Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more ➡
Download
Standard view
Full view
of .
Add note
Save to My Library
Sync to mobile
Look up keyword
Like this
4Activity
×
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
METAMORFOSIS SEMPURNA

METAMORFOSIS SEMPURNA

Ratings: (0)|Views: 1,174|Likes:

More info:

Published by: Iwan Pangestu Manalu on Nov 24, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, DOC, TXT or read online from Scribd
See More
See less

12/09/2013

pdf

text

original

 
METAMORFOSIS SEMPURNA1. KUPU KUPU
Metamorfosis adalah prosesdari ulat menjadihewan baru (fase sempurna) yaitu kupu-kupu. Pada prosesnya terjadi cukup panjangdanlama namumsederhana. Pertama-tama mulai ari telur yang di letakkanoleh kupu-kupu pada daun (biasanya daun pohon jeruk atau dapat juga pohon yang lain) yang bertujuannantinya daun tersebut bisa menjadi bahan makanan ulattersebut hingga mencapai dewasa setelah tiba waktunyamenjadi pupa/ kepompong dan dalam beberapa hari akanmenjadi kupu-kupu baru.► TELUR Telur akan menetas antara 3 – 5 hari,larvaakan berjalanke pinggir daun tumbuhan inang dan memulaimemakannya. Sebagian larva mengkonsumsi cangkang telur yang kosong sebagai makanan pertamanyaKulit luar dari larva tidak meregang mengikuti pertumbuhannya, tetapi ketika menjadi sangat ketat larvaakan berganti kulit.LARVA (ULAT)► Setelah menetas larva akan mencari makan Sebagian larva mengkonsumsi cangkang telur yang kosongsebagai makanan pertamanya. Kulit luar dari larva tidak meregang mengikuti pertumbuhannya, tetapiketika menjadi sangat ketat larva akan berganti kulit.► Jumlah pergantian kulit selama hidup larva umumnya 4 – 6 kali, dan periode antara pergantian kulit(molting) disebut instar.Larva kupu-kupu bervariasi dalam bentuk , tetapi pada sebagian besar berbentuk silindris, danterkadang memepunyai rambut, duri, tuberkel atau filamen.► Ketika larva mencapai pertumbuhan maksimal, larva akan berhenti makan, berjalan mencari tempat berlindung terdekat, melekatkan diri pada ranting atau daun dengan anyaman benang. Larva telahmemasuki fase prepupa dan melepaskan kulit terakhir kali untuk membentuk pupa.Pupa ( kepompong)► Fase pupa kalau dilihat dari luar seperti periode istirahat, padahal di dalam pupa terjadi proses pembentukan serangga yang sempurna. Pupa pada umumnya keras, halus dan berupa suatu struktur tanpaanggota tubuh. Pada umumnya pupa berwarna hijau, coklat atau warna sesuai dengan sekitarnya.(berkamuflase) . Pembentukan kupu-kupu di dalam pupa biasanya berlangsung selama 7 20 haritergantung spesiesnyaKupu-kupu► Setelah keluar dari pupa, kupu-kupu akan merangkak ke atas sehingga sayapnya yang lemah, kusutdan agak basah dapat menggantung ke bawah dan mengembang secara normal. Segera setelah sayapmengering,mengembang dan kuat, sayap akan membuka dan menutup beberapa kali dan percobaanterbang.► Fase imago atau kupu-kupu adalah fase dewasaPERILAKUKUPU-KUPU:
 
Kupu-kupu merupakan serangga yang melakukan aktivitas pada siang hari, pada malam hari kupu-kupuakan istirahat dan terlindungan daun pepohonan.siang kupu-kupu makin aktif terbang dan melakukan aktivitas mencari makan dan berproduksi. Kegiatanmencari makan dilakukan sendiri-sendiri tetapi sering tampak kupu-kupu jantan dan batina terbang berpasangan dan pada saatnya akan melakukan kopulasi.Selanjutnya induk kupu-kupu akan meletakkan telurnya pada tumbuhan inangnya. kupu-kupu yangrentang sayapnya kecil akan terbamg rendah antara 10 cm- 2 m. Sedangkan kupu-kupu yang rentangsayap lebih besar terbang lebih tinggi sampai ± 10 m. Pada kegiatan mencari makan, kupu-kupu akanhinggap pada bunga-bunga dan menjulurkan probosisnya.
 
2. LALAT
Daur hidup lalat dimulai dari :Telur:Telur lalat biasanya berada di tempat-tempat yang kotor, misalnya di atas timbunansampah dan kotora.Belatung:Telur meneras menjadi belatung. Bentuk belatung seperti cacing kecil.Belatung bergerak dan merayap mencari makanannya. Belatung paling banyak berada di tempat sampah dankotoran. Telur menetas menjadi belatung. Bentuk belatung seperti cacing kecil.Belatung bergerak dan merayap mencari makanannya. Belatung paling banyak berada di tempatkotor dan bau.Pupa:Kemudian, belatung tumbuh dan berubah menjadi pupa. Pupa tidak bergerak. Pupamenempel di tempat kotor.Lalat:Setelah beberapa hari, pupa berubah menjadii lalat. Lalat terbang dan mencari makan ditempat kotor. Lalat dewasa bertelur di tempat itu juga. Dari telur ini, daur hidup lalat barudimulai lagi.

Activity (4)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 thousand reads
1 hundred reads
Hilda Nafc liked this
Siti Esah Ahmad liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->