Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more ➡
Download
Standard view
Full view
of .
Add note
Save to My Library
Sync to mobile
Look up keyword
Like this
2Activity
×
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
K A S T I

K A S T I

Ratings: (0)|Views: 469|Likes:
Published by Firdaus Plg

More info:

Published by: Firdaus Plg on Nov 30, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, DOCX, TXT or read online from Scribd
See More
See less

05/11/2013

pdf

text

original

 
K A S T I
A. PendahuluanPengertian Permainan Kasti
asti merupakan salah satu jenis permainan bola kecil beregu.Kasti merupakan bentuk permainan tradisional yangmengutamakan beberapa unsur kekompakan, ketangkasan dankegembiraan. Permainan ini biasa dilakukan di lapangan terbuka. Pada anak-anak usia sekolah dasar, permainan ini bisa melatih kedisiplinan diri sertamemupuk rasa kebersamaan dan solidaritas antar teman. Agar dapatbermain kasti dengan baik kita dituntut memiliki beberapa keterampilan yaitumemukul, melempar, dan menangkap bola serta kemampuan lari.
 
Kasti dimainkan oleh 2 regu, yaitu regu pemukul dan regu penjaga.Permainan kasti sangat mengandalkan kerjasamapemaindalam satu regu.
 
B. Kelengkapan Permainan1. Lapangan
Ukuran yang terbesar ialah 30 x 60 M. dengan ruang pemukul dan ruangbebas menjadi 30 x 65 M. ukuran terkecil 30 x 45 M. dengan ruang pemukuldan ruang bebas menjadi 30 x 50 M. ukuran yang besar untuk anak-anakbesar, sedang ukuran yang kecil untuk anak-anak kecil atau anak-anakperempuan.Semua garis batas dinyatakan dengan kapur, atau tali, atau bilah. Dapat jugadengan cara menggali tanah dengan ketentuan tidak lebih dari 3 cm. padakeempat sudut lapangan dan pertengahan garis samping di pasangkanbendera. Tinggi tiang bendera sekurang-kurangnya 1.50 M dari tanah. Dalampertandingan, di luar garis (batas) harus ada tanah kosong yang lebarnya
 
sekurang-kurangnya 5 M, sedang untuk di luar garis sebelah kiri 10 M.penonton harus berada di luar tanah kosong tersebut.
2. Kayu Pemukul
Kayu pemukul terbuat dari kayu yang panjangnya antara 50-60 cm.Penampang bulat telor (oval), lebarnya tidak lebih dari 5 cm, dan tebalnya 3,5cm. Panjang pegangan antara 15-20 cm, tebal 3 cm, dan boleh dibalut.Kayu pemukul dapat berbentuk bulat panjang, dengan tebal antara 3,5-4 cm,dan panjang bagian pegangan sama yang tersebut dahulu. Kayu pemukultidak boleh diganti dengan logam atau benda lainnya. Setiap regu dibenarkanmenggunakan kayu pemukul nya masing- masing, asal memenuhi syaratyang tersebut di atas.
3. Bola
Bola yang dipergunakan adalah bola kasti, yang terbuat dan karet atau kulit,ukuran lingkaran antara 19-20 cm, dan beratnya antara 70-80 gram. Bolayang terlalu tinggi pantulan nya seperti bola tenis tidak baik untuk kasti. Yangterbaik tidak ten]alu kenyal dan tidak terlalu keras.4.
Aturan Bermain dalam Permainan Bola Kasti
 
4.1. Lama bermain
Lama pertandingan kasti sekurang-kurangnya 2 X 20 menit danselama-lamanya 30 menit, tidak terhitung waktu istirahat 10 menit.
4.2. Regu
 Setiap regu terdiri atas 12 orang pemain. Salah seorang ditunjukmenjadi pemimpin (kapten) regu. Semua pemain memakai nomor 
 
dada yang tampak dengan jelas. Sebelum pertandingan dimulai,kapten regu menyerahkan daftar nama-nama pemain dengannomor urutnya kepada wasit. Giliran memukul bola berdasarkanurutan nomornya. Selama pertandingan urutan nomornya tidakboleh diubah. Wasit membolehkan adanya penggantian seorangpemain.
4.3. Wasit
Wasit memimpin pertandingan. Ia harus memegang teguh aturan-aturan main dan menjaga agar aturan-aturan diikuti denganseksama oleh pemain-pemain. Petunjuk dan keputusannya adalahmutlak harus ditaati.Nilai-nilai dicatat oleh seorang penulis yang dibantu oleh seorang,dan di bawah pengawasan Wasit. Penulis dan pembantunya berdiridi luar lapangan, dekat dengan batas antara ruang pemukul dunruang bebas.
4.4. Tempat pemain
Sebelum pertandingan dimulai, diadakan undian oleh wasit untukmenentukan regu mana yang akan menjadi regu pemukul atauregu lapangan. (Undian dapat pula dengan suit).
4.4.1. Regu pemukul
Regu pemukul berkumpul di dalam ruang bebas. Setelah dipanggilnomornya oleh penulis, pemukul mengambil tempat di dalam bujur sangkar tengah, dan siap untuk memukul.

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->