Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more ➡
Download
Standard view
Full view
of .
Add note
Save to My Library
Sync to mobile
Look up keyword
Like this
1Activity
×
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Aspek Keuangan

Aspek Keuangan

Ratings: (0)|Views: 336|Likes:
Published by Agustina Dwi

More info:

Published by: Agustina Dwi on Nov 23, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, DOCX, TXT or read online from Scribd
See More
See less

12/04/2012

pdf

text

original

 
BAB IVAspek Keuangan
A.
 
Pengertian Aspek Keuangan
Investasi yang dilakukan dalam berbagai bidang bisnis (usaha), sudah barang tentumemerlukan sejumlah modal (uang), disamping keahlian lainnya. Modal yang digunakan untukmembiayai suatu bisnis, mulai dari biaya pra-investasi, biaya investasi dalam aktiva tetap hinggamodal kerja.Untuk pertama kali modal digunakan untuk membiayai biaya pra-investasi dan sepertipengurusan izin-izin dan pembuatan studi usaha. Kemudian selanjutnya yang harus dikeluarkanadalah untuk pembelian aktiva tetap seperti pembelian tanah, pendirian bangunan ataugedung, pembelian mesin-mesin dan aktiva tetap lainnya. Modal juga digunakan untuk biayaoperasi pada saat bisnis tersebit dijalankan, misalnya untuk biaya bahan baku, gaji dan biayaoperasi lainnya. Besarnya modal untuk investasi yang diperlukan tergantung dari jenis bisnisyang akan digarap.Untuk memenuhi kebutuhan investasi modal dapat dicari dari berbagai sumber dana yangada. Sumber dana yang dicari dapat dipilih, apakah dengan cara menggunakan modal sendiriatau modal pinjaman (modal asing). Penggunaan masing-masing modal tergantung dengantujuan penggunaan modal, jangka waktu serta jumlah yang diinginkan perusahaan. Masing-masing modal memiliki keuantungan dan kerugian. Hal ini dapat dilihat dari segi biaya, waktu,persyaratan untuk memperolehnya dan jumlah yang dapat dipenuhi.Masalah yang perlu memperoleh perhatian berkaitan dengan perolehan modal adalah masapengembalian modal dalam jangka waktu tertentu. Tingkat pengembalian ini tergantung dariperjanjian dan estimasi keuntungan yang akan diperoleh pada masa-masa mendatang. Besarkecilnya keuntungan sangat berperan dalam pengembalian dana suatu usaha. Oleh karena ituperlu dibuatkan estimasi pendapatan dan biaya sebelum usaha dijalankan.Dalam membuat estimasi pendapatan yang akan diperoleh di masa yang akan dating perludilakukan perhitungan secara cermat dengan membandingkan data dan informasi yang adasebelumnya. Semua ini tentunya menggunakan asumsi-asumsi tertentu yang akhirnya akandituangkan dalam aliran kas (
cash flow 
) perusahaan selama periode usaha. Tujuannya adalahuntuk menilai apakah investasi ini layak atau tidak dijalankan dilihat dari aspek keuangan. Alatukur untuk menentukan kelayakan suatu usaha berdasarkan criteria investasi dapat dilakukanmelalui pendekatan
Payback Period 
(PP),
 Average Rate of Return
(ARR),
Net present Value
 (NPV),
Internal Rate of Return
(IRR),
Profitability Index 
(PI) dan
Break Even Point 
.Secara keseluruhan penilaian dalam aspek keuangan meliputi hal-hal seperti :1.
 
Sumber-sumber dana yang akan diperoleh.2.
 
Kebutuhan biaya investasi3.
 
Estimasi pendapatan dan biaya investasi selama beberapa periode termasuk jenis-jenis dan jumlah biaya yang dikeluarkan selama umur investasi.4.
 
Proyeksi neraca dan laporan laba/rugi untuk beberapa periode ke depan.5.
 
Criteria penilaian investasi6.
 
Rasio keuangan yang digunakan untuk menilai kemampuan perusahaan.
 
B.
 
