Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more ➡
Download
Standard view
Full view
of .
Add note
Save to My Library
Sync to mobile
Look up keyword
Like this
2Activity
×
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Sifat Sifat Tercela Dan Dosa

Sifat Sifat Tercela Dan Dosa

Ratings: (0)|Views: 545|Likes:
Published by Fadhila El Husna

More info:

Published by: Fadhila El Husna on Nov 24, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, DOC, TXT or read online from Scribd
See More
See less

03/03/2013

pdf

text

original

 
Posted byBustamam Ismail on November 27, 2007 Islam sangat menutamakan dan menghargaieksistensi manusia. Oleh karena itu, Allah sangat murkaapabila manusia bersikap menghancurkan manusia laintanpa dasar aturan Nya. Perilaku tercela sepertimerampok, membunuh, asusila, dan pelanggaran hak asasi manusia merupakan tindakan yang melecehkaneksistensi manusia yang sesungguhnya telah dimuliakanoleh Allah. Nah, untuk mengenali hal tersebut sehinggakita mampu membentengi diri, marilah kita bersama-sama menganalisisnya dalam pembahasan kali ini.
A.
 
Merampok 
Merampas atau merampok harta orang lain yang kadang disertai dengankekerasan, ancaman dan bahkan pembunuhan emrupakan perilaku yang sangatmenggelisahkan dan mengerikan. Itu termasuk perbuatan haram dam merupakan dosa besar yang wajib dijauhi oleh setiap individu. Apabila dalam suatu masyarakat banyak terjadi perampasan dan perampokan, warga masyarakat yang ada di lingkungan tersebutakan mengalami keresahan. Oleh karena itu, tetap sekali penegasan Allah SWT danrasulnya. Mereka dianggap perang terhadap Allah dan rasulnya karena yang merekalakukan merupakan perbuatan melawan hukum Allah SWT dan mengganggu masyarakatyang dilindungi oleh hukum. Orang-orang yang memerangi Allah dan rasul Nyadisebutkan dalam firman Allah SWT sebagai berikut.Artinya :
“sesungguhyna pembalasan terhadap orang-orang yang memerangi Allah danrasulnya dan membuat kerusakan di bumi, hanyalah mereka dibunuh atau disalibatau dipotong tangan dan mereka dengan bertimbal balik atau dibuang darinegeri (tempat kediamannya) dengan demikian itu (sebagai) suatu penghinaanuntuk mereka di dunia dan diakhirat mereka beroleh siksaan yang besar.”
(QS AlMaidah : 33)
lihat al-Qur’an online di Goole,
Firman Allah yang lain perihal pencurian yang dapat dihukum dengan potong tanganadalah sebagai berikut.Artinya :
“Laki-laki dan perempuan yang mencuri, potonglah tangan keduanya,(sebagai) pembalasan bagi apa yang mereka kerjakan dan sebagai siksaan dari Allah dan Allah maha perkasa dan maha bijaksana.”
(QS Al Maidah : 38)
lihat al-Qur’an online di Goole,
Pengertian hukum potong tangan dapat beraneka macam pendapat. Selain pengertian tangannya yang dipotong, dipenjarakan kemudian dibimbing sehingga sifattercela tersebut dapat hilang. Perbuatan mencuri, merampok dan merampas jelas sangat
 
 berbahaya, baik terhadap diri sendiri maupun terhadapa orang lain atau masyarakat.Terhadap dirinya sendiri dapat berakibat antara lain kehidupan si pelaku pasti tidak akanmerasa tenang. Jiwanya akan merasa dikejar-kejar oleh bayangan dosa, bahkan sedikitdemi sedikit keimanan dan keislamannya akan terlepas dari dirinya. Rasulullah SAW pernah bersabda.yamg artinya :
“Tidaklah seorang pencuri ketika mencuri itu iaberiman.”
(HR Bukhari)
B.
 
