Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
1Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
trembesi

trembesi

Ratings: (0)|Views: 351|Likes:
Published by Aries Ramadhan
trmbesi
trmbesi

More info:

Published by: Aries Ramadhan on Nov 26, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

08/13/2013

pdf

text

original

 
Oct 23, '098:27 PMfor everyone
Judul yang saya tulis ini merupakan watak Mangsa Kalima dalamPranatamangsa
(silakan mengikuti tulisan saya mengenai Pranatamangsadi
 pedulialam.blogspot.com
)
. Keadaan mangsa ini saya ceritakan sebagaiberikut:
"Hujan pertama menandai mangsa ini. Manusia pun mulaidiliputi suka cita atas kesegaran air hujan yang turun dari langit sepertiancuran emas. Mangsa ini berlangsung antara 13 Oktober sampai 8  November." 
 Malam tadi, hujan yang cukup lebat turun di Kota Solo. Saya benar-benarmerasakan bahwa ini berkah dari alam. Dua hari yang lalu, sayamengalami malam-malam yang tidak menyenangkan. Malam-malam ituterasa sangat panas sehingga orang tidak dapat tidur nyenyak. Hujanmalam tadi memberikan kesegaran yang selama ini dinantikan. Setelahsekian lama saya berprihatin dengan alam karena musim kemarau panjang,hari ini saya mulai berharap akan datangnya hujan yang menyegarkanbumi. Memang ini baru awal. Masih ada kemungkinan hari-hari dilaluidengan panas, tetapi hujan ini memberikan harapan akan adanya air untuk hidup yang berkelanjutan.Melalui pengalaman malam tadi, saya menjadi mengerti bagaimanamanusia bisa berprihatin dan bergembira bersama bumi.
"Alam selalubergerak dalam peredarannya. Dan manusia dengan rela bergerak terjundan terlibat dalam siklus itu. Jatuh bangun, gembira dan bersedih,berputusasa dan berpengharapan bersama alam. Menjalani siklusbersama alam, manusia dibantu untuk merasakan apa itu kegembiraan,kesedihan, keputusasaan, dan pengharapan." 
 Semoga hujan semalam memberi pengharapan akan hujan-hujanberikutnya yang membuat alam ini kembali dalam pembaruan.
 
Feb 22, '09 8:44 PMfor everyone
Krisis air menghadang kehidupan makhluk hidup di dunia.
 
 
Diperkirakan 40 sampai 50 tahun lagi akan terjadi krisisitu. Untuk mencegah krisis itu, satu-satunya jalan yangdapat dibuat adalah membuat benteng yang bisa menahanair untuk dikonsumsi oleh makhluk hidup. Pemerintah KotaSolo - yang diwakili oleh Walikota Joko Widodo -menegaskan komitmennya untuk terlibat dalam mengatasikrisis air dan pemanasan global dengan menanamibantaran sungai Bengawan Solo. Ketika meresmikanTaman Sekartaji (Jumat, 20 Februari 2009), walikotamemberikan kesungguhannya untuk terus melanjutkangerakan penghijauan. Penghijauan yang sudah dilakukandi Taman Balekambang, kawasan Tirtonadi, dan TamanSekartaji akan dilanjutkan di bantaran sungai sekitarJebres, Pucangsawit, dan Kampung Sewu. Semoga kitaterinspirasi melalui gerakan ini dan mulai menanam. Jikaada bantaran kali yang dapat dimanfaatkan, bicarakandengan pengurus lingkungan setempat agar pemanfaatantanah itu dapat sesuai dengan prosedur yang benar. Inisemua demi kehidupan kita sendiri di masa depan.
 
 
Jul 10, '0812:31 AMfor everyone
“Naik kereta api tut tut tut... Siapa hendak
turut...Ke Bandung Surabaya bolehlah naik dengan percuma...Ayo kawanku lekas naik... Keretaku tak berhenti
lama...” 
 
