Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
3Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Perda Jateng No. 09 Th 2012 Tentang Bahasa Dan Aksara Jawa

Perda Jateng No. 09 Th 2012 Tentang Bahasa Dan Aksara Jawa

Ratings: (0)|Views: 204 |Likes:
Published by Suhadi Jogja
Penjelasan Pasal 6
Dalam kegiatan pelindungan, pembinaan, dan pengembangan bahasa, sastra dan aksara Jawa perlu ditetapkan pedoman penulisan Aksara Jawa dengan Wewaton Sriwedari sebagai panduan.
Penjelasan Pasal 6
Dalam kegiatan pelindungan, pembinaan, dan pengembangan bahasa, sastra dan aksara Jawa perlu ditetapkan pedoman penulisan Aksara Jawa dengan Wewaton Sriwedari sebagai panduan.

More info:

Published by: Suhadi Jogja on Dec 04, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

12/17/2012

pdf

text

original

 
 PEPERAT BDENMenimbangMengingat::a.
 
basaseksmeb.
 
babumolebic.
 
badalDa1.
 
UndbentPera2.
 
Und(Le82,4223.
 
Undan200Indokalitentmor(Le59,484RANCANGANMERINTAH PROVINSI JAWA T RAN DAERAH PROVINSI JANOMOR 9 TAHUN 2012 TENTANGHASA, SASTRA, DAN AKSARAGAN RAHMAT TUHAN YANGGUBERNUR JAWA TENGAwa kualitas pemahaman dara, dan aksara Jawa sebagaresi budaya memperlihatkaurun;wa bahasa, sastra, dan aksaaya memiliki nilai-nilai kemal dan spiritual yang dapath berbudaya dan berkeadabawa berdasarkan pertimbangam huruf a, dan huruf b, perrah tentang Bahasa, Sastra, Dng-Undang Nomor 10 Tahukan Provinsi Jawa Tenga
 
uran Negara Tahun 1950 Halng-Undang Nomor 19 Tahunbaran Negara Republik Indoambahan Lembaran Negara);ng-Undang Nomor 32 Tahunaerah (Lembaran Negara RNomor 125, Tambahan Lenesia Nomor 4437) sebagaimaterakhir dengan Undang-Undang Perubahan Kedua A32 Tahun 2004 tentangbaran Negara Republik Indoambahan Lembaran Negara);NGAHA TENGAH JAWAAHA ESA,penggunaan bahasa,sarana komunikasi dankondisi yang semakina Jawa sebagai ekspresianusiaan, estetika, etika,enuntun kehidupan agar;sebagaimana dimaksudu membentuk Peraturann Aksara Jawa;n 1950 tentang Pem-(Himpunan Peraturan-man 86-92);2002 tentang Hak Ciptaesia Tahun 2002 Nomorepublik Indonesia Nomor004 tentang Pemerintah-publik Indonesia Tahunbaran Negara Republika telah diubah beberapag Nomor 12 Tahun 2008as Undang-Undang No-Pemerintahan Daerahesia Tahun 2009 Nomorepublik Indonesia Nomor
 
 convert PDF deningSuhadi JogjaPage 2
4.
 
Undang-Undang Nomor 24 Tahun 2009 tentang Bendera,Bahasa, Dan Lambang Negara, Serta Lagu Kebangsaan(Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2009 Nomor109, Tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor5035);5.
 
Undang-Undang Nomor 12 Tahun 2011 tentang Pembentuk-an Perundang-undangan (Lembaran Negara RepublikIndonesia Tahun 2011 Nomor 82, Tambahan LembaranNegara Republik Indonesia Nomor 5234);6.
 
Peraturan Pemerintah Nomor 38 Tahun 2007 tentang Pem-bagian Urusan Pemerintah, Pemerintahan Daerah Provinsi,Dan Pemerintahan Daerah Kabupaten/Kota (LembaranNegara Republik Indonesia Tahun 2007 Nomor 82, Tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor4737);7.
 
Peraturan Daerah Provinsi Jawa Tengah Nomor 4 Tahun2008 tentang Urusan Pemerintahan Yang Menjadi Ke-wenangan Pemerintah Provinsi Jawa Tengah (LembaranDaerah Provinsi Jawa Tengah Tahun 2008 Nomor 4 Seri ENomor 1, Tambahan Lembaran Daerah Provinsi Jawa Tengah Nomor 10);8.
 
