Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
5Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Stat 2

Stat 2

Ratings:

5.0

(2)
|Views: 1,590 |Likes:
Published by marati
sejarah matematika
sejarah matematika

More info:

Published by: marati on Jan 27, 2009
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC or read online from Scribd
See more
See less

11/22/2012

 
BAB IPENDAHULUANA.LATAR BELAKANG
Kata statistika dan probabilitas tidaklah asing dengan telinga kita, karenadari SMP kita telah dikenalkan pada pelajaran ini dan dalam kehidupan kesehariankita secara tidak sadar kita memiliki kecendrungan untuk memakai ilmu statistikadan probabilitas ini. Kita mengenal statistika dan probabilitas sebagai salah satumata kuliah yang sulit di berbagai jurusan di perguruan tinggi. Hampir setiaporang menganggap statistika sebagai suatu mata kuliah yang tidak begitu menarik.Begitu pula dengan probabilitas/teori peluang. Padahal statistika menentukanmahasiswa yang sedang kuliah di akhir nanti. Pada umumnya di masa-masa akhir kuliah dalam mengerjakan tugas akhir statistika sangat dibutuhkanWalaupun sudah mengetahui hal mengenai statistik, namun benarkah kitatelah berkenalan. Jika kita tinjau lebih dalam, ternyata apa yang telah kita pelajaridi tingkat SMP dan SMA tersebut bukanlah statistika secara utuh karena kitahanya mengenalnya hanya sebatas pada perhitungan angka-angka saja. Sedangkansebenarnya sosok dari statistika tersebut lebih dari hanya sekedar perhitunganmean, median, modus, simpangan, atau apalah yang telah kita pelajari selama iniTanpa disadari kita tak pernah tahu bagaimana sejarahnya statistika. Begitu puladengan probabilitas. Dari beberapa hal diatas maka dalam penyajian makalah inidiuraikan sejarah matematika dan probabilitas.
B.RUMUSAN MASALAH
Adapun rumusan masalah yang mendasari pembuatan makalah ini yaituterurai sebagai berikut:1.Sejarah apa yang mengawali lahirnya statistika dan probabilitas?2.Siapa saja tokoh-tokoh statistika?3.Siapa saja tokoh-tokoh probabilitas?
 Sejarah Statistika dan Probabilitas
ii
 
C.TUJUAN DAN MANFAAT
Tujuan adalah sesuatu hal yang akan diraih dan pada hal selanjutnyamanfaat akan mengikutinya. Tujuan pengkajian tahapan dalam penelitian iniyaitu:1.Mengetahui kisah perkembangan sejarah statistika dan probabilitas.2.Mampu menjelaskan hal-hal yang ada dalam pertanyaan rumusanmasalah.3.Sebagai target untuk memperbanyak wawasan tentang asal-usulstatistika dan probabilitas.Pengkajian hal ini juga dapat memberikan manfaat antara lain:1.Memberikan wawasan yang baru sehingga dapat dijadikan bekal dalammelakukan interpretasi terhadap gejala.2.Memacu daya responsif yang tinggi yaitu mampu merespons sambilmemberikan interpretasi terus-menerus pada gejala yang diamati.3.Mengobati rasa ingin tahu mengenai sejarah statistika dan probabilitas.
 Sejarah Statistika dan Probabilitas
ii
 
BAB IISEJARAH STATISTIKA DAN PROBABILITASA.SEJARAH STATISTIKAStatistika
adalah ilmu yang mempelajari bagaimana merencanakan,mengumpulkan, menganalisis, menginterpretasi, dan mempresentasikandata. Istilah 'statistika' ( bahasa Inggris: statistics) berbeda dengan 'statistik' (statistic).Statistika merupakan ilmu yang berkenaan dengan data, sedang statistik adalahdata, informasi, atau hasil penerapan algoritma statistika pada suatu data.
1
Penggunaan istilah statistika berakar dari istilah istilah dalam bahasa latinmoderen
 statisticum collegium
(dewan negara) dan bahasa Italia
 statista
(negarawan atau politikus).Gottfried Achenwall(1749) menggunakan Statistik dalam bahasa Jermanuntuk pertama kalinya sebagai nama bagi kegiatan analisisdata kenegaraan, dengan mengartikannya sebagai "ilmu tentang negara (state)".Pada awalabad ke-19telah terjadi pergeseran arti menjadi "ilmu mengenai pengumpulan dan klasifikasi data". Perkembangan statistik ini adalah statistikadeskriptif .
2
Sir John Sinclair memperkenalkan nama (Statistics) dan pengertian ini kedalam bahasa Inggris. Jadi, statistika secara prinsip mula-mula hanya mengurusdata yang dipakai lembaga-lembaga administratif dan pemerintahan. Pengumpulandata terus berlanjut, khususnya melaluisensusyang dilakukan secara teratur untuk memberi informasi kependudukan yang berubah setiap saat.
Konsep Dasar
3
Dalam mengaplikasikan statistika terhadap permasalahan sains, industri,atau sosial, pertama-tama dimulai dari mempelajari populasi. Makna populasidalam statistika dapat berarti populasi benda hidup, benda mati, ataupun bendaabstrak. Melakukan pendataan (pengumpulan data) seluruh populasi dinamakansensus. Sebuah sensus tentu memerlukan waktu dan biaya yang tinggi. Untuk itu,
1
2
3
http://id.wikipedia.org/wiki/Statistika
 Sejarah Statistika dan Probabilitas
ii

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->