Welcome to Scribd. Sign in or start your free trial to enjoy unlimited e-books, audiobooks & documents.Find out more
Download
Standard view
Full view
of .
Look up keyword
Like this
3Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Prosiding Air Minum dan Penyehatan Lingkungan (AMPL) Award

Prosiding Air Minum dan Penyehatan Lingkungan (AMPL) Award

Ratings: (0)|Views: 15|Likes:
Published by Oswar Mungkasa

Penghargaan AMPL diberikan kepada pemangku kepentingan yang dianggap berjasa dan menunjukkan prestasi kerja yang membanggakan serta memberi kontribusi signifikan bagi pembangunan AMPL

Penghargaan AMPL diberikan kepada pemangku kepentingan yang dianggap berjasa dan menunjukkan prestasi kerja yang membanggakan serta memberi kontribusi signifikan bagi pembangunan AMPL

More info:

Categories:Types, Research
Published by: Oswar Mungkasa on Nov 27, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

09/17/2013

pdf

text

original

 
 
Prosiding AMPL Award WASPOLA Facility - KSAN 2011 
1
PROSIDING
”AMPL AWARD”
 
Untuk Inisiatif Pembangunan AMPL Terbaik bagiPemerintah Kabupaten/Kota danKomunitas Mandiri
Dukungan WASPOLA untuk Konferensi Sanitasi dan Air MinumNasional (KSAN)
Jakarta, 11-13 Oktober 2011
A.
 
L
ATAR
B
ELAKANG
 
onferensi Sanitasi dan Air Minum Nasional (KSAN) 2011 merupakan lanjutan daripenyelenggaraan Konferensi Sanitasi Nasional (KSN) I tahun 2007 dan KSN IItahun 2009. Konferensi yang telah dua kali dilaksanakan tersebut telah berdam-pak positif bagi perkembangan pembangunan sanitasi nasional. Untuk itu, penyeleng-garaan konferensi nasional perlu dilakukan secara reguler untuk menjaga fungsi ad-vokasi bagi para pelaku pembangunan di Indonesia. Setelah tahun 2007 dan tahun 2009,tahun 2011 merupakan waktu yang tepat bagi pelaksanaan konferensi selanjutnya.Untuk konferensi ketiga, selain menjadi ajang mengadvokasi sektor sanitasi, isu air mi-num juga menjadi tema sentral. Hal ini mengingat fakta bahwa penyediaan layanan sani-tasi yang layak sangat tergantung dengan ketersediaan air minum yang layak pula, se-mentara penanganan sanitasi juga merupakan upaya untuk menjaga kualitas sumber air minum. Selain itu, perlahan-lahan, saat ini pembangunan sanitasi telah mulai sejajar dengan air minum kebutuhan lebih jauh untuk mendorong terciptanya sinergi antar keduasektor tersebut.Hal lainnya adalah, mengingat pencapaian target MDGs air minum kita 67,78 persen ditahun 2015 sedangkan kondisi kita saat ini adalah 54 persen. Artinya, masih ada gapsebesar 12 persen yang harus diisi. Dengan tantangan yang sedemikian besar ini,semua pihak harus bahu membahu dan diperlukan mobilisasi seluruh sumber daya yangada. KSAN akan menjadi momentum pertama mempertemukan PEMDA, PDAM danpihak-pihak non-PDAM, stakeholders serta masyarakat bersepakat dan bertemu. Olehkarena itu, tema utama yang diangkat dalam KSAN 2011 kali ini adalah:
Tangani Sani- tasi, Amankan Air Minum 
.” 
 
K
 
 
Prosiding AMPL Award WASPOLA Facility - KSAN 2011 
2
Kegiatan KASN tersebut adalah ajang tepat untuk memberikan
reward 
atau penghargaaninisiatif kepada pelaku AMPL yang mempunyai inisiatif dan inovasi dalam pembangunan AMPL, serta memberikan kontribusi penting dalam upaya pemenuhan akses dan layananair minum dan sanitasi. Maka dengan ini Direktorat Permukiman dan PerumahanBappenas, WASPOLA Facility bekerjasama dengan Ditjen. Bina Bangda dan Ditjen.PMD, Kementerian dalam Negeri akan menyelenggarakan Penghargaan Inisiatif Air Minum dan Penyehatan Lingkungan (AMPL) kepada pemerintah daerah dan komunitasmandiri yang selama ini telah memberikan kontribusi penting dalam upaya pemenuhanakses dan layanan air minum dan sanitasi di daerahnya.
B.
 