Siapa tidak kenal kereta api. Bahkan ada ramalanyang mengatakan akan adanya Pulau Jawa yang
dikalungiwesi
. Inilah rel kereta yang menghubungkan tempat-tempat di pelosok pulau Jawa. Kereta api di Indonesiasudah ada sejak tahun 1864.
 
Ia pernah menjadi sarana transportasi yang sangatpopuler di mata masyarakat. Namun, keberadaanyatergeser oleh transportasi darat lain. Meskipundemikian, ia tetap menjadi sarana transportasi murahdan ternyata paling ramah lingkungan. Mengapa begitu?Mari kita baca kisahnya...
 
Beberapa Perhitungan
 
Ada beberapa pihak yang telah menghitung
 
bagaimana kereta api dapat menjadi sarana transportasiyang ramahlingkungan.
 
“Coba kita ambil perbandingan antara kendaraan
 pribadi, kereta api, dan pesawat terbang untukmenempuh perjalanan Jakarta-Surabaya. Berdasarkansitus timeanddate, jarak Jakarta dengan Surabayaadalah 674 km. Sedangkan menurut City Distance adalah668 km. Terima kasih buat informasinya ya masramadanz. Okelah, ambil jarak yang paling jauh, 674km. Yak, kita mulai hitungannya!
 
Pertama, kita pakai kendaraan pribadi dulu. Menurutasumsi Kompas, kendaraan pribadi memakan 1 liter bahan bakar untuk berjalan 10 km. Dengan perhitungansederhana, untuk menempuh perjalanan Jakarta-Surabayadiperlukan 67,4 liter. Jika satu kendaraan diisiempat orang, maka satu orang akan membutuhkankonsumsi BBM 16,85 liter. Bila bahan bakar yang digunakan adalah bensin, yang massa jenisnya 737,22kg/m³ (737,22 g/L). Maka satu orang memerlukan12.422,157 gram bensin. Menurut tante wiki, bensinadalah campuran senyawa karbon yang jumlah karbonnya5 sampai 12. Ambilah senyawa yang paling sederhana, pentana (C5H12). Maka jumlah mol bensin satu orang yang diperlukan itu 172,53 mol. Pembakaran yang sempurna akan menghasilkan karbon dioksida sebanyak862,65 mol atau 20.703,6 liter dalam suhu ruang untuksatu orang saja. Duh, banyak banget!
 
Sekarang, kalau pakai pesawat terbang gimana? Masihmenurut Kompas tadi. Pesawat terbang butuh duasetengah ton avtur per jam terbang. Waktu tempuhJakarta-Surabaya itu 1 jam 15 menit menurut Tempo.Jadi butuh 3.125 kg avtur. Ambil contoh pesawatBoeing 737-300 yang mampu mengangkut 148 penumpang.Maka satu orang butuh 21,115 kg bahan bakar itu. Disini dibilang avtur itu campuran senyawa karbondengan jumlah karbon 12 sampai 15. Ambil lagi yang  paling sederhana, dodekana (C12H26) maka jumlah molyang diperlukan satu orang adalah 124,21 mol avtur.Ini akan menghasilkan 1490,52 mol karbon dioksidaatau sebanyak 35.772,48 liter per orang. Walah yang ini lebih banyak lagi!
 
Lalu, bagaimana dengan kereta api? masih dari Kompas,lokomotif diesel jenis CC 201 atau CC 203menghabiskan bahan bakar (solar, C12H23) 2 liter tiapkilometernya. Berarti Jakarta-Surabaya butuh 1348liter solar. Ambil contoh KA Gumarang kelas bisnis,yang menarik 12 gerbong penumpang. Tiap gerbong bisamemuat 60 penumpang, jadi total 720 penumpang.Artinya satu orang cuma butuh 1,87 liter solar. Tantewiki tadi bilang massa jenis solar itu 850 g/L. Jadisatu orang butuh 1589,5 gram atau 9,5 mol solar.Artinya karbon dioksida yang dihasilkan 114 mol ataucuma 2736 liter tiap orang. Jauh lebih rendahdibanding kendaraan pribadi dan pesawat terbang.
 

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->