Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
4Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
multimeter

multimeter

Ratings: (0)|Views: 249 |Likes:
Published by Nanda Satyawan
makalah
makalah

More info:

Categories:Types, School Work
Published by: Nanda Satyawan on Nov 24, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

06/11/2013

pdf

text

original

 
1
Alat Ukur Multimeter
Multimeter merupakan peralatan wajib bagi teknisi yang berhubungandengan masalah kelistrikan, termasuk juga teknisi handphone. Adapunmultimeter ada dua jenis yaitu multimeter analog dan multimeter digital.Ciri multimeter analog adalah penunjukan hasil pengukuran menggunakan jarum, sedangkan multimeter digital penunjukkan hasil pengukuranmenggunakan angka digital. Multimeter digunakan untuk mengukur arus(ampere), tegangan (volt), dan hambatan (ohm).Gambar Multimeter 
 
Definisi Pengukuran
 Untuk mengetahui besaran listrik DC maupun AC sepertitegangan, arus, resistansi, daya, faktor kerja, dan frekuensi kitamenggunakan alat ukur listrik. Awalnya dipakai alat-alat ukur analogdengan penunjukan menggunakan jarum dan membaca dari skala.Kini banyak dipakai alat ukur listrik digital yang praktis dan hasilnyatinggalmembaca pada layar display. Bahkan dalam satu alat ukur listrik dapat digunakan untuk mengukur beberapa besaran,misalnyategangan AC dan DC, arus listrik DC dan AC, resistansi kitamenyebutnya Multitster Untuk kebutuhan praktis tetap dipakai alatukur tunggal, misalnya untuk mengukur tegangan saja, atau dayalistrik saja. Sampai saat ini alat ukur analog masih tetap digunakan
 
2
karena handal, ekonomis, dan praktis. Namun alat ukur digital makinluas dipakai, karena harganya makin terjangkau, praktis dalampemakaian, dan penunjukannya makin akurat dan presisi. Ada beberapa istilah dan definisi pengukuran listrik yang harusdipahami, diantaranya
alat ukur 
,
akurasi 
,
presisi 
,
kepekaan 
,
resolusi 
,dan
kesalahan 
.a.
Alat ukur 
, adalah perangkat untuk menentu kan nilai atau besarandari kuantitas atauvariabel.b.
Akurasi 
, kedekatan alat ukur membaca pada nilai yang sebenarnyadari variabel yang diukur.c.
Presisi 
, hasil pengukuran yang dihasilkan dari proses pengukuran,atau derajat untuk membedakan satu pengukuran dengan lainnya.d.
Kepekaan 
, ratio dari sinyal output atau tanggapan alat ukur perubahan input atau variable yang diukur.e.
Resolusi 
, perubahan terkecil dari nilai pengukuran yang mampuditanggapi oleh alat ukur.f.
Kesalahan 
, angka penyimpangan dari nilai sebenarnya variabelyang diukur.
 
Sistem Satuan
 Pada awal perkembangan teknik pengukuran mengenal duasistem satuan, yaitu
sistemmetrik 
(dipelopori Prancis sejak 1795). Amerika Serikat dan Inggris juga menggunakan sistemmetrik untukkepentingan internasional, tapi untuk kebutuhan lokal menggunakansistemCGS (centimeter-gram-second). Sejak tahun 1960 dikenalkanSistem Internasional (SI Unit)
 
sebagai kesepakatan internasional.Ukuran standar dalam pengukuran sangat penting, karena sebagaiacuan dalam peneraan
 
alat ukur yang diakui oleh komunitasinternasional. Ada enam besaran yang berhubungan
 
dengankelistrikan yang dibuat sebagai standar, yaitu standar amper,resistansi, tegangan,
 
kapasitansi, induktansi, kemagnetan, dantemperatur.
 
3
1.
Standar amper
 Menurut ketentuan Standar Internasional (SI) adalah aruskonstan yang dialirkan pada dua konduktor dalam ruang hampa udaradengan jarak 1 meter, di antara kedua penghantar menimbulkan gaya= 2 × 10-7 newton/m panjang.2.
Standar resistansi
 Menurut ketentuan SI adalah kawat alloy manganin resistansi 1yang memiliki tahanan listrik tinggi dan koefisien temperatur rendah,ditempatkan dalam tabung terisolasi yang menjaga dari perubahantemperatur atmosfer.3.
Standar tegangan
 Ketentuan SI adalah tabung gelas Weston mirip huruh Hmemiliki dua elektrode, tabung elektrode positip berisi elektrolitmercury dan tabung elektrode negatip diisi elektrolit cadmium,ditempatkan dalam suhu ruangan. Tegangan elektrode Weston padasuhu 20°C sebesar 1.01858 V.4.
Standar Kapasitansi
 Menurut ketentuan SI, diturunkan dari standart resistansi SI danstandar tegangan SI, dengan menggunakan sistem jembatan Maxwell,dengan diketahui resistansi dan frekuensi secara teliti akan diperolehstandar kapasitansi (farad).5.
Standar Induktansi
 Menurut ketentuan SI, diturunkan dari standar resistansi danstandar kapasitansi, dengan metode geometris, standar induktor akandiperoleh.

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->