Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Look up keyword
Like this
5Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Konsep Geometri dan Pengukuran Untuk Guru dan Calon Guru Sekolah Dasar

Konsep Geometri dan Pengukuran Untuk Guru dan Calon Guru Sekolah Dasar

Ratings: (0)|Views: 420 |Likes:
Published by Yoppy Wahyu
BUKU AJAR PGSD
BUKU AJAR PGSD

More info:

Published by: Yoppy Wahyu on Dec 01, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

05/26/2014

pdf

text

original

 
KONSEP
GEOMETRI DAN PENGUKURAN
UNTUK GURU DAN CALON GURU SEKOLAH DASAR
Yoppy Wahyu Purnomo
Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka
UHAMKA PRESS
 
ii
Konsep
Geometri dan Pengukuran
Untuk Guru dan Calon Guru Sekolah Dasar--------------------------------------------------------------------------------------------------------------------Yoppy Wahyu Purnomo
Konsep Geometri dan Pengukuran Untuk Guru dan Calon Guru Sekolah Dasar 
. CetakanPertama. Jakarta. Uhamka Press. 2012. vi + 201 hal.Ukuran 18,2
25,7 cm
Penulis :
Yoppy Wahyu Purnomo, M.Pd.
Editor :
Dr. Sigid Edy Purwanto, M.Pd.Wahyu Prihantini, S.PdHak cipta © 2012 pada penulisCetakan pertama : Oktober 2012Desain Sampul : Yoppy Wahyu PurnomoSumber Sampul : M.C. Escher. 2008.
Symmetry Drawing E94
. © The M.C. Escher Company-Holland. www.mcescher.comDilarang keras memperbanyak dalam bentuk apapun baik sebagian maupun seluruh isi bukutanpa ijin dari penulis.Hak Cipta Dilindungi Undang-Undang
ISBN 978-602-8040-51-8
Diterbitkan pertama kali oleh Penerbit:
UHAMKA PRESS
Jl. Limau II, Kebayoran baru, JakartaEmail: Uhamka_press@yahoo.com
KETENTUAN PIDANA PASAL 72UNDANG-UNDANG NOMOR 19 TAHUN 2002Tentang Hak Cipta
Barangsiapa dengan sengaja dan tanpa hak melakukan perbuatan sebagaimana dimaksuddalam Pasal 2 ayat (1) atau Pasal 49 ayat (1) dan ayat (2) dipidana dengan pidana penjaramasing-masing paling singkat 1 (satu) bulan dan/atau denda paling sedikit Rp 1.000.000,00(satu juta rupiah), atau pidana penjara paling lama 7 (tujuh) tahun dan/atau denda palingbanyak Rp 5.000.000.000,00 (lima miliar rupiah).Barangsiapa dengan sengaja menyiarkan, memamerkan, mengedarkan, atau menjualkepada umum suatu Ciptaan atau barang hasil pelanggaran Hak Cipta atau Hak Terkaitsebagaimana dimaksud pada ayat (1) dipidana dengan pidana penjara paling lama 5 (lima)tahun dan/atau denda paling banyak Rp.500.000.000,00 (lima ratus juta rupiah).
 
iii
PRAKATA
Buku ini ditulis dengan tujuan untuk menambah literatur buku matematika berbahasaIndonesia, khususnya dalam bidang geometri dasar. Sasaran buku ini adalah guru dan calon guruSekolah Dasar (SD), khususnya mahasiswa calon guru Sekolah Dasar (atau PGSD) yangmenempuh matakuliah pendidikan matematika 3, atau mahasiswa calon guru Sekolah Dasarkonsentrasi IPA/matematika yang menempuh matakuliah geometri dan pengukuran. Buku ini juga dapat digunakan sebagai referensi tambahan untuk matakuliah pendidikan matematika 2dan tentunya dapat dijadikan referensi tambahan untuk mahasiswa program studi matematika.Buku ini seringkali menyajikan definisi-definisi secara umum terlebih dalam pembahasanbangun datar maupun ruang, hal ini bertujuan untuk memahami konsep bangun secara umumdari beberapa kesamaan sifat. Terdapat sebuah definisi yang mungkin berbeda satu sama laindari buku-buku yang ditulis oleh beberapa pakar, yakni definisi trapesium. Dalam buku ini,trapesium didefinisikan sebagai segiempat dengan tepat satu pasang sisi yang sejajar, sehinggaketerkaitan (hubungan) trapesium dengan jenis segiempat yang lain hanyalah fakta bahwatrapesium adalah segiempat, selebihnya tidak memiliki hubungan khusus dengan jenis segiempatyang lain. Di sisi lain, beberapa buku mendefinisikan bahwa trapesium adalah segiempat dengansedikitnya satu pasang sisi yang sejajar, hal ini dapat dipelajari lebih jauh pada bab 3. Penulismengasumsikan bahwa sebelum mempelajari buku ini, pembaca telah menguasai materi tentangkonsep himpunan dan aljabar yang tentunya buku ini tidak lepas dengannya.Buku ini terdiri dari tujuh bab dimana setiap bab terdiri dari halaman pembuka, materi, danhimpunan soal latihan yang masing-masing dapat dijabarkan sebagai berikut.
Halaman Pembuka
Bagian ini menampilkan bagian-bagian bab atau subbab yang terkandungdalam isi bab. Di samping itu, terdapat masalah pembuka yang berhubungan dengan topik babyang dipelajari. Masalah pembuka ini dapat diselesaikan dengan diskusi kelas, atau tugaskelompok yang bertujuan untuk memecahkan masalah secara bersama-sama dan untuk motivasidalam setiap topik yang hendak dipelajari.
Materi Isi
Bagian terpenting dalam buku ini, dimana setiap uraian materi diikuti dengan contoh-contoh untuk memahami konsep pada uraian sebelumnya, terdapat pula, beberapa contoh yangdiuraikan menjadi uraian penjelasan. Setiap bab memiliki contoh soal pemecahan masalah(
 problem solving
) yang penyelesaiannya didasarkan pada langkah-langkah dan strategi Polya.Istilah-istilah yang mungkin tidak didefinisikan dalam uraian didefinisikan dalam glosarium.
Bab 1
menyajikan konsep-konsep dasar formal pada geometri yang diantaranya titik, garis,dan bidang. Sedangkan, untuk ruang akan dibahas pada bab 3 secara tersendiri. Materi sudutditampilkan pula dalam bab ini, yang akan digunakan untuk mempelajari bahasan sudut di bab 2.
Bab 2
menyajikan konsep yang berkaitan dengan bangun datar, yakni poligon dan lingkaran.Di samping itu, terdapat bahasan simetri dan pengubinan yang dimana dapat diperkuliahkan ataudipelajari sesuai urutan materi pada buku ini atau diletakkan pada Bab 7. Urutan materi dapatdikembangkan sendiri oleh dosen dan/atau pembaca.
Bab 3
membahas tentang tahap-tahap berpikir anak dalam mempelajari geometri khususnyamenyangkut bangun datar, yakni segitiga dan segiempat. Tahap berpikir ini lebih dikenal dengantahapan berpikir (teori) van Hiele. Tahapan berpikir ini terdiri dari 5 level, yang dimana siswatingkat Sekolah Dasar umumnya berada di tiga tahap pertama, yakni mengenal, menganalisis,dan menghubungkan antar sifat bangun. Bab ini juga memperkenalkan alternatif untubagaimana membelajarkan materi segitiga dan segiempat secara ringkas.

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->