T
UJUAN DAN
S
ASARAN
 
 Adapun tujuan dari Penghargaan Inisiatif Air Minum dan Penyehatan Lingkungan (AMPL)selain untuk mendukung KSAN adalah sebagai berikut:
Memberikan
reward 
/penghargaan pelaku AMPL yang melakukan insiatif terbaikdalam pembangunan AMPL di daerahnya.
Mengangkat inovasi daerah dalam pembangunan AMPL sebagai referensi dalamkegiatan
horizontal learning 
program AMPL antar daerah.
Menjadi rujukan bagi daerah lainnya dalam rangka pembelajaran pembangunan AMPL yang efektif dan efisien serta berkelanjutan.
Membangun semangat kompetisi antar pelaku AMPL dalam mendukung pro-gram-program yang telah dicanangkan oleh Kelompok Kerja Air Minum danPenyehatan Lingkungan.
C.
 
K
ELUARAN
 
 Adapun keluaran dari Penghargaan Inisiatif Air Minum dan Penyehatan Lingkungan(AMPL) adalah sebagai berikut:
Terpilih beberapa pemerintah daerah berprestasi yang memenuhi kategori pem-berian award baik dibidang perencanaan, regulasi dan kemitraan terkaitpembangunan AMPL.
 
Terpilih beberapa komunitas mandiri yang memenuhi kategori inisiatif 
community 
 
self financing 
dan inisiatif proyek kemitraan dengan pemerintah maupun proyekterkait AMPL.
Teridentifikasi temuan-temuan inisiasi dan inovasi dari daerah dalam pem-bangunan AMPL sebagai model,
best practice 
maupun
horizontal learning 
untukpercepatan pembangunan AMPL yang bisa menjadi rujukan keberhasilan bagidaerah maupun komunitas lainnya.
 
 
Prosiding AMPL Award WASPOLA Facility - KSAN 2011 
3
D.
 
R
UANG
L
INGKUP
P
EMBERIAN
P
ENGHARGAAN
Untuk pemerintah daerah ruang lingkup penghargaan akan diberikan kepada pemerintahkabupaten/kota yang termasuk dalam kategori:
Memiliki
Perencanaan
yang jelas tertuang dalam RPJMD sampai menjadiRenstra SKPD termasuk upaya untuk mensinergikan rencana pembangunan dariberbagai sektor 
Memiliki
Kelembagaan
yang jelas tupoksinya, memiliki kelembagaan koordinasi,asosiasi pengelola sarana serta pengelolaan pengetahuan.
Memiliki
Regulasi
untuk mempertegas dukungan dalam operasional pem-bangunan AMPL.
 
Pembiayaan
pembangunan AMPL-nya memiliki trend meningkat dalam 3 tahunterakhir, termasuk meningkatnya proporsi yang berasal APBD dan mulai me-manfaatkan alternatif pendanaan lainnya.
Telah melaksanakan
Advokasi
kepada semua pemangku kepentingan sehingga AMPL menjadi salah satu prioritas pembangunan dan masyarakat sadar bahwa AMPL adalah sebuah kebutuhan.
 
Pelaksanaan
pembangunannya sesuai sekuensi pembangunan AMPL, melibat-kan perempuan dan masyarakat serta memiliki contoh keberhasilan dalampelaksanaannya.
 
Cakupan Layanan
AMPL - nya meningkat dalam 3 tahun terakhir, mampu mem-buktikan penurunan angka kesakitan terkait kondisi AMPL, serta meningkatkanprosentasi jumlah kecamatan dan desa ODF.
 
Monitoring dan evaluasi
 
 –
nya telah dilakukan secara rutin, terkelola denganbaik sehingga menghasilkan laporan kemajuan pembangunan AMPL daerahnya
 
Inovasi
daerahnya memberikan kesempatan kepada daerah lain untuk belajar atas keberhasilannya tersebut.Sedangkan untuk Komunitas Pengelola Sarana air minum, adalah komunitasmasyarakat yang memenuhi kategori sebagai berikut :
(I) Kelembagaan
Lembaga, lembaga pengelola memiliki peran dan fungsi, memiliki struktur kelembagaan dan system administrasi sederhana.
Aturan Lembaga, lembaga memiliki peraturan internal dan eksternal
(II) Kinerja Lembaga
Rencana Kegiatan Lembaga, lembaga memilki rencana kegiatan jangka pen-dek, jangka menengah dan jangka panjang secara tertulis dan disepakati ber-sama.
Pelaksanaan, masyarakat berperan aktif dalam pembangunan SAB; Pengu-rus memahami mekanisme operasional SAB; Perhitungan tarif secara demo-kratis; Adanya kontribusi lembaga bagi kas desa; Adanya upaya pelestarianlingkungan dan; Lembaga membuat laporan secara transparan.
Keuangan, darimana saja sumber pendapatan lembaga.
Monitoring, control kualitas, kuantitas dan kontinuitas layanan air.
Dampak , manfaat yang dirasakan masyarakat dan cakupan layanan SAB.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->