Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more ➡
Download
Standard view
Full view
of .
Add note
Save to My Library
Sync to mobile
Look up keyword
Like this
3Activity
×
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Parameter Biologi Benthos

Parameter Biologi Benthos

Ratings: (0)|Views: 826|Likes:
Published by atika mansur

More info:

Published by: atika mansur on Nov 30, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, DOCX, TXT or read online from Scribd
See More
See less

05/26/2013

pdf

text

original

 
1
I. PENDAHULUAN1.1.
 
Latar belakang
Air merupakan komponen yang sangat penting bagi kehidupan dan secarakeseluruhan mendominasi komposisi kimia dari semua organisme. Terdapatnyadimana-mana dalam biota sebagai tumbuhan metabolisme biokimia danmempunyai sifat kimia serta fisika yang unik.Zonneveld, Husman dan Boon (1991) megemukakan bahwa kualitas airmempengaruhi seluruh komunitas perairan (bakteri, tanaman, ikan, zooplanktondan sebagainya). Didalam ekologi perairan terdapat beberapa organism sepertibenthos, plankton, bakteri dan pertumbuhan air.Fitoplankton merupakan dasar terciptanya kehidupan diekosistem perairan,karena dalam sistem aliran energy fitoplankton menempati topic level pertamasebagai produsen (Mahida, 1984).Menurut Barus (2004) bahwa fitoplankton merupakan kelompok yangmemegang peranan sangat penting dalam ekosistem air, karena kelompok inidengan adanya kandungan klorofil mampu melakukan fotosintesis. Prosesfotosintesis pada ekosistem air yang dilakukan oleh fitoplankton (produsen),merupakan sumber nutrisi utama bagi kelompok organisma air lainnya yangmembentuk rantai makanan.
1.2.
 
Tujuan dan Manfaat
Tujuan dari praktikum parameter biologi adalah mahasiswa mampumengidentifikasi jenis
 – 
jenis Fitobenthos dan zoobenthos di suatu perairan.
 
2Sedangkan Manfaat dari praktikum ini adalah mahasiswa dapatmengidentifikasi suatu perairan tersebut tergolong oligotrofik, mesotrofik ataueutrofik berdasarkan paramater biologi.
 
3
II. TINJAUAN PUSTAKA
Lingkungan air tawar terdiri dari 2 kategori yaitu habitat lentik (lentic)
yaitu badan air yang “diam” seperti danau dan kolam, serta habitat lotik (lotic)
yaitu badan air yang bergerak seperti mata air dan sungai. Lingkungan perairantawar umumnya lebih kaya nutrien dibandingkan prairan laut. Nutrien ini berasaldari aliran air permukaan maupun oleh masukan dari aktivitas manusia (Irianto,2005).Menurut Hehanusa (2001) Bentos adalah organisme yang hidup dipermukaan atau di dalam sedimen dasar di suatu badan air.Montagna (1989) menyatakan bahwa dalam ekosistem perairan,makrozoobenthos berperan sebagai salah satu mata rantai penghubung dalamaliran energi dan siklus dari alga plantonik sampai konsumen tingkat tinggi.Komponen biotik dapat memberikan gambaran mengenai kondisi fisika,kimia dan biologi dari suatu perairan. Salah satu biota yang digunakan sebagaiparameter biologi dalam menentukan kondisi suatu perairan adalah hewanmakrozoobenthos. (Odum, 1993)(Darvelle and harrel) dalam (Bako, 1988) menjelaskan bahwa bentos dapatdipergunakan untuk menguji kestabilan suatu perairan, disebabkan bentosmemiliki sifat-sifat khusus yang tidak dimiliki organisme lainnya seperti siklushidup yang panjang, pergerakannya terbatas, menempati beberapa posisi dalamrantai makanan, serta memiliki kemampuan beradaptasi yang ekstrim terhadapperubahan suatu lingkungan.

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->