Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
3Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Perkembangan Anak Usia Sekolah

Perkembangan Anak Usia Sekolah

Ratings: (0)|Views: 176 |Likes:

More info:

Published by: Adicakra Satyanugraha Sutan on Nov 30, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

05/28/2013

pdf

text

original

 
 
1
 
PERKEMBAGA AAK USIA SEKOLAH DITIJAUDARI ASPEK PERKEMBAGA FISIK,PSIKOLOGIS, DA SOSIAL
Adicakra Satyanugraha Sutan090600079
Departemen Ilmu Kesehatan Gigi Anak Mahasiswa Fakultas Kedokteran Gigi, Universitas Sumatera UtaraJl. Alumni No. 2, Kampus USU Medan 20155
PEDAHULUA
Masa perkembangan anak merupakan suatu hal yang khusus yaitu sebagai masa bertumbuh dan berkembangnya semua aspek dan fungsi yang ada dalam diri anak, meliputi perkembangan fisik, intelektual, dan sosial yang berlangsung secara serentak dan seimbang(multidimensional).
1
Masa perkembangan anak dimulai dari sejak saat di dalam kandungansampai pada usia remaja. Kategori anak di atas dapat diketahui berdasarkan UU No.20 Tahun2002 tentang Perlindungan anak dan WHO bahwa yang termasuk usia anak adalah sebelumusia 18 tahun dan belum menikah. Selain itu dapat dipertegas berdasarkan UU No.23 Tahun2002 tentang Perlindungan anak bahwa seseorang yang belum berusia 18 tahun termasuk yang berada dalam kandungan dapat dikategorikan sebagai anak.
1,4
 Masa anak usia sekolah merupakan masa kanak-kanak akhir yang berlangsung dari umur enam tahun sampai umur dua belas tahun. Pada masa ini merupakan masa yang akanmenentukan kualitas seseorang manusia dewasa nantinya. Anak-anak pada masa ini memilikikarakteristik yang unik dan berbeda-beda setiap anak. Ada anak yang memiliki tubuh yanglebih besar atau lebih kuat dari yang lain sehingga mahir dalam olahraga tertentu dan ada juga yang memiliki kecerdasan tertentu. Adanya perbedaan dalam intelegensi, perkembanganfisik, kemampuan kognitif dan bahasa, serta perkembangan kepribadian dapat menghasilkan pribadi-pribadi yang berbeda dalam segala aspek dan bidang.
2
 
 
 
2
 
 Namun, apabila dikaitkan dengan perawatan gigi, berbagai macam perbedaan yangditunjukkan oleh setiap anak dapat mempersulit pekerjaan seorang dokter gigi. Dari sekian banyak perbedaan dan keunikan, setiap anak pasti memiliki ciri-ciri mendasar berdasarkantahapan pertumbuhan dan perkembangannya. Ciri-ciri mendasar inilah yang harus kitaketahui agar dapat memudahkan kita dalam melakukakan suatu tindakan medis / perawatan.Oleh karena itu dalam makalah ini akan dibahas ciri-ciri / kararkteristik tersebut ditinjaudari aspek perkembangan fisik anak, perkembangan psikologis, serta perkembangansosiologis sesuai dengan tahapan perkembangan usia sekolah.
KOSEP DASAR PERKEMBAGA AAK 
Manusia terus berkembang selama hidupnya sehingga perkembangan bersifat spesifik dan berbeda antara anak-anak dengan orang dewasa. Perkembangan anak merupakan hasilmaturasi atau pematangan organ-organ tubuh terutama susunan saraf pusat. Perkembangan pula dipengaruhi oleh faktor biofisikopsikososial dan faktor genetik.
1
 Dalam proses perkembangan terdapat berbagai tahapan yang harus dilalui oleh anak dalam rangka menuju kedewasaan. Perkembangan anak meliputi perkembangan fisik,kognitif, psikologis, bahasa, motorik, dan personal sosial serta adaptif.
1
 
Ciri-ciri perkembangan anak :
1. Perkembangan dimulai pada masa pranatal dan proses belajar dimulai setelah lahir.Maksudnya adalah perkembangan dan proses belajar harus dimulai pada waktu prenataldan pascanatal. Hal ini akan berlangsung secara terus menerus.2. Perkembangan memiliki berbagai dimensi yang saling berhubungan. Maksudnya adalahaspek-aspek perkembangan yang telah disebutkan di atas saling mempengaruhi satusama lain. Kemajuan dalam suatu bidang menyebabkan kemajuan pula di bidang lainnya. Namun kesalahan atau keterlambatan dalam suatu bidang akan pula mempengaruhi bidang lainnya. Contohnya anak yang malas belajar seringg kurang percaya diri. Ciri inimenunjukkan bahwa perkembangan bersifat holistik/utuh sehingga dalammemperhatikan anak harus memperhatikan segala aspek perkembangan.
 
 
3
 
3. Perkembangan berlangsung pada tahap yang dapat diramalkan dan proses belajar terjadi pada sekuen yang dapat dimengerti. Maksudnya anak tidak dapat diajarkan sesuatusebelum waktunya ia dapat belajar.4. Perkembangan dan belajar berlangsung berkelanjutan sebagai hasil dari interaksi dengansekitarnya. Maksudnya peran orang tua adalah memberi kesempatan pada anak untuk  bekerja dangan benda yang kongkret, memiliki kesempatan memilih, melakukaneksplorasi pada benda atau ide, bereksperimen dan mendapatkan suatu penemuan. Selainitu anak juga membutuhkan kesempatan untuk berinteraksi dengan sekitaranya sehinggaanak merasa aman dan nyaman.5. Anak sebagai peserta aktif dalam proses perkembangan belajarnya. MaksudnyaKetrampilan sebagai dasar untuk membangun pengetahuan akan meningkat dengan praktek. Oleh karena itu anak harus diberi kesempatan untuk membangun pengetahuannya melalui eksplorasi.
1
 
PERKEMBAGA AAK USIA SEKOLAH
Masa usia sekolah merupakan suatu masa usia anak yang sangat berbeda dengan usiadewasa. Masa usia sekolah disebut juga masa pra remaja atau masa pra pubertas. Masa inidialami dari umur 6 – 12 tahun. Selain itu masa ini juga disebut sebagai masa laten yaitumasa yang sangat mempengaruhi kehidupan anak pada saat dewasa. Misalnya perlakuan baik yang diterima selama perawatan gigi pada masa ini akan berdampak baik bagi kehidupananak pada masa mendatang. Sebaliknya apabila perlakuan yang buruk yang ia terima makaakan berdampak buruk pula pada kehidupan masa mendatang.
1,2
 Dalam melakukan perawatan gigi pada anak khususnya pada usia sekolah, sebaiknya kitaharus memperhatikan perkembangan anak yang terjadi pada masa usia tersebut.Perkembangan anak tersebut dapat dilihat dari segi perkembangan fisik, perkembangan psikologis yang meliputi kemampuan kognitif, kemampuan motorik, kemampuan bahasa, perkembangan emosi, dan intelektual, serta perkembangan sosial yang meliputi perkembangan moral, sikap dan tingkah laku. Hal ini penting diketahui oleh seorang dokter gigi agar perawatan yang dilakukan dapat dilakukan secara utuh / komprehensif, lancar, dan

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->