyarakat adanya investasi ditinjau dari aspek ekonomi adalah akan memberikan peluanguntuk meningkatkan pendapatannya. Sedangkan bagi pemerintah dampak positif yangdiperoleh adalah aspek ekonomi memberikan pemasukan berupan pendapatan baik bagipemerintah pusat maupun pemerintah daerah.Lebih dari itu yang terpenting adalah ada yang mengelola dan mengatur sumber daya alam yangbelum terjamah. Sebaliknya, dampak negative pun tidak akan terlepas dari aspek ekonomi,misalnya pekerja dari luar daerah sehingga mengurangi peluang bagi masyarakat sekitarnya.Dampak positif dari aspek social bagi masyarakat secara umum adalah tersedianya sarana danprasarana yang dibutuhkan, seperti pembangunan jalan, jembatan, listrik dan sarana lainnya.Kemudian bagi pemerintah dampak negatif dari aspek social adanya perubahan demografi disuatu wilayah, perubahan budaya dan kesehatan masyarakat. Dampak negative dalam aspeksocial termasuk terjadinya perubahan gaya hidup, budaya, adat istiadat dan struktur sosiallainnya.Jadi, dalam aspek ekonomi dan social yang perlu di telaah apakah jika usaha atau proyekdijalankan akan memberikan manfaat secara ekonomi dan sosial kepada berbagai pihak atausebaliknya. Oleh karena itu, aspek ekonomi dan social ini perlu dipertimbangkan, karenadampak yang akan ditimbulkan nantinya sangat luas apabila salah dalam melakukan penilaian.Diharapkan dari aspek ekonomi dan sosial, yanga akan dijalankan akan memberikan dampakyang positif lebih banyak. Artinya, dengan berdirinya usaha atau proyek secara ekonomi dansosial lebih banyak memberikan manfaat di bandingkan kerugiannya.B.
 
DAMPAK YANG TIMBUL
 Secara garis besar dampak dari aspek ekonomi dengan adanya suatu usaha atau investasi,misalnya pendirian suatu pabrik, antara lain :1.
 
Dapat meningkatkan ekonomi rumah tangga melalui :
 
a.
 
Peningkatan tingkat pendapatan keluarga. Dengan adanya suatu investasi akanmemberikan peningkatan kepada masyarakat, terutama bagi mereka yang dapatditerima bekerja di lokasi pabrik maupun mereka yang bekerja di luar lokasi pabrikdengan cara berdagang atau lainnya.b.
 
Perubahan pola nafkah. Di beberapa wilayah kehadiran pabrik atau suatu usaha akanmengubah pola hidup masyarakat. Misalnya, semula masyarakat hidup dari pertanian,dengan kehadiran pabrik banyak yang beralih profesi menjadi karyawan pabrik.c.
 
Adanya pola nafkah ganda. Bagi masyarakat di sekitar lokasi usaha di samping tetapmempertahankan pekerjaan semula seperti bertani, mereka juga bekerja sebagaikaryawan, sehingga memperoleh penghasilan ganda.d.
 
Tersedianya jumlah dan ragam produk barang dan jasa di masyarakat, sehinggamasyarakat punya banyak pilihan untuk produk yang diinginkan. Banyaknya ragamproduk dan jasa pada akhirnya akan meningkatkan kemasan, harga, mutu produk dan jasa, sehingga hal ini juga berpengaruh terhadap harga jual di pasaran.e.
 
Membuka kesempatan kerja bagi masyarakat sekaligus mengurangi pengangguran,karena setiap proyek/usaha baru yang didirikan pasti akan membutuhkan tenaga kerjatambahan dan hal ini tentu saja akan membuka peluang bagi tenaga kerja yang belummendapatkan pekerjaan atau masih menganggur.f.
 
Tersedianya sarana dan prasarana dengan dibukanya suatu proyek atau usaha dapatpula memberikan fasilitas bagi masyrakat luas maupun pemerintah seperti dibangunnya:. jalan raya. listrik. telpon. sekolah. sekolah. rumah ibadah. pusat perbelanjaan. sarana hiburan2.
 
Menggali, mengatur dan menggunakan ekonomi sumber daya alam melalui :
 
a.
 
Pemilikan dan penguasaan sumber daya alam yang teratur, artinya kepemilikan diaturberdasarkan luas lahan, jangan sampai masyrakat kehilangan kesempatan. Demikianpula dengan penguasaan sumber daya alam juga diatur sedemikian rupa.b.
 
Penggunaan lahan yang efesien dan efektif, penggunaan lahan yang benar-benarmemberikan manfaat kepada berbagai pihak.c.
 
Peningkatan nilai tambah sumber daya alam.d.
 
Peningkatan sumber daya alam lainnya yang belum terjamah, terutama untuk wilaya-wilayah yang masih terisolasi.3.
 
Meningkatkan perekonomian pemerintah baik local maupun regional melalui :a.
 
Menambah peluang dan kesempatan kerja dan berusaha bagi masyarakat.b.
 
Memberikan nilai tambah proses manufaktur.c.
 
Menambah jenis dan jumlah aktivitas ekonomi nonformal di masyarakat.d.
 
Pemerataan pendistribusian pendapatan.e.
 
Menimbulkan efek ganda ekonomi.f.
 
Peningkatan Produk Domestik Regional Bruto (PDRB).g.
 
Peningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD).h.
 
Menambah pusat-pusat pertumbuhan ekonomi di daerah tertentu.i.
 
Menyediakan fasilitas umum yang sangat dibutuhkan masyarakat. j.
 
Menghemat devisa apabila produk dan jasa yang dihasilkan dapat mengurangipemakaian impor dan jasa dari luar negeri.k.
 
Memperoleh pendapatan beruoa pajak dari sumber-sumber yang dikelola olehperusahaan, baik dari perndapatan penjualan maupun dari pajak lainnya. Meningkatkandevisa Negara, jika produk atau jasa yang akan di produksi di buat untuk diekspor, baikuntuk bahan baku maupun bahan jadi.4.
 
Pengembangan daeraha.
 
Meningkatkan pemerataan pembangunan (dengan prioritas pembangunan di daerahtertentu). Biasanya untuk proyek-proyek tertentu pemerintah menetapkan wilayah ataudaerah tertentu yang hanya di buka. Dengan tujuannya adalah untuk pemerataanpembangunan dan pembukaan wilayah yang selama ini terisolasi di seluruh wilayahIndonesia.b.
 
Meningkatkan persatuan dan kesatuan bangsa, di mana setiap adanya proyek barubiasanya berdatangan tenaga kerja dari berbagai wilayah.

Activity (7)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
Agassi Auau liked this
kaisar_gurning liked this
shantyran liked this
Dewi Purnama liked this
Agustina Dwi liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->