Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more ➡
Download
Standard view
Full view
of .
Add note
Save to My Library
Sync to mobile
Look up keyword
Like this
19Activity
×
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
laporan

laporan

Ratings:

4.0

(1)
|Views: 8,253|Likes:
Published by redi_1924

More info:

Published by: redi_1924 on Jan 29, 2009
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See More
See less

03/07/2013

pdf

text

original

 
BAB IPENDAHULUAN1.1 Latar Belakang Praktek. 
Dalam melaksanakan parogram Praktek Kerja Industri (PRAKERIN), banyak sekalikegiatan yang dilakukan siswa selama mengikuti kegiatan PRAKERIN.Untuk meningkatkan efisinsi proses pendidikan dan pelatihan tenaga kerja yang berkualitas sehingga zn dan penghargaan tehadap pengalaman kerja sebagai bagian proses dari pendidikan. Maka siswa diwajibkan membuat buku laporan prakerin yang bertujuan agar pihak sekolah dan perusahaan mengetahui kegiatan yang dilakukansiwa selama mengikuti program PRAKERIN.Latar belakang penulisan laporan, erat sekali kaitan dengan kegiatan PRAKERIN,karena penulisan laporan ni berdasarkan akhir dari kegiatan selama melaksanakan program PRAKERIN.
1.2 Tujuan Praktek Kerja Industri.
Adapun tujuan yang hendak dicapai dalam pelaksanaan prakerin ini adalah :
Memahami penerapan ilmu kimia industri dalam dunia industri,khususnya di industri PT. Krakatau Steel.
Mendapatkan gambaran nyata tentang pengoperasian kerja dan penerpannya dalam upaya pengoperasian suatu sarana produksi termasuk diantaranya managemen pengolahan dan peraturan kerja.
Mendapatkan gambaran nyata tentang proses dan pengoperasian yang berfungsi sebagai sarana produksi.
Memahami karakteristik perangkat-perangkat proses pada Dinas FluidCertre di PT. Krakatau Steel.
Mengetahui tentang proses penyediaan kebutuhan air pendingin di fluidcentre WTP 1, 2, dan 3.
Laporan praktek kerja industri Di PT. Krakatau steel
1
 
1.3. Tujuan Penyusunan Laporan.
Siswa mampu mecari alternative pemecahan sesuai dengan program bidang studiyang dipilih secara luas dari karya tulisnya. Siswa mampu memahami danmengembangkan pelajaran yang didapat di sekolah dan di dunia industri.Mengumpulkan data dan untuk kepentingan sekolah dan juga diri sendiri, salahsatunya untuk mengikuti UAN (Ujian Akhir Nasional).
1.4. Sejarah Singkat PT. Krakatau Steel (Flat Product Specipication,PT.Krakatau Steel). 
Pada tahun 1956 Perdana Mentri Ir.Juanda mencetuskan gagasan awal tentang perlunya industri baja di Indonesia. Melalui kerja sama di bidang ekonomi dan teknik antara Indonesia dan UNI Soviet maka setelah penelitian dan studi banding pada tahun1957, mulai dibangunlah Pabrik Baja Trikora Cilegon pada tanggal 20 Mei 1962.Pembangunan ini direncanakan selesai tahun 1968. Namun pada tahun 1965 pembangunan proyek Besi Baja Trikora terhenti karena adanya pemberontakan G 30S/PKI.Pada tahun 1970 pemerintah mengadakan usaha untuk melanjutkan proyek inikarena pemerintah Rusia menghentikan bantuannya. Sedangkan para teknisidipulangkan tanpa memberikan serah terima pekerjaan pada pemerintah Indonesia.Kemudian proyek Besi Baja Trikora Cilegon diubah namanya menjadi
PT. KrakatauSteel.
Berdasarkan intruksi Presiden RI. No. 17 tanggal 28 November 1967 tentangadanya pengarahan dan penyederhanaan dari satu per usahaan agar ke dalam tiga bentuk perusahaan agar lebih bermanfaat dalam rangka pembangunan ekonomi sertakemakmuran bangsa dan Negara.Ketiga bentuk perusahaan tersebut adalah :1.Perusahaan Negara/Perusahaan Umum (Public Coorperation) atauPERUM.2.Usaha-usaha Negara/Perusahaan Negara (Public State Company) atauPERSERO.
Laporan praktek kerja industri Di PT. Krakatau steel
2
 
3.Usaha-usaha Negara/Perusahaan Jawatan Negara atau PERJAN.PT. Krakatau Steel didirikan berdasarkan surat Pemerintahan No.35 padatanggal 31 Oktober 1971 dihadapan notaries Tan Thongkie di Jakarta. Kemudiandiperbaiki berdasarkan naskah No. 25 dihadapan notaries yang sama pada tahun 1971.Tujuan dibangunnya kembali Proyek Besi Baja Trikora yaitu:1.Memenuhi kebutuhan baja di Indonesia.2.Meningkatkan devisa Negara melalui ekspor besi baja keluar negeri.3.Sebagai pusat penelitian kadet industri.4.Membuka lapangan kerja baru, sehingga akan mengurangi angka pengangguran yang telah ada. Pada tahun 1973 dengan bantuan dari Pertamina PT. Krakatau Steelmemutuskan untuk memperluas kapasitas produksi agar bisa membuat billet sendiridan langsung membuat baja lembaran atau coil slab. Akan tetapi rencana ini tertundakarena Pertamina meng alami masalah keuangan, sehingga lahirlah Keppres No.30tanggal 17 Agustus 1975, tentang kalanjutan pembangunan PT. Krakatau Steel tahap pertama dengan kapasitas produksi ½ juta ton pertahun.Pada tanggal 27 Juli 1977 Presiden Soeharto meresmikan Pabrik Besi Beton,Pabrik Besi Profil dan Pelabuhan Cigading serta me resmikan pula pada tanggal 90ktober 1979. Pabrik Besi Spons, Pabrik Billet, Pabrik Batang Kawat, KrakatauHugovent International. Ltd,PLTU 400 MW dan PUSAT penjernihan air (dengankapasitas 2000 liter/detik).Pada tahun 1982 terjadi penambahan dua module Pabrik Besi Spons, Pabrik SlabBaja, Pabrik Hot Strip Mill. Tahun 1985 PT. Krakatau Steel telah mampu mengekspor  besi baja ke Negara Jepang, Korea, Cina, Amerika, Inggris, Negara Timur Tengah,dan Negara-negara ASEAN.Berdasarkan Keppres RI. No.44 tanggal 28 Agustus 1989, PT. Krakatau Steel bersama perusahaan strategis lainnya masuk ke dalam lingkungan PengolahanIndustri Strategis (BPIS) yang ketuai oleh Prof. Dr. Ir. Bj. Habibie dengan setatus perusahaan menjadi Badan Usaha milik Negara Strategis (BUMN).
Laporan praktek kerja industri Di PT. Krakatau steel
3

Activity (19)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
03ASEPJAELANI liked this
Yayan Haryanto liked this
Nurul Sarah liked this
-whila Oktarmila liked this
Allifa Zamzam liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->