Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Look up keyword
Like this
1Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
TUGAS UAS ISBD

TUGAS UAS ISBD

Ratings: (0)|Views: 6 |Likes:
Published by Lalan Sarmento

More info:

Published by: Lalan Sarmento on Nov 23, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

04/03/2014

pdf

text

original

 
STIA Maulana Yusuf Banten
1
Nama :
Lalan Rayatullah
 NPM : 0943102010028Kelas : Non RegulerSemester : 3 (tiga)Mata Kuliah : Ilmu Sosial Budaya DasarKeterangan : Tugas UAS
BUDAYA ULU-ULUPengelolaan Sumber Daya Air di Perdesaan(Desa Panosogan Kecamatan Cikeusal Kabupaten Serang)
Masalah pengairan merupakan bagian penting dari setiap kebudayaan danorganisasi sosial didalam komunitas masyarakat perdesaan yang mayoritas bergelut dengan pertanian, Sumber Daya Air tidak hanya berguna untuk memenuhi kebutuhan dasar sehari-hari, tetapi juga sebagai sumber daya utamauntuk kegiatan ekonomi produktif mereka. Pengaturan Sumber Daya Air ini,seperti melalui sistem irigasi, telah dikenal masyarakat Sunda (Jawa Barat) danBanten sejak abad ke-V dan makin diperkuat ketika masa kolonialisme.Dari masa kolonialisme hingga pasca reformasi saat ini, banyak sekali perubahan dan penambahan peraturan perundang-undangan tentang pengelolaanSumber Daya Air. Seiring dengan berbagai perubahan tersebut, banyak pula perubahan menyangkut posisi dan peran seorang Ulu-Ulu atau pengatur distribusiAir (pelayan cai) di desa-desa. Namun budaya sistem Ulu-Ulu masih tetap bertahan diantaranya terdapat di Desa Panosogan Kecamatan Cikeusal KabupatenSerang – Banten yang hingga kini masih tetap berjalan sebagai sistem pengaturanirigasi tradisional dalam pengeolaaan sumber daya air untuk kebutuhan pertaniansawah khususnya (padi), yang notabene masyarakat setempat mayoritas berprofesisebagai petani.
Penjelasan :1. Makna yang terkandung;
Dalam budaya ulu-ulu ini terkandung makna yang sangat luhur, yaknimemanfaatkan anugerah Tuhan berupa sumber daya air guna dimanfaatkandengan sebaik-baiknya, dalam pengelolaan salah satu sumber daya pokok yang
 
STIA Maulana Yusuf Banten
2
telah dianugerahkan Tuhan demi kelangsungan ekosistem alam yang sangatmenunjang bagi keberlangsungan kehidupan manusia yang diantaranya bercocok tanam tanpa harus menghamburkan air yang tidak hanya berfungsisebagai kebutuhan pokok kehidupan mahluk hidup saja, akan tetapi mampumemanfaatkan dengan sebaik-baiknya.
 2. Tujuan;
Dengan diberlakukannya sistem ulu-ulu bagi pertanian di pedesaan ini bertujuan diantaranya :a.
 
Dapat membantu petani dalam memenuhi kebutuhan suplai air untuk tanaman padi terutama dilahan para petani, agar dalam bercocok tanam padi khususnya tidak kekurangan suplai air sehingga pertumbuhan paditersebut dapat berlangsung dengan baik dan subur. Karena tanaman padimembutuhkan asupan air yang cukup tinggi sehingga dapat tumbuh subur dan dipanen pada waktunya dengan hasil yang memuaskan. b.
 
Agar kebutuhan air pada lahan-lahan petani dapat diatur dengan sebaik- baiknya tanpa ada lahan yang kekurangan air.c.
 
Mencegah penggunaan air secara tidak teratur dengan tidak berlebihansehingga tidak merugikan sebagian lahan petani yang ada.
2.
 
Nilai-nilai yang terkandung;
Tetap berlangsung dan diterapkannya budaya ulu-ulu ini banyak nilai-nilaiyang terkandung didalamnya, beberapa diantaranya ialah :a.
 
Mensyukuri apa yang telah diberikan Tuhan sebagai Yang Maha KuasaMaha dari segala Maha, dengan memanfaatkan air dengan sebaik-baiknyasehingga bermanfaat secara positif demi kelangsungan kehidupan dankelestarian alam. b.
 
Memahami bahwa air adalah sumber pokok dari kehidupanc.
 
Menanamkan sikap arif dan bijaksana serta adil terhadap sesama dan alamd.
 
Menanamkan budaya berterimakasih atau balas budi dengan timbale balik sebagian kecil hasil panen terhadap orang yang telah berjasa dengan telahmenjadi pengatur cai.e.
 
Tertanam budaya gotong royong, tenggang rasa sesama masyarakat.

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->