Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
2Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Macam-macam Pencemaran Udara

Macam-macam Pencemaran Udara

Ratings: (0)|Views: 241 |Likes:
Published by Aris Beno
Penyehatan Udara
Penyehatan Udara

More info:

Published by: Aris Beno on Dec 03, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

08/20/2014

pdf

text

original

 
MACAM-MACAM PENCEMARAN UDARA
Dampak pencemaran udara dibagi atas beberapa, yaitu :a. Dampak Pencemaran oleh Karbon MonoksidaKarbon Monoksida adalah gas yang tidak berbau. Tidak berasa dan berwarna. Oleh sebab itu lingkunganyang tercemar oleh gas CO tidak dapat dilihat oleh mata. Di udara gas CO terdapat dalam jumlah yangsangat sedikit, hanya sekitar 0,1 ppm. Tapi di daerah perkotaan dengan lalulintas yang padat konsentrasigas berkisar 10
 –
15 ppm. Dalam jumlah banyak (konsentrasi tinggi) dapat menyebabkan gangguankesehatan, bahkan menimbulkan kematian. Keracunan gas Monoksida (CO) dapat ditandai dari keadaanyang ringan, berupa pusing, sakit kepala dan mual. Keadaan yang lebih berat dapat menurunnyakemampuan gerak tubuh, serangan jantung sampai pada kematian.b. Dampak Pencemaran oleh Nitrogen OksidaGas Nitrogen Oksida memiliki 2 sifat yang berbeda dan keduanya sangat berbahaya bagi kesehatan. GasNO yang mencemari udara secara visual sulit diamati, karena gas tersebut tidak berwarna dan tidakberbau. Sedangkan gas NO2 bila mencemari udara mudah diamati dari baunya yang sangat menyengatdan warnanya coklat kemerahan. Gas ini berasal dari limbah-limbah industri, transportasi, pembangkitlistrik, pembuangan sampah, dan lain-lain. Pencemaran udara oleh gas NOx, juga dapat menyebabkanterjadinya Peroxy Acetil Nitrate yang menyebabkan iritasi pada mata, serta dapat menyebabkanterjadinya kabut foto kimia atau Photo Chemistry Smog yang sangat mengganggu lingkungan.c. Dampak Pencemaran oleh Belerang OksidaSebagian besar pencemaran udara oleh belerang oksida berasal dari pembakaran bahan bakar fosil,terutama batubara serta berasal dari alat-alat transportasi yang menggunakan bahan bakar fosil. Apabilakadar belerang oksida SO3 tinggi diudara akan menyebabkan timbulnya hujan asam yang dapat merusaktanaman, dimana kerusakan hutan berawal dengan terjadinya pengikisan lapisan tanah yang subur. Halini menyebabkan menurunnya daya dukung alam bagi manusia. Sehingga menimbulkan kerusakan tanahyang permanen belum lagi penebangan liar yang seringkali terjadi, maka timbullah tanah longsor yangmembahayakan bagi penduduk yang bermukim di wilayah tersebut. Bukan itu saja, dalam jumlah besardiudara gas SOx dapat menyebabkan kanker, karena seharusnya walaupun jumlah gas tersebut relatif kecil, sebaiknya tidak terdapat diudara.d. Dampak Pencemaran Hidrokarbon (HC)Pencemaran udara oleh Hidrokarbon (HC) dalam jumlah sedikit tidak begitu membahayakan kesehatanmanusia, tapi apabila dalam jumlah diudara sangat banyak dan bercampur dengan bahan pencemarlainnya, maka apabila terhisap oleh manusia menyebabkan terjadinya pembentukan sel-sel kanker.Biasanya gas ini banyak ditemukan di kawasan industri dan kota-kota besar seperti Jakarta yanglalulintasnya padat.e. Dampak Pencemaran PartikelPencemaran oleh partikel disebabkan oleh dua hal, yaitu :1) Bisa karena peristiwa alamiah2) Karena ulah manusia melalui kegiatan industri dan teknologi.
 
