Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Look up keyword
Like this
1Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Short Term Finance

Short Term Finance

Ratings: (0)|Views: 75|Likes:
Published by Akhyar Rusydi

More info:

Published by: Akhyar Rusydi on Nov 25, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

11/25/2012

pdf

text

original

 
1
PENDAHULUAN
A.
 
LATAR BELAKANG
Semua perusahaan membuat keputusan pembiayaan jangka pendek secara berkala.Selainpembiayaan perdagangan,MNC memperoleh jangka pendek untuk membantu aktivitasoperasi lain.Karena MNC memiliki akses terhadap sumber dana tambahan,keputusanpembiayaan jangka pendeknya lebih rumit dibandingkan perusahaan lain.Manajer keunganharus memahami kemungkinan keuntungan dan kerugian dari pembiayaan jangka pendek dalam satuan mata uang asing,sehigga mereka dapat membuat keputusan pembiayaan jangkapendek yang memaksimalkan nilai MNC.B.
 
RUMUSAN MASALAH1.
 
Mengapa MNC mempertimbangkan pembiayaan asing?2.
 
Bagaimana cara MNC mempertimbangkan untuk menggunakan pembiayaan asing?3.
 
Bagaimana ilustrasi kemungkinan manfaat dari pembiayaan dengan menggunakanportofolia mata uang?
 
2
PEMBAHASAN
A.
 
Sumber Pembiayaan jangka pendek
 
Induk perusahaan MNC dan anak perusahaannya umumnya menggunakan berbagaimetode untuk memperoleh dana jangka pendek guna memenuhi kebutuhan likuiditas.
1.
 
Wesel Bayar Euro
Salah satu metode yang makin banyak digunakan adalah menjual
 Euronates
,atausekuritas utang tanpa jaminan. Suku bunga wesel ini biasanya bedasarkan LIBOR (sukubunga yang yang dibebankan Eurobank atas pinjaman antarbank).
 Euronote
biasanya jatuhtempo dalam satu,tiga,atau enam bulan. Beberapa MNC terus memperpanjang wesel bagiMNC,dan beberapa bank komersial membelinya untuk portofolia investasi mereka.
2.
 
Surat Berharga Euro
MNC juga mengeluarkan
 Euro-commercial paper 
untuk memperoleh pembiayaan jangkapendek. Pialang menjual surat berharga ini bagi MNC tanpa dijamin oleh sindikasi
underwriting
,sehingga tidak ada jaminan harga jual bagi perusahaan penjual. Jangka waktu jatuh tempo dapat disesuaikan dengan keinginan penjual. Pialang membuat pasar sekunderdengan menawarkan untuk membeli kembali
Euro-commerial
paper sebelum jatuh tempo.
3.
 
Pinjaman Eurobank
Pinjaman langsung dari eurobank,yang umumnya digunakan untuk mempertahankanhubungan dengan Eurobank,merupakan sumber dana jangka pendek lainnya bagi MNC.Jika
 
3
sumber dana jangka pendek lain tidak tersedia,MNC sangat mengandalkan pinjamanlangsung Eurobank . Sebagian besar MNC mempertahankan perjanjian kredit denganberbagai bank di dunia. Beberapa MNC memiliki perjanjian kredit dengan lebih dari 100bank domestik dan bank asing.
MNC Mempertimbangkan pendanaan Asing
Tanpa memperhatikan apakah induk perusahaan atau anak perusahaan MNC yangmemutuskan untuk memperoleh pembiayaan dari anak perusahaan atau sumber lain,perusahaan yang meminjam harus juga mempertimbangkan mata uang asal, Namunperusahaan mungkin memilih untuk meminjam dalaam mata uang asing. Adapun alasanMNC mempertimbangkan pendanaan asing, yaitu :
 
Pembiayaan Asing untuk Mengompensasi Arus masuk Kas Asing
Perusahaan besar melakukan pembiayaan dalam mata uang asing untuk mengompensasiposisi piutang bersih dalam mata uang terkaitContoh : Bagaimana Avon Menggunakan Pembiayaan Asing selama Krisis Asia. Selamakrisis Asia pada tahun 1997 dan 1998, beberapa MNC yang memiliki anak perusahaan diAsia mengalami kerugian karena melemahnya mata uang Asing terhadap dolar. AvonProducts,Inc., menggunakan berbagai metode untuk mengurangi eksposur ekonomi yangdiakibatkan melemahnya mata uang Asia. Dengan mempertimbangkan bahwa Avon memilikiarus kas masuk dalam mata uang Asia yang lebih besar dibandingkan arus keluarnya,makaAvon menggunakan strategi untuk mengurangi kelebihan arus kas masuk dalam mata uang

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->