Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
1Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
umar bin khattab

umar bin khattab

Ratings: (0)|Views: 85 |Likes:
Published by Aim Era
khalifah
khalifah

More info:

Categories:Types, School Work
Published by: Aim Era on Nov 30, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

10/24/2013

pdf

text

original

 
BAB I
PENDAHULUANA. Latar Belakang Masalah
Perkembangan Islam pada zaman Nabi Muhammad SAW dan Para Sahabat adalah merupakanAgam Islam pada zaman keemasan, hal itu bisa terlihat bagaimana kemurnian Islam itu sendiridengan adanya pelaku dan faktor utamanya yaitu Rasulullah SAW. Kemudian pada zamanselanjutnya yaitu zaman para sahabat, terkhusus pada zaman Khalifah empat atau yang lebihterkenal dengan sebutan Khulafaur Rasyidin, Islam berkembang dengan pesat dimana hampir 2/3bumi yang kita huni ini hampir dipegang dan dikendalikan oleh Islam. Hal itu tentunya tidak terlepasdari para pejuang yang sangat gigih dalam mempertahankan dan juga dalam menyebarkan islamsebagai agama Tauhid yang diridhoi.Perkembangan islam pada zaman inilah merupakan titik tolak perubahan peradaban kearahyang lebih maju. Maka tidak heran para sejarawan mencatat bahwa islam pada zaman NabiMuhammad dan Khulafaur Rasyidin merupakan islam yang luar biasa pengaruhnya. Namun yangterkadang menjadi pertanyaan adalah kenapa pada zaman sekarang ini seolah kita melupakannya.Sekaitan dengan itu perlu kiranya kita melihat kembali dan mengkaji kembali bagaimana sejarahislam yang sebenarnya.Dalam sejarah Islam, tak ada orang yang begitu sering disebut sebut namanya sesudahRasulullah Sallallahu 'alaihi wa sallam seperti nama Umar bin Khattab. Nama itu disebut-sebutdengan penuh kagum dan sekaligus rasa hormat bila dihubungkan dengan segala yang diketahuiorang tentang sifat-sifatnya dan bawaannya yang begitu agung dan cemerlang. Jika orang berbicaratentang zuhud meninggalkan kesenangan dunia padahal orang itu mampu hidup senang, makaorang akan teringat pada zuhud Umar.Apabila orang berbicara tentang keadilan yang murni tanpa cacat, orang akan teringat padakeadilan Umar. Jika berbicara tentang kejujuran, tanpa membeda-bedakan keluarga dekat ataubukan, maka orang akan teringat pada kejujuran Umar, dan jika ada yang berbicara tentangpengetahuan dan hukum agama yang mendalam, orang akan teringat pada Umar. Kita membacatentang itu semua dalam buku-buku sejarah dan banyak orang yang mengira bahwa hal itu dilebih-lebihkan sehingga hampir tak masuk akal, karena memang lebih menyerupai mukjizat yang biasadihubungkan kepada para nabi, bukan kepada orang-orang besar yang sekalipun kehebatannyasudah terkenal. Tak lain penyebabnya karena berdirinya Kedaulatan Islam itu pada masanya. Umarmemimpin Muslimin menggantikan Abu Bakr dengan kekuatan yang besar meliputi berbagai macambangsa, golongan, ras dan kebudayaan yang beraneka warna.Sesudah selesai Perang Riddah, dan sesudah pasukan Muslimin harus menghadapi kekuatanPersia dan Rumawi di perbatasan Irak dan Syam. Ketika Umar wafat, di samping Irak dan Syam yangsudah bergabung ke dalam Kedaulatan Islam, kemudian juga meliputi Persia dan Mesir. Dengandemikian perbatasannya sudah mencapai Cina di sebelah timur, Afrika di sebelah barat, Laut Kaspiadi bagian utara dan Sudan di selatan.
 