Partikel yang mencemari udara dapat merusak lingkungan, tanaman, hewan dan manusia. Padaumumnya udara yang telah tercemar oleh partikel dapat menimbulkan berbagai macam penyakitsaluran pernafasan.f. Dampak KebisinganSaat ini kebisingan menjadi masalah besar bagi penduduk kota besar, contohnya Jakarta. Sumberkebisingan berasal dari suara alat-alat transportasi, seperti bus, kereta api, pesawat dan lain-lain.Suasana akan lebih parah lagi apalagi di suatu lingkungan terdapat industri. Kebisingan akanmenimbulkan stress atau ketegangan jiwa, dan juga merusak saraf pendengaran, sehingga pendengaranmenjadi terganggu.g. Dampak Pemakaian InsektisidaAkhir-akhir ini ditemukan sisa obat pemberantas hama pada sayuran dan buah-buahan, padahal apabiladimakan akan menimbulkan penyakit kanker. Hal ini juga ditemukan pada obat-obat yang disemprotkanke udara, seperti obat nyamuk semprot dan lain-lain. Dimana dapat merugikan kesehatan manusia.h. Dampak Kerusakan Ozon dan Efek Rumah KacaLapisan ozon merupakan lapisan pelindung dari sinar ultraviolet yang berlebih berasal dari sinarmatahari. Apabila lapisan ozon rusak maka sinar ultraviolet akan masuk secara langsung ke bumi dandapat menyebabkan berbagai macam kerugian bagi manusia, yaitu dapat merusak kulit manusia (kankerkulit) dan suhu bumi akan naik. Bila hal ini terjadi bumi tidak aman lagi bagi manusia, karena kenaikansuhu bumi akan menyebabkan mencairnya es yang ada di kutub. Dan hal ini akan mengakibatkannaiknya permukaan laut. Garis pantai akan bergeser naik sehingga tempat-tempat yang terletak di tepipantai tenggelam. Selain karena kerusakan lapisan ozon, kenaikan suhu bumi dapat juga disebabkanoleh efek rumah kaca atau greenhouse effect. Efek rumah kaca dapat terjadi karena meningkatnya jumlah karbon dioksida (CO2) di udara. Sedangkan karbondioksida dari tahun ke tahun terus meningkat,sejalan dengan makin banyaknya penggunaan bahan bakar fosil untuk mencukupi keperluan energidunia. Karbondioksida hasil pembakaran akan mengumpul pada lapisan tertentu di atmosfer
membentuk semacam “perisai”. Adanya perisai ini justru membuat panas yang
berasal dari bumi tidakdapat keluar secara bebas dari lapisan atmosfer bumi. Menyebabkan panas tersebut kembali ke bumi,sehingga panas dari bumi yang dipantlkan lagi ke bumi berpengaruh terhadap kenaikan suhu bumi.Akibat ini sama dengan yang ditimbulkan kerusakan ozon yaitu kenaikan suhu bumi dan mencairnya esdi kutub, sehingga permukaan laut menjadi naik. Mungkin dapat kita lihat dari kondisi saat ini dimanaterjadinya ombak pasang diberbagai wilayah laut di tanah air kita, mungkin itu merupakan salah satudampak dari kedua efek rumah kaca dan kerusakan ozon yang menimbulkan terjadinya kenaikanpermukaan air laut karena mencairnya es di Kutub.
Dampak Pencemaran Udara :
 - Penipisan Ozon- Pemanasan Global ( Global Warming )- Penyakit pernapasan, misalnya : jantung, paru-paru dan tenggorokan- Terganggunya fungsi reproduksi- Stres dan penurunan tingkat produktivitas
 
- Kesehatan dan penurunan kemampuan mental anak-anak- Penurunan tingkat kecerdasan (IQ) anak-anak.
C. Upaya Pencegahan Pencemaran Lingkungan
 Pada dasarnya ada tiga cara yang dapat dilakukan dalam rangka pencegahan pencemaranlingkungan, yaitu:
1. Secara Administratif 
 
Upaya pencegahan pencemaran lingkungan secara administratif adalah pencegahan pencemaranlingkungan yang dilakukan oleh pemerintah dengan cara mengeluarkan kebijakan atau peraturanyang berhubungan dengan lingkungan hidup. Contohnya adalah dengan keluarnya undang-undangtentang pokok-pokok pengelolaan lingkungan hidup yang dikeluarkan oleh presiden RepublikIndonesia pada tanggal 11 Maret 1982. Dengan adanya AMDAL sebelum adanya proyekpembangunan pabrik dan proyek yang lainnya.
2. Secara Teknologis
 
Cara ini ditempuh dengan mewajibkan pabrik untuk memiliki unit pengolahan limbah sendiri.Sebelum limbah pabrik dibuang ke lingkungan, pabrik wajib mengolah limbah tersebut terlebihdahulu sehingga menjadi zat yang tidak berbahaya bagi lingkungan.
3. Secara Edukatif 
 
Cara ini ditempuh dengan melakukan penyuluhan terhadap masyarakat akan pentingnya lingkungandan betapa bahayanya pencemaran lingkungan. Selain itu, dapat dilakukan melalui jalur pendidikan-pendidikan formal atau sekolah.
F. USAHA-USAHA MENCEGAH PENCEMARAN LINGKUNGAN
 1. Menempatkan daerah industri atau pabrik jauh dari daerah perumahan atau pemukimanpenduduk.2. Pembuangan limbah industri diatur sehingga tidak mencemari lingkungan atau ekosistem.3. Pengawasan terhadap penggunaan jenis-jenis pestisida dan zat kimia lain yang dapatmenimbulkan pencemaran lingkungan.4. Memperluas gerakan penghijauan.5. Tindakan tegas terhadap pelaku pencemaran lingkungan.6. Memberikan kesadaran terhadap masyarakat tentang arti lingkungan hidup sehingga manusialebih mencintai lingkungan hidupnya.7. Membuang sampah pada tempatnya.8. Penggunaan lahan yang ramah lingkungan.
Berbagai masalah yang telah timbul atas kelalaian kita terhadap lingkungan yang diakibatkan kurangnya kesadarankita. Tetapi dari sekian banyak masalah yang telah menerpa masyarakat tidak mencari solusi hanya dapatmenggerutu dan mengeluh. Dengan banyaknya masalah yang telah timbul seharusnya masyarakat menemukan titiktemu antara pokok permasalahan dengan jalan keluarnya. 

Activity (2)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 thousand reads
1 hundred reads

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->