Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Look up keyword
Like this
1Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Makalah MANFAAT VITAMIN A PADA GIZI BURUK.docx

Makalah MANFAAT VITAMIN A PADA GIZI BURUK.docx

Ratings: (0)|Views: 102|Likes:
Published by Faisal Awaluddin

More info:

Published by: Faisal Awaluddin on Nov 27, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

08/23/2013

pdf

text

original

 
MANFAAT VITAMIN A PADA GIZI BURUK
Gizi buruk atau malnutrisi dapat diartikan sebagai asupan gizi yang buruk. Hal ini bisadiakibatkan oleh kurangnya asupan makanan, pemilihan jenis makanan yang tidak tepat ataupunkarena sebab lain seperti adanya penyakit infeksi yang menyebabkan kurang terserapnya nutrisidari makanan. Secara klinis gizi buruk ditandai dengan asupan protein, energi dan nutrisi mikroseperti vitamin yang tidak mencukupi ataupun berlebih sehingga menyebabkan terjadinyagangguan kesehatan.
1
Orang yang menderita gizi buruk akan kekurangan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuhuntuk tumbuh atau untuk menjaga kesehatannya. Seseorang dapat terkena gizi buruk dalam jangka panjang ataupun pendek dengan kondisi yang ringan ataupun berat. Gizi buruk dapatmempengaruhi kesehatan fisik dan mental. Orang yang menderita gizi buruk akan mudah untuk terkena penyakit atau bahkan meninggal dunia akibat efek sampingnya. Anak-anak yangmenderita gizi buruk juga akan terganggu pertumbuhannya, biasanya mereka tidak tumbuhseperti seharusnya (kerdil) dengan berat badan di bawah normal.
1
Orang akan menderita gizi buruk jika tidak mampu untuk mendapat manfaat darimakanan yang mereka konsumsi, contohnya pada penderita diare, nutrisi berlebih, ataupunkarena pola makan yang tidak seimbang sehingga tidak mendapat cukup kalori dan protein untuk pertumbuhan tubuh.
1
Beberapa orang dapat menderita gizi buruk karena mengalami penyakit atau kondisitertentu yang menyebabkan tubuh tidak mampu untuk mencerna ataupun menyerap makanansecara sempurna. Contohnya pada penderita penyakit seliak yang mengalami gangguan padasaluran pencernaan yang dipicu oleh sejenis protein yang banyak terdapat pada tepung yaitugluten. Penyakit seliak ini mempengaruhi kemampuan tubuh untuk menyerap nutrisi sehinggaterjadi defisiensi.
1
Gizi buruk dapat terjadi apabila tubuh tidak mendapatkan cukup makanan dan nutrisi,seperti pada kasus kelaparan. Defisiensi 1 jenis vitamin pun dapat di kategorikan sebagai giziburuk. Pada beberapa kasus gizi buruk dapat menunjukkan gejala yang sangat ringan ataubahkan tanpa gejala. Tetapi pada kasus lain yang berat gizi buruk dapat mengakibatkankerusakan organ tubuh yang tetap walaupun telah diselamatkan.
1
 