 
B. Rumusan Masalah
Agar tidak terjadi kesimpang siuran dalam penyusunan makalah ini, maka saya merumuskanmasalah sebagai berikut :1. Latar belakang keturunan Umar bin Khatthab2. Sejarah masuk Islamnya Umar bin Khattab3. Pelantikan menjadi khalifah pengganti Abu Bakar Ash-Shiddiq4. Peradaban Islam pada masa Khalifah Umar bin Khatthab5. Wafatnya Umar bin Khatthab.
C. Tujuan Penulisan
Adapun tujuan dari penulisan makalah ini adalah :Ø Siswa mampu mengetahui siapa dan apa saja yang berhubungan dengan keturunan Umar binKhatthab.Ø Siswa mampu memahami dan mengerti apa sejarah atau penyebab masuk Islamnya Umar binkhatthab.Ø Siswa mengetahui proses pengangkatan Umar menjadi KhalifahØ Siswa mengetahui aspek-aspek peradaban apa saja yang muncul / berkembang pada masakhalifah umar bin khatthab.Ø Siswa mengetahui apa yang melatar belakangi wafatnya umar bin khatthab.
D. Metode Penulisan
Metode yang digunakan penulis adalah metode kepustakaan yaitu memberikan gambarantentang materi-materi yang berhubungan dengan permasalahan melalui literatur buku-buku yangtersedia, tidak lupa juga penulis ambil sedikit dari media massa/internet. Dan diskusi mengenaimasalah yang dibahas dengan teman-teman.
 
 
BAB II
PEMBAHASAN
 KHALIFAH UMAR BIN KHATHAB
A. Riwayat Silsilah keturunan Umar bin Khathab
Umar bin Khatab (583-644) memiliki nama lengkap Umar bin Khathab bin Nufail bin Abd Al-
Uzza bin Ribaah bin Abdillah bin Qart bin razail bin ‘Adi bin Ka’ab bin Lu’ay, adalah khalifah kedua
yang menggantikan Abu Bakar Ash-Shiddiq. Umar bin khattab lahir di Mekkah pada tahun 583 M,dua belas tahun lebih muda dari Rasulullah Umar juga termasuk kelurga dari keturunan Bani SukuAdy (Bani Ady). Suku yang sangat terpandang dan berkedudukan tinggi dikalangan orang-orangQurais sebelum Islam. Umar memiliki postur tubuh yang tegap dan kuat, wataknya keras, pemberanidan tidak mengenal gentar, pandai berkelahi, siapapun musuh yang berhadapan dengannya akanbertekuk lutut. Ia memiliki kecerdasan yang luar biasa, mampu memperkirakan hal-hal yang akanterjadi dimasa yang akan datang, tutur bahasanya halus dan bicaranya fasih.Umar bin Khatthab adalah salah satu sahabat terbesar sepanjang sejarah sesudah NabiMuhammad SAW. Peranan umar dalam sejarah Islam masa permulaan merupakan yang palingmenonjol kerena perluasan wilayahnya, disamping kebijakan-kebijakan politiknya yang lain. Adanyapenaklukan besar-besaran pada masa pemerintahan Umar merupakan fakta yang diakuikebenarannya oleh para sejarahwan. Bahkan, ada yang mengatakan, bahwa jika tidak karenapenaklukan-penaklukan yang dilakukan pada masa Umar, Isalm belum tentu bisa berkembangseperti zaman sekarang.Khalifah Umar bin Khatab dikenal sebagai pemimpin yang sangat disayangi rakyatnya karenaperhatian dan tanggungjawabnya yang luar biasa pada rakyatnya. Salah satu kebiasaannya adalahmelakukan pengawasan langsung dan sendirian berkeliling kota mengawasi kehidupan rakyatnya.Sebelum memeluk Islam, sebagaimana tradisi kaum jahiliyah mekkah saat itu, Umarmengubur putrinya hidup-hidup. Sebagaimana yang ia katakan sendiri, "Aku menangis ketikamenggali kubur untuk putriku. Dia maju dan kemudian menyisir janggutku". Mabuk-mabukan jugamerupakan hal yang umum dikalangan kaum Quraish. Beberapa catatan mengatakan bahwa padamasa pra-Islam, Umar suka meminum anggur. Setelah menjadi muslim, ia tidak menyentuh alkoholsama sekali, meskipun belum diturunkan larangan meminum khamar (yang memabukkan) secarategas.Umar bin Khatthab adalah seorang mujtahid yang ahli dalam membangun negara besar yangditegakkan atas prinsip-prinsip keadilan, persamaan, dan persaudaraan yang diajarkan oleh NabiMuhammad Saw. Dalam banyak hal Umar bin Khatthab dikenal sebagai tokoh yang sangat bijaksanadan kreatif, bahkan genius. Beberapa keunggulan yang dimiliki Umar, membuat kedudukannya
semakin dihormati dikalangan masyarakat Arab, sehingga kaum Qurais memberi gelar ”Singa padangpasir”, dan karena kecerdasan dan kecepatan dalam berfikirnya, ia dijuluki ”Abu Faiz”.
 

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->