Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more ➡
Download
Standard view
Full view
of .
Add note
Save to My Library
Sync to mobile
Look up keyword
Like this
1Activity
×
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
pengertian TCP/IP dan fungsinya

pengertian TCP/IP dan fungsinya

Ratings: (0)|Views: 251|Likes:
Published by Andi Irma Paduwai

More info:

Published by: Andi Irma Paduwai on Nov 30, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, DOCX, TXT or read online from Scribd
See More
See less

09/30/2013

pdf

text

original

 
Tugas 1
Prak. Jaringan Komputer 
 
Disusun Oleh :Nama : Andi Irma Paduwai Stb : 101448Kelas : A
 
1.
 
TCP/IP (singkatan dari Transmission Control Protocol/Internet Protocol) adalahstandar komunikasi data yang digunakan oleh komunitas internet dalam prosestukar-menukar data dari satu komputer ke komputer lain di dalam jaringanInternet. Protokol ini tidaklah dapat berdiri sendiri, karena memang protokol iniberupa kumpulan protokol (protocol suite). Protokol ini juga merupakan protokolyang paling banyak digunakan saat ini. Data tersebut diimplementasikan dalambentuk perangkat lunak (software) di sistem operasi. Istilah yang diberikan kepadaperangkat lunak ini adalah TCP/IP stackFungsi TCP adalah bertanggung jawab untuk mengadakan komunikasi antara duahost/komputer. Sedangkan fungsi IP adalah untuk menyampaikan paket data kealamat yang tepat. Sedangkan fungsi IP adalah untuk menyampaikan paket data kealamat yang tepat
2.
 
Penjelasan Pembagian Kelas dalam TCP/IP
Untuk menentukan pembagian kelas ini kita memerlukan sedikit kemampuankonversi dari biner ke decimal. Rahasia dari pembagian kelas ini adalah sebenarnyaterletak pada 8 bit pertama.1.
 
Kelas A
  Jika bit pertama dari IP address adalah 0, maka IP tersebut digolongkan dalamkelas A seperti berikut :IP address kelas A biasanya digunakan untuk IP backbond.2.
 
Kelas B
  Jika 2 bit pertama dari IP address adalah 10, maka IP tersebut digolongkan dalamkelas B sebagai berikut :IP address kelas B biasanya digunakan untuk IP publik dan ISP.
 
3.
 
Kelas C
  Jika 3 bit pertama dari IP address adalah 110, maka IP tersebut digolongkandalam kelas B sebagai berikut :IP address kelas C biasanya digunakan untuk Internet, IP kelas ini yangbiasanya kita pakai.4.
 
Kelas D
  Jika 4 bit pertama dari IP address adalah 1110, maka IP tersebut digolongkandalam kelas B sebagai berikut :IP address kelas D biasanya digunakan untuk Broadcast (Tv, Radio)5.
 
Kelas E
  Jika 4 bit pertama dari IP address adalah 1111, maka IP tersebut digolongkandalam kelas B sebagai berikut :3.
 
Langkah-langkah konfigurasi IP Address :
 
Klik
Start Menu
atau
Icon Windows
Dan klik
Control Panel
. Terlihat pada gambar :
 

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->