Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more ➡
Download
Standard view
Full view
of .
Add note
Save to My Library
Sync to mobile
Look up keyword
Like this
15Activity
×
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Makalah Zaman Purba

Makalah Zaman Purba

Ratings: (0)|Views: 1,826|Likes:
Makalah Zaman Purba
karya tulis Zaman Purba
Zaman megalitikum
Makalah Zaman Purba
karya tulis Zaman Purba
Zaman megalitikum

More info:

Categories:Types, School Work
Published by: Rhesa Theodore Muliawan on Nov 23, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, DOCX, TXT or read online from Scribd
See More
See less

11/03/2013

pdf

text

original

 
1
Kata Pengantar
Puji syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa atas segala limpahan Rahmatnya sehingga saya dapat menyelesaikan penyusunan Makalah ini dalambentuk maupun isinya yang sangat sederhana. Semoga Makalah inidapat dipergunakan sebagai salah satu acuan dalam belajar, sebagaipetunjuk maupun pedoman.Saya berharap semoga makalah ini dapat membantu menambahpengetahuan dan pengalaman bagi para pembaca, sehingga saya dapatmemperbaiki bentuk maupun isi Makalah ini sehingga kedepannya dapatlebih baik.Makalah ini masih banyak kekurangan. Oleh kerena itu saya harapkankepada para pembaca untuk memberikan masukan-masukan yangbersifat membangun untuk kesempurnaan Makalah ini.
 
Bekasi, Januari 2012Penulis
 
2
Daftar Isi
Halaman JudulKata
Pengantar………………………………………………………………………………………
1
Daftar Isi…………………………………………………………………………………………………
2
Pendahuluan…………………………………………………………………………………………..
3Bab 1
Zaman Batu…………………………………………………………………………………………….
5Bab 2
Zaman Logam………………………………………………………………………………………
.12Bab 3Jenis-
Jenis Manusia Purba…………………………………............................
.14Bab 4
Corak Kehidupan Prasejarah Indonesia Dan Hasil Budayanya………….1
7
Galeri Foto…………………………………………………………………………………………….
20
 
3
Pendahuluan
1.1 Latar Belakang
Sebagian besar para ilmuwan berpendapat bahwa manusia hidup sekitar 2 juta tahun yang lalu.Tetapi manusia barangkali berawal dari perkembangan leluhurnya yang hidup pertama kali 4 jutatahun yang lalu. Leluhur pra-manusia adalah mahkluk yang menyerupai manusia yang berjalantegak dengan ukuran yang kecil.Para ilmuwan yakin bahwa manusia dan kera besar, seperti simpanse, gorilla, orang utan berasaldari leluhur yang sama. Fosil-fosil makhluk kuno yang menyerupai manusia dan kera besarmenunjukkan kesamaan, termasuk kesamaan ukuran otak.Kisah evolusi manusia pun dimulai dengan adanya perubahan iklim. Kira-kira 15 juta tahun yangsilam suatu jalur hutan tropik mulai mengering ketika jumlah curah hujan menurun. Jalur itumembentang dari pantai timur Afrika menembus Arabia dan India sampai Asia Tenggara. Hutan-hutan yang lebat itu menipis lalu menghilang di seluruh tempat kecuali di daerah paling basahyang berada di tepi-tepi sungai dan danau sehingga terbentanglah daerah luas sabana dan tanahhutan terbuka. Pada awal masa perubahan ekologi ini terjadi evolusi Ramapithecus, yakni matarantai antara manusia dan primata yang lain.Manusia modern pertama muncul sekitar 100 ribu tahun yang lalu di Timur tengah dan Afrika.Manusia ini memiliki dagu, dahi yang tinggi, dan wajah yang lebih kecil dan tidak terlalumenonjol dibandingkan dengan wajah awal Homo sapiens. Manusia modern awal juga tidak memiliki tulang alis besar dan memiliki tengkorak yang lebih tinggi dan lebih bulat. Parailmuwan mengklasifikasikan manusia modern sebagai Homo sapiens sapiens, yakni sub spesiesdari Homo sapiens. Para ahli Antropologi yakin bahwa manusia modern pertama adalahperkembangan dari tipe awal Homo sapiens.Perbedaan Ras manusia berhubungan erat dengan asal-usul manusia. Fisik manusia modernberubah secara bertahap dari satu tempat ke tempat lainnya, sehingga sulit untuk menggambarkan garis pemisah diantara mereka. Kelompok manusia yang telah tinggal selamaribuan tahun di suatu tempat di bagian bumi ini, cenderung akan berbeda penampilannyadibandingkan dengan kelompok manusia lainnya yang tinggal di bagian lain bumi.

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->