Sumber-sumber Dana
Untuk mendanai suatu kegiatan investasi maka biasanya diperlukan dana yang relativecukup besar. Perolehan dana dapat dicari dari berbagai sumber dana yang ada seperti darimodal sendiri atau dari modal pinjaman atau keduanya. Dalam praktiknya kebutuhan modaluntuk melakukan investasi terdiri dari 2 macam yaitu modal investasi dan modal kerja. Modalinvestasi digunakan untuk membeli aktiva tetap seperti tanah bangunan, mesin-mesin,peralatan serta inventaris lainnya dan biasanya modal investasi diperoleh dari pinjaman yangberjangka waktu panjang (di atas satu tahun). Sedangkan modal kerja yaitu modal yangdigunakan untuk membiayai operasional perusahaan selama perusahaan beroperasi. Jangkawaktu penggunaannya relative pendek yaitu untuk satu tahun atau beberapa siklus operasiperusahaan (satu tahun). Modal kerja digunakan untuk membeli bahan baku, gaji karyawan danbiaya pemeliharaan serta biaya-biaya lainnya.Penggunaan kedua jenis modal baik untuk modal investasi maupun modal kerja jelasberbeda. Dilihat dari segi sumber asalnya, modal dibagi 2 macam, yaitu :1.
 
Modal AsingModal asing atau modal pinjaman merupakan modal yang diperoleh dari pihak luarperusahaan dan biasanya diperoleh secara pinjaman. Keuntungan modal pinjaman adalah jumlahnya yang relative tidak terbatas, artinya tersedia dalam jumlah banyak.Sumber dana dari modal asing dapat diperoleh antara lain dari :a.
 
Pinjaman dari dunia perbankanb.
 
Pinjaman dari lembaga keuangan seperti perusahaan modal ventura, asuransi,
leasing,
dana pensiun atau lembaga keuangan lainnya.c.
 
Pinjaman dari perusahaan nonbank.2.
 
Modal SendiriModal sendiri adalah modal yang diperoleh dari pemilik perusahaan dengan caramengeluarkan saham baik secara tertutup atau terbuka. Keuntungan menggunakan modalsendiri untuk membiayai suatu usaha adalah tidak adanya beban biaya bunga seperti modalpinjaman. Perusahaan hanya berkewajiban membayar deviden. Pembayaran devidendilakukan jika perusahaan memperoleh keuntungan dan besarnya dividen tergantung darikeuntungan perusahaan.Perolehan dana dari modal sendiri biasanya berasal dari :a.
 
Setoran dari pemegang saham.b.
 
Dari cadangan laba.c.
 
Atau dari laba yang belum dibagi.
 
C.
 
Biaya Kebutuhan Investasi
Investasi dilakukan dalam berbagai bentuk dan digunakan untuk membeli asset-aset yangdibutuhkan usaha tersebut. Asset-asset ini biasanya berupa asset tetap yang dibutuhkanperusahaan mulai dari pendirian sampai bisa dioperasikan.Komponen yang terkandung dalam biaya kebutuhan investasi biasanya disesuaikan dengan jenis usaha yang dijalankan. Secara umum komponen biaya kebutuhan investasi adalah sebagaiberikut :1.
 
Biaya Pra-investasi terdiri dari :a.
 
Biaya pembuatan studib.
 
Biaya pengurusan izin-izin2.
 
Biaya Pembelian Aktiva Tetap seperti :a.
 
Aktiva tetap berwujud antara lain :
 
Tanah
 
Mesin-mesin
 
Bangunan
 
Peralatan
 
Inventaris kantor
 
Aktiva berwujud lainnyab.
 
Aktiva tetap tidak berwujud antara lain :
 
Good will 
 
Hak Cipta
 
 
Lisensi
 
 
Merek Dagang
 
3.
 
Biaya Operasional yang terdiri dari :a.
 
Upah dan gaji karyawanb.
 
Biaya listrikc.
 
Biaya telepon dan aird.
 
Biaya pemeliharaane.
 
Pajakf.
 
Premi asuransig.
 
Biaya pemasaranh.
 
Biaya-biaya lainnyaSumber pembiayaan untuk memenuhi kebutuhan investasi dapat digunakan modal sendiri ataumodal pinjaman atau kombinasi dari keduanya.

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->