Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Look up keyword
Like this
3Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Definisi Pasien Safety

Definisi Pasien Safety

Ratings: (0)|Views: 242|Likes:

More info:

Published by: LiLis LaYlis AisYah Chinmoyy on Nov 29, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

05/05/2013

pdf

text

original

 
DEFINISI PASIEN SAFETYNo Definisi Sendiri Definisi Buku Definisi WHO1 Dimana upaya rumah sakit atautenaga kesehatan lainya membentuk suatu system untuk menjaga danmencegah pasien dari cidera(kejadian yang tidak diinginkan)(Diah)Suatu keadaan seseorang atau lebihyang terhindar dari ancaman bahayaatau kecelakaan (kebutuhan dasarmanusian dan proses keperawatan, hal.143, edisi 4) Tarwoto dan Wartonah(Irma)Pasien safety adalah Gagal melaksanakansepenuhnya suatu rencana atau menggunakanrencana yang salah untuk mencapai tujuannya dalammenangani pasien. Kesalahan ini dapat berupakesalahan akibat melaksanakan suatu tindakan(
commission
) atau tidak mengambil tindakan yangseharusnya diambil (
omission
). (WHO, 2005)(Novi)2 Klien yang dimana semua anggotamedis atau anggota yang lainnyaharus bertanggung jawab ataumenjaga keselamatan pasien atauklien di dalam lingkungan rumahsakit(Siti R)Sistem (tatanan) pelayanan dalam suaturumah sakit yang memberikan asuhanpasien secara lebih aman.(being a great and sustainable hospital)Rochmanadji widajat 2009 Hal.83(Marni)
 
Keselamatan pasien adalah prinsip dasar perawatankesehatan. Setiap titik dalam proses perawatan-memberi berisi tingkat tertentu unsafety melekat.
 
Efek samping mungkin hasil dari masalah dalampraktek,, prosedur produk atau sistem. Perbaikankeselamatan pasien menuntut upaya seluruh sistemyang kompleks, melibatkan berbagai tindakandalam peningkatan kinerja, keamanan lingkungandan manajemen risiko, termasuk pengendalianinfeksi, penggunaan yang aman dari obat-obatan,peralatan keselamatan, praktek klinis yang amandan lingkungan yang aman perawatan.
 
(Rizky I)3 Suatu pelayanan kesehatan yangbertujuan mengutamakan keamanankenyamanan dan keselamatan pasiendari KTD dan tenaga kesehatansebagai yang bertanggung jawab(Resti)Suatu sistem yang membuat asuhanpasien di rumah sakit menjadi lebihaman(Diagnosa keperawatan padakeperawatan psikiatri Edisi 3. 2006Hal.113) Mary. C. Townsend(Dewi)
Patient safety
sendiri merupakan proses pelayananrumah sakit secara lebih aman, termasuk 
assessment 
risiko, identifikasi dan manajemen risiko terhadappasien, pelaporan dan analisis insiden, kemampuanuntuk belajar dan menindaklanjuti insiden sertapenerapkan solusi untuk meminimalisasi risiko. (Rika)4 Keselamatan pasien di rumah sakitpasient safety yang berhubungandengan perawat yang memberikanpendokumentasian kepada pasien(Mina)Keadaan dimana pasien terbebas daricedera fisik atau penyakit danpsikologis (fundramental keperawatan,Volume.2, Hal.1155, Edisi 4, 2006)Potter & Perry(Melisa)Keselamatan pasien adalah tidak adanya bahayadapat dicegah kepada pasien selama prosesperawatan kesehatan. Disiplin keselamatan pasienadalah upaya terkoordinasi untuk mencegahkerusakan, yang disebabkan oleh proses perawatankesehatan itu sendiri, dari terjadi kepada pasien.Selama sepuluh tahun terakhir, keselamatan pasientelah semakin diakui sebagai masalah kepentinganglobal, namun masih banyak pekerjaan yang harusdilakukan.(Ai Siti)5 Keamanan, kenyamanan, dankeselamatan pasien selama di rumahsakit, dan pasien berhak Keselamatan pasien yaitu bagian darimutu.Keselamatan merupakan sasaran yangKeselamatan pasien merupakan prinsip dasar dariperawatan pasien dan komponen yang penting darimanagemen mutu.
 
mendapatkannya serta semua timmedis harus bisa mencegahterjadinya hal-hal yang merugikanpasien(Siti K)paling dapat dirasakan oleh pasien.Pelayanan yang bermutu dan aman bagipelanggan (pasien) saling berkaitan dantidak dapat dipisah-pisahkan(membangun budaya keselamatanpasien)J.B Suharjo B Cahyono. Dr. Sp. Pd2008)(Wulan)(Riska)6 Seseorang yang mempunyai hak untuk mendapatkan keselamatan,keamanan serta kenyamanan dalampelayanan kesehatan ketika berada dirumah sakit baik klien, atau keluargaklien juga petugas kesehatan yangberada di rumah sakit tersebut(Dea)Keselamatan fisik dan keselamatanpsikologisKeselamatan fisik yaitumempertahankan keselamatan yangmelibatkan keadaan mengurangi ataumengeluarkan ancaman pada tubuh ataukehidupan seperti penyakit, kecelakaan,bahaya.Keselamatan psikologis seperti merasatidak aman atau merasa terancam danperan perawat yaitu untuk membantumelindungi mereka dari bahaya(Buku ajar Fundramental keperawatanDefinisi dari pasien safety adalah pencegahankesalahan dan dampak buruk terhadap pasienberkaitan dengan pelayanan kesehatan.(Putra)

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->