Membunuh
Hak-hak yang paling utama bagi setiap manusia yang dijamin pula oleh Islamadalah hak hidup, hak pemilikan, hak pemeliharaan kehormatan, hak kemerdekaan, hak  persamaan, dan hak menuntut ilmu pengetahuan.Diantara hak-hak tersebut, hak yang paling penting dan mendapat perhatianadalah hak hidup. Firman Allah SWT.Artinya :
Dan janganlah kamu membunuh jiwa yang diharamkan Allah(membunuhnya), melainkan dengan suatu alasan yang benar.”
(QS Al Isra : 33)
lihat al-Qur’an online di Goole,
Islam memberikan perhatian terhadap perlindungan jiwa dan Allah mengancamorang yang merampas hal tersebut dengan hukuman berat. Allah SWT berfirman.Artinya :
“Dan barang siapa yang membunuh seorang mukmin dengan sengaja, makabalasannya adalah jahanam. Ia kekal di dalamnya dan Allah murka kepadanyadan mengutuknyaserta menyediakan azab yang pedih baginya.”
(QS An Nisa :93)
lihat al-Qur’an online di Goole,
Hadis nabi Muhammad SAW.artinya :
“Barang siapa membunuh dirinya dengan sesuatumaka kelak ia akan disiksa di hari kiamat nanti dengan barang tersebut.”
(HR Muslim)Pembunuhan dapat terjadi akibat berselisih pendapat, dengki, dendam, iri hatiatau cemburu. Hal ini merupakan akibat tipu daya setan agar manusia senantiasa bertikaidan saling membunuh.Jenis-jenis pembunuhan dan hukumannya berdasarkan Al Qur’an dan hadisdijelaskan sebagai berikut.1.
 
 pembunuhan yang dilakukan dengan sengaja yaitu merencanakan pembunuhan dalamkeadaan jiwa sehat dan penuh kesadaran. Pembunuhan semacam ini dapat dihukumqisas artinya dihukum mati, kecuali dimaafkan oleh pihak keluarga korban dankepadanya dituntut denda.2.
 
Pembunuhan yang terjadi tanpa disengaja dengan alat yang tidak mematikan.Hukumannya adalah penjara atau denda yang cukup berat
 
3.
 
 pembunuhan karena kesalahan atau kekhilafan semata-mata tanpa direncanakan dantidak ada maksud sama sekali, misalnya kecelakaan. Hukuman tersangka penjara ataudenda ringanUntuk memperkecil peluang terjadinya ha-hal buruk tersebut, kita selalumemupuk perilaku terpuji, baik terhadap diri pribadi maupun terhadap lingkuang ataumasyarakat. Hal-hal di bawah ini dapat melatih diri kita untuk membentengi diri dari perilaku tercela, khusunya perbuatan membunuh.1.Membiasakan bersilaturahmi2.Mampu menahan amarah3.Mampu memaafkan kesalahan4.Berbuat adil5.Memperbanyak berbuat kebajikan6.Suka menolong7.Bersikap lemah lembut8.Meninggalkan hal-hal yang menyangkut riba9.Meneguhkan hati untuk mengikuti jalan yang lurus10.Memakan makanan yang halal dan
thayyib
 11.Senantiasa berdoa kepada Allah SWT12.Berlaku lurus terhadap manusia13.Tidak pelit atau kiki
C.
 
Asusila
Asusila adalah perbuatan atau tingkah laku yang menyimpang dari norma-normaatau kaidah kesopanan yangsaat ini cenderung banyak terjadi di kalangan masyarakat,terutama remaja. Islam dengan Al Qur’an dan sunah telah memasang bingkai bagikehidupan manusia agar menjadi kehidupan yang indah an bersih dari kerusakan moral.Menurut pandangan Islam, tinggi dan rendahnya spiritualitas (rohani) pada sebuahmasyarakat berkaitan erat dengan segala perilakunya, bukan saja tata perilaku yang bersifat ibadah
mahdah
(khusus) seperti salat dan puasa, namun juga yang bersifat perilaku ibadah
 ghairu mahadah
(umum) seperti hal-hal yang berkaitan dengan sosialkemasyarakatan.Didalam Al Qur’an terdapat bebeapa ayat yang memuat informasi dan pengetahuan tentang hubungan antara laki-laki dan perempuan. Firman Allah SWTArtinya :
“katakanlah kepada orang laki-laki yang beriman, hendaklah mereka menahan pandangannya dan memelihara kemaluannya. Yang demikian itu adalah lebih suci bagi mereka. Sesungguhyna Allah maha mengetahui apa yang mereka perbuat.”
(QS An Nur : 30)
lihat al-Qur’an online di Goole,
Hadis Nabi Muhammad SAW menyatakan sebagai berikut.yang artinya :
“Makabertakwalah kepada Allah dalam hal wanita. Sebab kalian telah mengambil mereka

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->