Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
4Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Bertasawuf Dalam Kehidupan Modern

Bertasawuf Dalam Kehidupan Modern

Ratings: (0)|Views: 269 |Likes:
Published by Harun Arrosyid
Tasawuf sebagai suatu alternatif dalam mendekatkan diri kepada Sang Khaliq tentu sangat penting untuk dikaji. Namun apakah mekanisme bertasawuf zaman Rasulullah dahulu dan sekarang sama? Tentunya berbeda. Maka dari itu di sini saya paparkan bebrapa mekanisme bertasawuf dalam kehidupan modern sekarang ini.
Tasawuf sebagai suatu alternatif dalam mendekatkan diri kepada Sang Khaliq tentu sangat penting untuk dikaji. Namun apakah mekanisme bertasawuf zaman Rasulullah dahulu dan sekarang sama? Tentunya berbeda. Maka dari itu di sini saya paparkan bebrapa mekanisme bertasawuf dalam kehidupan modern sekarang ini.

More info:

Published by: Harun Arrosyid on Nov 26, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

06/23/2014

pdf

text

original

 
1
BAB I
 
PENDAHULUANA.
 
Latar Belakang
Dunia modern yang di dalamnya dihuni oleh masyarakat modern. Kehidupanmasyarakat modern sangat mengedepankan perubahan untuk menuju kehidupan yanglebih maju. Masyarakat modern identik dengan mengedepankan ilmu pengetahuan danteknologi, namun mengesampingkan pemahaman agama. Mereka menganggap bahwailmu pengetahuan dan teknologi akan mampu meningkatkan taraf kehidupan. Padahaltidak semuanya akan menjadi seperti yang diharapakan, karena kemajuan teknologi akanmemberikan dampak positif dan negatif.Masyarakat modern yang selalu terbuai dengan situasi kemewahan, menjadikanmereka meninggalkan pemahaman agama, akibatnya terjadi kehampaan spiritual danmenjadikan manusia jauh dengan Sang Maha Pencipta, meninggalkan ajaran-ajaran yangdimuat dalam dogma agama. Maka dalam kehidupan masyarakat modern sering dijumpai banyak orang yang merasa gelisah, tidak percaya diri, stress dan tidak memiliki peganganhidup. Kegelisahan mereka sering disebabkan karena takut kehilangan apa yang dimiliki.Rasa khawatir terhadap masa depan yang tidak dapat dicapai sesuai dengan harapan, dayasaing yang tinggi dalam memenuhi kebutuhan hidup dan akibat adanya banyak  pelanggaran dosa yang dilakukan.Masyarakat modern yang kehilangan identitas diri, mereka merasa bingung karena proses modernisasi yang disalahgunakan dapat menimbulkan ketidakberesan disegala bidang aspek kehidupan manusia, seperti aspek hukum, moral, norma, etika dan tatakehidupan lainnya. Melihat gejala masyarakat modern yang penuh dengan problematikadan mengakibatkan kehampaan spiritual, maka saatnya mencari solusi untuk melakukan perbaikan dalam segala aspek kehidupan. Disinilah akhlak tasawuf memilki peran yangamat penting. Tasawuf berperan melepaskan kesengsaraan dan kehampaan spiritual untuk memperoleh keteguhan dalam mencari Tuhan. Karena inti ajaran tasawuf adalah bertujuan memperoleh hubungan langsung dengan Tuhan sehingga seseorang merasadengan kesadarannya itu berada di hadirat-Nya dan terlepas dari kegundahan dankesedihan.
 
2
B.
 
Rumusan Masalah
 Berdasarkan uraian penulis mengenai bertasawuf dalam dunia modern, maka penulis akan merumuskan masalah-masalah yang akan dibahas dan diuraikan dalammakalah ini sebagai berikut :a.
 
Apakah pengertian masyarakat modern dan problematikanya? b.
 
Bagaimanakah pengembangan akhlak tasawuf bagi masyarakat modern?c.
 
Bagaimanakah metode pembinaan akhlak tasawuf dalam masyarakat modern?
C.
 
Tujuan
 Adapun tujuan penulisan makalah ini adalah :a.
 
Memahami pengertian masyarakat modern dan problematikanya. b.
 
Memahami perlunya pengembangan akhlak tasawuf bagi masyarakat modern.c.
 
Memahami metode pembinaan akhlak tasawuf dalam masyarakat modern.
 
3
BAB IIPEMBAHASANA.
 
Masyarakat Modern Dan Problematikanya
Istilah masyarakat modern terdiri dari dua kata, yaitu
masyarakat 
dan
modern.
Istilah masyarakat dalam bahasa inggris disebut
 society
yang berarti kawan. Dalam ilmuantropologi, masyarakat didefinisikan sebagai sejumlah orang dalam kelompok tertentuyang membentuk prikehidupan berbudaya. Adapun kata modern dalam Kamus BahasaIndonesia diartikan dengan terkini, mutakhir dan terbaru.Jadi, berdasarkan dua pengertian tersebut, maka masyarakat modern adalahsekelompok manusia yang hidup dalam kebersamaan yang saling mempengaruhi danterikat dengan norma-norma serta sebagian besar anggotanya mempunyai orientasi nilai budaya untuk kehidupan yang lebih maju. Atau dalam Kamus Umum Bahasa Indonesia,Poerwadarminta mengatakan bahwa masyarakat modern adalah sekumpulan manusiayang hidup bersama disuatu tempat dengan aturan-aturan tertentu yang bersifat mutakhir.Berkaitan dengan pengertian masyarakat modern diatas, maka ada beberapaindikator atau ciri-ciri yang dimiliki oleh masyarakat modern yang diantaranya adalah:1.
 
Bersifat rasional, yakni lebih mengutamakan pendapat akal pikiran dari pada emosi.Sebelum melakukan pekerjaan, masyarakat modern selalu mempertimbangkanterlebih dahulu untung dan ruginya.2.
 
Berpikir obyektif, yakni melihat segala sesuatu dari sudut pandang fungsi dankegunaanya bagi masyarakat.3.
 
Menghargai waktu, yakni selalu melihat bahwa waktu adalah sesuatu yang sangat berharga dan perlu dimanfaatkan sebaik-baiknya dan seefisien mungkin.4.
 
Berpikir jauh kedepan dan tidak berpikir untuk kepentingan sesaat, sehingga selalumelihat dampak sosialnya secara lebih jauh.5.
 
Bersikap terbuka, yakni mau menerima saran , masukan, dan kritikan.6.
 
Hubungan antar manusia didasarkan atas kepentingan pribadi atau individualis,dimana antara yang satu dengan yang lain tidak peduli dan acuh tak acuh.7.
 
Berorientasi pada perubahan. Perubahan itu sendiri didorong dan dipercepat oleh perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.Menurut Alfin Toffler, masyarakat bisa dikelompokkan menjadi tiga.
 Pertama,
masyarakat pertanian
(agricultural society)
yakni masyarakat yang mendasarkan

Activity (4)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 thousand reads
1 hundred reads
Harun Arrosyid liked this
Harun Arrosyid liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->