Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
5Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Format Makalah Sistem Tertanam PTA12-13

Format Makalah Sistem Tertanam PTA12-13

Ratings: (0)|Views: 51 |Likes:
Published by Jer Tyrant R

More info:

Published by: Jer Tyrant R on Nov 30, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

09/06/2013

pdf

text

original

 
1
 
Petunjuk Penulisan MakalahSistem Tertanam
 
Created by NTS
PETUNJUK PENULISANMAKALAHSISTEM TERTANAM D3
 
TUJUAN
 Tujuan pembuatan makalah sistem tertanam adalah melatih mahasiswa untuk dapatmenguraikan dan membahas suatu permasalahan secara ilmiah dan dapat menuangkannyasecara ilmiah dan menuangkannya secara teoritis, jelas dan sistematis.
ISI DAN MATERI
 Isi dari Penulisan Makalah Proyek Sistem Tertanam diharapkan memenuhi aspek-aspekdi bawah ini :1. Relevan dengan praktikum yang bersangkutan.2. Mempunyai pokok permasalahan yang jelas.3. Masalah dibatasi, sesempit mungkin.
STRUKTUR PENULISAN MAKALAH PROYEK SISTEM TERTANAM D3
 Susunan struktur Penulisan Makalah Proyek Sistem Tertanamadalah sebagai berikut :1. Bagian Awal2. Pendahuluan3. Tinjauan Pustaka / Landasan Teori.4. Hasil Penelitian dan Analisa / Pembahasan dan Analisa Bagian Pokok5. Kesimpulan (& Saran)6. Bagian akhir 
1. Bagian Awal
 Bagian Awal, terdiri atas :- Halaman JudulDitulis sesuai dengan cover depan Penulisan Makalah Proyek Sistem Tertanam D3.- Lembar PengesahanDituliskan Judul Proyek, Nama, NPM, Lulus, dan tanda tangan asisten pembimbing &Penanggung jawab praktikum Sistem Tertanam.- AbstraksiBerisi ringkasan dari penulisan. Maksimal 1 halaman.- Kata Pengantar Berisi ucapan terima kasih kepada pihak-pihak yang ikut berperan dalam pelaksanaanpenelitian (Kepala Lab ELKOM, Kordinator Lab, Admin, PJ.Praktikum, AsistenPembimbing, dll).- Daftar Isi- Daftar Tabel- Daftar Gambar Kalau ada- Daftar Lam
 
piran
 
 
Petunjuk Penulisan MakalahSistem Tertanam
 
Created by NTS
2. Pendahuluan
 Pendahuluan menguraikan pokok persoalan. Terdiri dari :- Latar Belakang MasalahMenguraikan mengapa penulis sampai kepada pemilihan topik permasalahanyang bersangkutan.- Rimusan Masalah ( boleh ada, boleh tidak )- Masalah dan Pembatasan MasalahMemberikan batasan yang jelas bagian mana dari persoalan yang dikaji dan bagianmana yang tidak.- Tujuan PenulisanMenggambarkan hasil-hasil yang diharapkan dari penelitian ini denganmemberikan jawaban terhadap masalah yang diteliti.- Metode PenelitianMenjelaskan cara pelaksanaan kegiatan penelitian, mencakup cara pengumpulan data,alat yang digunakan dan cara analisa data.Jenis-Jenis Metode Penelitian :a. Studi Pustaka : Semua bahan diperoleh dari buku-buku dan/atau jurnal.b. Studi Lapangan : Data diambil langsung di lokasi penelitian.c. Gabungan : Menggunakan gabungan kedua metode di atas.- Sistematika PenulisanMemberikan gambaran umum dari bab ke bab isi dari Penulisan Makalah.
3. Landasan Teori
 Menguraikan teori-teori yang menunjang penulisan / penelitian, yang bisadiperkuat dengan menunjukkan hasil penelitian sebelumnya.
4. Hasil Penelitian dan Analisa
 Bagian ini dapat dipecah menjadi beberapa bab (misalnya Bab 3 dan Bab 4)tergantung kebutuhan :- Hasil PenelitianMenguraikan hasil penelitian yang mencakup semua aspek yang terkait dengan penelitian.- Analisa dan PembahasanMembahas tentang keterkaitan antar faktor-faktor dari data yang diperoleh dari masalahyang diajukan kemudian menyelesaikan masalah tersebut dengan metode yangdiajukan dan menganalisa proses dan hasil penyelesaian masalah.
5. Kesimpulan (dan Saran)
 Bab ini bisa terdiri dari Kesimpulan saja atau ditambahkan Saran.- KesimpulanBerisi jawaban dari masalah yang diajukan penulis, yang diperoleh dari penelitian.- SaranDitujukan kepada pihak-pihak terkait, sehubungan dengan hasil penelitian.
 
3
 
Petunjuk Penulisan MakalahSistem Tertanam
 
Created by NTS
6. Bagian Akhir 
 - Daftar PustakaBerisi daftar referensi (buku, jurnal, majalah, dll), yang digunakan dalam penulisan.- Daftar SimbolBerisi deretan simbol-simbol yang digunakan di dalam penulisan, lengkapdengan keterangannya.
-
LampiranPenjelasan tambahan, dapat berupa uraian, program, gambar, perhitungan-perhitungan,grafik, atau tabel, yang merupakan penjelasan rinci dari apa yang disajikan di bagian-bagianterkait sebelumnya.
TEKNIK PENULISAN
 
1. Penomoran Bab serta subbab
 - Bab dinomori dengan menggunakan angka latin.- Subbab dinomori dengan menggunakan angka latin dengan mengacu pada nomor bab/subbab dimana bagian ini terdapat.2
………………
..
.
(Judul Bab) 
2.1
……………
..
..
(Judul Subbab) 
2.2
………………
.
(Judul Subbab) 
2.2.1
………………
 
(Judul Sub-Subbab) - Menggunakan
font 
Times New Roman
 - Penulisan nomor dan judul bab di tengah dengan huruf besar, ukuran
font 
14
, tebal.- Penulisan nomor dan judul subbab dimulai dari kiri, dimulai dengan huruf besar, ukuran
font 
 
12
, tebal.
2. Penomoran Halaman
 - Bagian Awal, nomor halaman ditulis dengan angka romawi huruf kecil
(i,ii,iii,iv,
).Posisi
ditengah bawah (2 cm dari bawah). Khusus untuk lembar judul dan lembar pengesahan,nomor halaman tidak perlu diketik, tapi tetap dihitung.- Bagian Pokok, nomor halaman ditulis dengan angka latin. Halaman pertama dari babpertama adalah halaman nomor satu. Peletakan nomor halaman untuk setiap awal bab dibagian bawah tengah, sedangkan halaman lainnya di pojok kanan atas.- Bagian akhir, nomor halaman ditulis di bagian bawah tengah dengan angka latin danmerupakan kelanjutan dari penomoran pada bagian pokok.
3. Judul dan Nomor Gambar / Grafik / Tabel
 - Judul gambar / grafik diketik di bagian bawah tengah dari gambar. Judul tabel diketik disebelah atas tengah dari tabel.- Penomoran tergantung pada bab yang bersangkutan, contoh : gambar 3.1 berarti gambar pertama yang ada di bab 3.
4. Penulisan Daftar Pustaka
 - Ditulis berdasarkan urutan penunjukan referensi pada bagian pokok tulisan ilmiah.- Ditulis menurut kutipan-kutipan

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->