Gizi buruk dapat mempengaruhi kesehatan tubuh baik fisik dan mental. Semakin beratkondisi gizi buruk yang diderita (semakin banyak nutrisi yang kurang) akan memperbesar resikoterjadinya masalah kesehatan secara fisik.
1
Pada gizi buruk yang berat dapat terjadi kasus seperti marasmus (lemah otot) akibatdefisiensi protein dan energi, kretinisme dan kerusakan otak akibat defisiensi yodium, kebutaandan resiko terkena penyakit infeksi yang meningkat akibat defisensi vitamin A, sulit untuk berkonsentrasi akibat defisiensi zat besi.
1
MANFAAT VITAMIN AManfaat vitamin A
banyak sekali berhubungan dengan mata. Tapi sebenarnya, vitaminA juga memiliki banyak manfaat lain. Vitamin A merupakan vitamin yang larut dalam lemak.Didalamnya terdapat senyawa seperti retinol, retinil palmitat, dan retinil asetat. Retinol adalahsenyawa yang memiliki peran paling banyak dalam tubuh. Untuk mendapatkan manfaatnya,dapat diperoleh dari makanan yang mungkin setiap hari dikonsumsi. Namun ada beberapamakanan yang memang mengandung vitamin A cukup tinggi. Dapat diperoleh dari susu, ikan,sayuran terutama yang bewarna hijau dan kuning, serta buah-buahan terutama yang bewarnamerah dan kuning.
2
Wortel, tomat, apel, dan pepaya merupakan buah-buahan yang memiliki kandungvitamin A paling banyak. Untuk sayuran, Anda bisa memperolehnya dari ubi, labu kuning danbayam. Dengan mengkonsumsi secara teratur dan tepat, Anda akan mendapatkan manfaatnyasecara maksimal.
2
Berikuti ini adalah beberapa
manfaat vitamin A
:
2
 
Vitamin A sangat berperan dalam pembentukan indera penglihatan. Vitamin ini akanmembantu mengubah sinyal molekul dari sinar atau cahaya yang diterima retina untuk menjadi suatu proyeksi gambar di otak kita.
 
Vitamin A dapat membantu sel untuk bereproduksi secara normal. Jika sel-sel tersebuttidak bereproduksi secara normal, bisa berubah menjadi pra-kanker.
 
Vitamin A juga sangat baik bagi ibu hamil. Karena dapat membantu pertumbuhan danperkembangan embrio dan janin, serta akan mempengaruhi gen untuk perkembanganorgannya.
 
 
Vitamin A melindungi tubuh dari inveksi organisme asing seperti bakteri patogen.Vitamin ini akan meningkatkan aktivitas kerja dari sel darah putih dan antibodi di dalamtubuh, sehingga tubuh menjadi lebih resisten terhadap senyawa toksin ataupun seranganmikroorganisme parasit.Ada beberapa gejala dan tanda yang dapat dikenali jika seseorang kekurangan vitamin A.Gejala tersebut diantaranya mengalami rabun senja atau kesulitan saat melihat di malam hari,peradangan kulit hingga menjadi infeksi, hingga anemia.
2
Selain itu, kekurangan vitamin A juga dapat berpengaruh pada pertumbuhan tulang dangigi, hingga syaraf. Hal tersebut bisa berdampak pada kerusakan gigi, perubahan bentuk tulanghingga mengakibatkan kelumpuhan.
2
Dengan segala manfaat yang terkandung didalamnya, mulailah dari sekarang untuk mengkonsumsi makanan yang mengandung vitamin A. Tidak hanya mendapatkan
manfaatvitamin A
, Anda juga akan merasakan tubuh Anda lebih sehat.
2
Vitamin A adalah vitamin yang dapat dipecahkan lemak dengan empat fungsi utama padatubuh:
3
 
Vitamin A membantu sel bereproduksi secara normal, sebuah proses yang disebutdiferensiasi. Sel-sel yang tidak berdiferensiasi dengan seharusnya bisa berubah menjadipra-kanker.
 
Vitamin A diperlukan untuk penglihatan. Vitamin A menjaga kesehatan sel pada berbagaimacam struktur mata dan diperlukan untuk transfer cahaya menjadi tanda-tanda syaraf diretina.
 
Vitamin A diperlukan untuk pertumbuhan normal dan pengembangan embrio dan janin,memengaruhi gen yang menentukan rangkaian perkembangan organ-organ padaperkembangan embrio.
 
Vitamin A diperlukan untuk fungsi reproduksi normal, dengan pengaruh pada fungsi danpembentukan sperma, indung telur dan plasenta.Untuk beberapa orang, bentuk-bentuk vitamin A suplemen yang dapat dipecahkan olehair tampaknya dapat diserap lebih baik daripada vitamin A yang dipecahkan oleh lemak.
3,4

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->