Peraturan Daerah Provinsi Jawa Tengah Nomor 4 Tahun2012 tentang Penyelenggaraan Pendidikan (Lembaran DaerahProvinsi Jawa Tengah Tahun 2012 Nomor 4 TambahanLembaran Daerah Provinsi Jawa Tengah Nomor 40);Dengan Persetujuan BersamaDEWAN PERWAKILAN RAKYAT DAERAH PROVINSI JAWA TENGAHdanGUBERNUR JAWA TENGAHMEMUTUSKAN :Menetapkan : PERATURAN DAERAH TENTANG BAHASA, SASTRA, DANAKSARA JAWA.BAB IKETENTUAN UMUMPasal 1Dalam Peraturan Daerah ini yang dimaksud dengan :1.
 
Daerah adalah Provinsi Jawa Tengah.2.
 
Pemerintahan Daerah adalah penyelenggaraan urusan pemerintahanoleh pemerintah daerah dan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah menurutasas otonomi dan tugas pembantuan, dengan prinsip otonomi seluas-luasnya dalam sistem Negara Kesatuan Republik Indonesia sebagaimanadimaksud dalam Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun1945.
 
 convert PDF deningSuhadi JogjaPage 3
3.
 
Pemerintah Daerah adalah Gubernur dan perangkat daerah sebagaiunsur penyelenggara Pemerintahan Daerah.4.
 
Gubernur adalah Gubernur Jawa Tengah.5.
 
Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Provinsi Jawa Tengah yang selan- jutnya disingkat DPRD adalah Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Provinsi Jawa Tengah.6.
 
Satuan Kerja Perangkat Daerah yang selanjutnya disingkat SKPD adalahPerangkat Daerah Provinsi Jawa Tengah sebagai pelaksana otonomi dibidang bahasa, sastra, dan budaya Jawa.7.
 
Pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkansuasana belajar agar peserta didik memiliki kemampuan berkomunikasidengan bahasa Jawa, dan secara aktif mampu memahami nilai-nilaiestetika, etika, moral, kesantunan, dan budi pekerti.
 
8.
 
Pelindungan adalah upaya menjaga dan memelihara kelestarian bahasa,sastra, dan aksara Jawa melalui upaya penelitian, pengembangan,pembinaan, dan pengajaran.9.
 
Pembinaan adalah upaya untuk meningkatkan mutu penggunaan bahasa,sastra, dan aksara Jawa melalui pembelajaran di lingkungan pendidikanformal, nonformal, keluarga dan masyarakat. 10.
 
Pengembangan adalah upaya menyelaraskan pemakaian bahasa, sastra,dan aksara Jawa agar sejalan dengan pembinaan bahasa Indonesia.11.
 
Bahasa Jawa adalah bahasa yang dipakai secara turun-temurun olehmasyarakat di daerah atau penutur lainnya, sebagai sarana komunikasidan ekspresi budaya.12.
 
Sastra Jawa adalah karya kreatif yang berupa pemikiran, pengalamandan penghayatan atas kehidupan yang diungkapkan secara estetis dalambahasa dan aksara Jawa, serta tinjauan kritis atas karya sastra dalambahasa Jawa.13.
 
Aksara Jawa adalah carakan atau huruf yang mempunyai bentuk, tandagrafis, sistem
,
dan tatanan penulisan yang digunakan untuk bahasa dansastra Jawa dalam perkembangan sejarahnya.BAB IIASAS DAN TUJUANPasal 2Pelindungan, pembinaan, dan pengembangan bahasa, sastra, dan aksara Jawa dilaksanakan berdasarkan asas manfaat dan dilakukan secarasistematis, terarah, terencana, dan berkelanjutan.Pasal 3Pelindungan, pembinaan, pengembangan bahasa, sastra, dan aksara Jawa bertujuan untuk :a.
 
menjaga dan memelihara kelestarian bahasa, sastra, dan aksara Jawasehingga menjadi faktor penting untuk peneguhan jatidiri daerah;b.
 
menyelaraskan fungsi bahasa, sastra, dan aksara Jawa dalam ke-hidupan masyarakat sejalan dengan arah pembinaan bahasa Indonesia;

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->