Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Look up keyword
Like this
3Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Resume Perencanaan Pembangunan Wilayah

Resume Perencanaan Pembangunan Wilayah

Ratings: (0)|Views: 1,203|Likes:
Published by Lalan Sarmento

More info:

Published by: Lalan Sarmento on Nov 23, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

04/12/2015

pdf

text

original

 
1
PERENCANAAN PEMBANGUNAN WILAYAH
Oleh : Prof. Drs. Robinson Tarigan, M.R.P.
RESUME
 Diajukan Untuk Memenuhi Tugas Terstruktur  Semester Genap Pada Mata Kuliah Perencanaan Pembangunan
Disusun oleh :LALAN RAYATULLAHNPM : 0943102010028
PROGRAM STUDI ILMU ADMINISTRASI NEGARASEKOLAH TINGGI ILMU ADMINISTRASI
MAULANA YUSUF BANTEN
2012
 
2
KATA PENGANTAR 
Perencanaan Pembangunan Wilayah adalah perencanaan aktivitas padaruang wilayah terutama aktivitas ekonomi. Perencanaan Pembangunan Wilayahtidak bisa terlepas dari Perencanaan Penggunaan Ruang Wilayah, kalau perencanaan itu ingin dibuat terpadu.Buku ini menjelaskan Perencanaan Pembangunan Wilayah yang terkaitdengan Perencanaan Tata Ruang Wilayah, sehingga perncanaan itu lebihkomperehensif dan terpadu. Berbagai alat analisis yang dikemukakan, dapatdipakai dalam Perencanaa Pembangunan Wilayah maupun dalam menyusun TataRuang Wilayah.Buku ini direncanakan untuk dua kelompok pembaca sekaligus yaitu paraakademisi dan para praktisi. Untuk setiap rumus, ada uraian yang menggunakankalimat biasa untuk menerangkan isi dan kegunaan rumus tersebut. Dengandemikian para praktisi dapat menangkap makna yang terkandung pada tiap topik yang dibahas dan terangsang untuk menerapkannya.Buku ini bersama-sama dengan buku “Ilmu Ekonomi Regional” yangditerbitkan brsamaan, juga dapat menuntun para pejabat di daerah untuk mengatur  berbagai kebijakan pembangunan (misalnya menetapkan skala prioritas), maupunsebagai petunjuk dalam menyusun Rencana Pembangunan, baik jangka pendek, jangka menengah, maupun jangka panjang.
 
3
BAB 1ARTI DAN RUANG LINGKUP PERENCANAANA.Apakah YangDimaksud dengan Perencanaan
Definisi perencanaan yang sangat sederhana mengatakan bahwa perencanaan adalah menetapkan suatu tujuan dan memilih langkah-langkahyang diperlukan untuk mencapai tujuan tersebut.Kemudian Perencanaan dapat pula didefinisikan menetapkan suatutujuan yang dapat dicapai setelah memperhatikan faktor-faktor pembatasdalam mencapaitujuantersebut memilihserta mentapkan langkah-langkahuntuk mencapai tujuan tersebut.Selanjutnya, dapat kita katakan perencanaan ialah menetapkan suatutujuan setelah memperhatikan pembatas internal dan pengaruh eksternal,memilih, serta menetapkan langkah-langkah untuk mencapai tujuan tersebut. Namun definisi ini belum memasukkan pengertian perencanaan yang rumitkarena yang diramalkan bukan faktor eksternal saja akan tetapi faktor internalpun harus menjadi perhatian. Dengan demikian perencanaan dapat berarti :
mengetahui dan menganalisis kondisi saat ini, meramalkan perkembangan berbagai faktor noncontrollable yang relevan, memperkirakan faktor-faktor pembatas, menetapkan tujuan dan sasaran yang diperkirakandapat dicapai, serta mencari langkah-langkah untuk mencapai tujuantersebut 
.Dengan demikian definisi Perencanaan Wilayah adalah
mengetahuidan menganalisis kondisi saat ini, meramalkan perkembangan berbagai faktor noncontrollable yang relevan, memperkirakan faktor-faktor pembatas,menetapkan tujuan dan sasaran yang diperkirakan dapat dicapai,menetapkan langkah-langkah untuk mencapai tujuan tersebut, sertamenetapkan lokasi dari berbagai kegiatan yang akan dilaksanakan.
Berdasarkan definisi diatas, terdapat empat elemen dasar perencanaan,yaitu :1.Merencanakan berarti memilih

Activity (3)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 thousand reads
1 hundred reads

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->