Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more ➡
Download
Standard view
Full view
of .
Add note
Save to My Library
Sync to mobile
Look up keyword
Like this
2Activity
×
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Asuhan Keperawatan Pasien Dengan Kanker Payudara

Asuhan Keperawatan Pasien Dengan Kanker Payudara

Ratings: (0)|Views: 456|Likes:
Published by Erfin Wawe
uyfyi
uyfyi

More info:

Published by: Erfin Wawe on Nov 27, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, DOCX, TXT or read online from Scribd
See More
See less

01/08/2013

pdf

text

original

 
KONSEP DASARCa. MAMME (KANKER PAYUDARA)
1.
 
Pengertian
 Kanker payudara adalah kanker yang berasal dari kelenjar, saluran kelenjar, dan jaringan penunjang payudara (Luwia, 2003). Menurut Cahyani cit Pramadhiani (2000)kanker payudara adalah benjolan pada payudara yang tumbuh secara abnormal terusmenerus dan tidak terkendali.Kanker payudara adalah kanker yang relatif sering dijumpai pada wanitamerupakan penyebab kematian utama pada wanita berusia antara 45 dan 64 tahun(Elizaberth J. Corwin, 2000 : G67)Kanker payudara adalah jenis kanker kedua penyebab kematian karena kankerpada wanita, dengan perkiraan 46.000 meninggal pada tahun 1994. (Danielle Gale, RN.MS, 1999 : 127)Kanker payudara merupakan salah satu kanker yang terbanyak ditemukan diIndonesia biasanya ditemukan umur 40-49 tahun dan letak terbanyak dikuadran lateralatas (Mansjoer, 2000 : 283)2.
 
Tanda dan Gejala
a.
 
Benjolan atau penebalan pada payudara. Ditemukan pada wanita itu sendiri akantetapi Kebanyakan ditemukan kebetulan tidak dengan pemerikasaan SADARIb.
 
Pada tahap lanjut, kulit cekung (lesung), retraksi atau deviasi putting susu nyerii.
 
Nyeri tekan atau rabas khususnya berdarah dari puttingii.
 
Kulit peau d’o
rangeiii.
 
Kulit tebal dengan pori-pori menonjol seperti kulit jeruk iv.
 
Ulserasi pada payudarac.
 
Bila sudah metastasisi.
 
Nyeri pada bahu, pinggang, bahu bagian bawah atau pelvisii.
 
Batuk menetapiii.
 
Anoreksi atau BBiv.
 
Gang pencernaanv.
 
Pusing, penglihatan kabur dan kepala
 
d.
 
Pembesaran kelenjar getah bening(Gale .1991 : 128)3.
 
Etiologi
 Penyebab kanker payudara secara pasti belum diketahui, tetapi terdapat seranganfaktor:a.
 
Genetik: Bukti yang terus bermunculan menunjukan bahwa perubahan genetik berkaitan dengan kanker payudara, namun apa yang menyebabkan perubahangenetik masih belum diketahui perubahan genetik ini termasuk perubahan ataumutasi dalam gen normal, dan pengaruh protein baik yang menekan ataumeningkatkan perkembangan payudara.b.
 
Hormonal: Hormon steroid yang dihasilkan oleh ovarium mempunyai peranpenting dalam kanker payudara. Dua hormon ovarium utama yaitu estradioldan progesteron mengalami perubahan dalam lingkungan seluler, yang dapatmempengaruhi faktor pertumbuhan bagi kanker payudara.c.
 
Lingkungan: Kemunkinan kejadian lingkungan dapat menunjang terjadinyakanker payudara. Yaitu keadaan lingkungan dengan paparan sinar radioaktif,sinar X dan pencemaran bahan-bahan kimiad.
 
Berat Badan: Berat badan bisa mempengaruhi terjadinya kanker payudarakarena simpanan lemak adalah sumber produksi hormon estrogen.4.
 
Faktor Resiko
 a.
 
Riwayat pribadi tentang kanker payudara. Resiko mengalami kanker payudara padapayudara sebelahnya meningkat hampir 1% setiap tahun.b.
 
Anak perempuan atau saudara perempuan (hubunagn keluarga langsung) dari wanitadengan kanker payudara. Resiko meningkat dua kali jika ibunya terkena kankersebelum berusia 60 tahun. Resiko meningkat 4-6 kali jika kanker payudara terjadipada dua orang saudara langsung.c.
 
Menarke dini. Resiko kanker payudara meningkat pada wanita yang mengalamimenstruasi sebelum usia 12 tahun.d.
 
Nulipara dan usia maternal lanjut saat kelahiran anak pertama. Wanita yangmempunyai anak pertama setelah usia 30 tahun mempuyai resiko dua kali lipat untuk 
 
mengalami kanker payudara dibanding dengan wanita yang mempunyai anak pertamamereka pada usia sebelum 20 tahun.e.
 
Menopause pada usia lanjut. Menopause setelah usia 50 tahun meningkatkan risikountuk mengalami kanker payudara. Dalam perbandingan, wanita yang telah menjalaniooforektomi bilateral sebelum usia 35 tahun mempunyai resiko sepertiganya.f.
 
Riwayat penyakit payudara jinak. Wanita yang mempunyai tumor payudara disertaiperubahan epitel proliferatif mempunyai resiko dua kali lipat untuk mengalamikanker payudara. Wanita dengan hiperplasia tipikal mempunyai resiko empat kalilipat untuk mengalami penyakit ini.g.
 
Pemajanan terhadap radiasi ionisasi setelah masa pubertas dan sebelum usia 30 tahunberisiko hampir dua kali lipat.h.
 
Obesitas, risiko rendah diantara wanita pascamenopause. Bagaimanapun, wanitagemuk yang didiagnosa penyakit ini mempunyai angka kematian lebih tinggi, yangpaling sering berhubungan dengan diagnosis yang lambat.i.
 
Kontraseptif oral. Wanita yang menggunakan kontraseptif oral beresiko tinggi untuk mengalami kanker payudara. Bagaimanapun, resiko tinggi ini menurun dengan cepatsetelah penghentian medikasi. j.
 
Terapi penggantian hormon. Terdapat laporan yang membingungkan tentang resikokanker payudara pada terapi penggantian hormon. Wanita yang berusia lebih tua yangmenggunakan estrogen suplemen dan menggunakannya untuk jangka panjang (Lebihdari 10-15 tahun) dapat mengalami peningkatan risiko. Sementara penambahanprogesteron terhadap penggantian estrogen meningkatkan insiden kankerendometrium, hal ini tidak menurunkan risiko kanker payudara.k.
 
Masukan alkohol. Sedikit peningkatan risiko ditemukan pada wanita yangmenkonsumsi alkohol bahkan dengan hanya sekali minum dalam sehari. Resikonyadua kali lipat diantara wanita yang minum alkohol tiga kali sehari. Di negara dimanaminuman anggur dikonsumsi secara teratur (misal: Prancis dan Itali), Angkanyasedikit lebih tinggi. Beberapa temuan reseach menunjukkan bahwa wanita muda yangminum alkohol lebih rentan untuk mengalami kankar payudara pada tahun-tahunterakhirnya.

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->